Dr. Agus Budiman: “Inilah 3 Kunci Kejayaan Umat Islam”

Dr. Agus Budiman: “Inilah 3 Kunci Kejayaan Umat Islam”

Tauiyyah diniyyah ini disampaikan oleh al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. (Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor), pada Sabtu, 23 Januari 2021/9 Jumada Tsania 1442 di masjid UNIDA Gontor setelah shalat dzuhur.


Jika kita melihat kondisi umat Islam di Indonesia, kita akan menemukan sesuatu yang dapat dibanggakan. Kita tentu bangga bahwa Negara Indonesia adalah negara dengan mayoritas umat Islam terbesar di dunia. Namun, di sisi lain, kita juga akan menemukan kondisi yang ternyata sangat menyedihkan. Ternyata, di antara umat Islam yang jumlahnya sekitar 250 jutaan jiwa tersebut, 56% dari mereka tidak bisa membaca al-Qur’an (data Kemenag). Artinya, yang bisa membaca al-Qurán hanya 35%.

Lebih lanjut, mari kita renungkan. Dari yang bisa membaca al-Qurán tersebut, berapa dari mereka yang memahami al-Qurán? tentu lebih kecil lagi kuantitasnya. Ini fenomena yang sangat mengejutkan bagi sebuah negara yang diklaim sebagai muslim terbesar di dunia.

Dari segi ekonomi, Muslim terkaya di Indonesia ini jumlahnya tidak lebih dari 10%. Dari jumlah tersebut, berapa persen yang peduli dengan kondisi umat Islam? Ini juga perlu kita renungkan.

Sedangkan dari sisi politik, partai politik yang bernuansa Islami sangat banyak. Tapi yang peduli dengan kondisi umat Islam sangat sedikit. Parpol yang benar-benar memperjuangkan Islam dan Umat Islam bias dihitung jari. Mereka hanya peduli dengan urusan partainya sendiri atau bahkan hanya peduli dengan urusan pribadi masing-masing.

Begitu juga di bidang lain. Umat Islam selalu menjadi minoritas dan terkesan semakin terpuruk. Berkaitan dengan hal tersebut, Allah telah memperingatkan di Q.S. Al-Anfal: 46:

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَلَا تَنَازَعُوْا فَتَفْشَلُوْا وَتَذْهَبَ رِيْحُكُمْ وَاصْبِرُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَۚ

Artinya: “Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar”

Allah telah memberikan 3 syarat kejayaan umat Islam. Pertama, taat kepada Allah SWT. Artinya, umat Islam harus mematuhi seluruh perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Adakah perintah Allah yang belum dilaksanakan oleh umat Islam di Indonesia? Adakah larangan Allah yang dilanggar?

Kedua, taat kepada Rasulullah SAW. Taat kepada Rasulullah dengan berusaha meniru beliau dalam segala sifat, ucapan dan tingkah laku. Taat kepada Rasulullah berarti juga taat kepada Allah SWT.

Ketiga, tidak boleh ada permusuhan di antara umat Islam. Umat Islam harus bersatu dalam segala hal. Agar bersatu, umat Islam harus menyatukan visi misi dan tujuan yaitu untuk ibadah lillah. Bukan untuk golongan atau individu tertentu.

Jika melihat 3 syarat tersebut, sepertinya umat Islam di Indonesia memang sedang dalam krisis dan kemunduran. Masih banyak yang belum menaati Allah dan Rasul-Nya. Tidak sedikit pula yang saling bermusuhan antar golongan atau individu. Meski mayoritas Islam, tapi bisa jadi, yang menguasai Indonesia bukanlah umat Islam. Semoga ke depannya umat Islam bisa mencapai puncak kejayaannya dengan berusaha memenuhi tiga syarat yang Allah sampaikan. Wallahu a’lam.
(Au. Ahmad Kali Akbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *