Al Ayyam Al Arabiyah: Membumikan Bahasa Arab Dikalangan Siswa dan Siswi MtsN 1 di Ponorogo

Al Ayyam Al Arabiyah: Membumikan Bahasa Arab Dikalangan Siswa dan Siswi MtsN 1 di Ponorogo

UNIDA Gontor – Program pengembangan dan pembelajaran bahasa Arab UNIDA Gontor tidak pernah berhenti dan selalu berinovasi merambah keseluruh tingkatan pendidikan. Mulai dari sekolah tingkat menengah, atas, hingga perguruan tinggi adalah merupakan objek pengembangan dan pengajaran UNIDA Gontor. Kegiatan yang dinahkodai oleh Lembaga Bahasa UNIDA Gontor, Pusdiklat UNIDA Gontor, dan Prodi PBA UNIDA Gontor ini telah  menjadi kegiatan tahunan UNIDA Gontor. Pembelajaran bahasa Arab ini merupakan upaya UNIDA Gontor untuk menjaga dan mendakwahkan bahasa Arab kepada dunia bukan hanya sebagai bahasa Agama tetapi juga bahasa Peradaban dan bahasa dunia.

Pada saat ini UNIDA Gontor telah dan sedang melaksanakan program pembelajaran bahasa Arab untuk Mahasiswa USIM Malaysia, MTsN 2 Setono Ponorogo, MTsN 1 Jetis Ponorogo, dan akan menyambut pelatihan bahasa Arab mahasiswa KUIS Malaysia pada awal April ini. Pada hari Jum’at, 23 Maret 2018, UNIDA Gontor kembali mengadakan pembelajaran bahasa Arab bagi siswa dan siswi MTsN 1 Jetis Ponorogo selama 3 hari dalam sebuah program bertajuk ayyam arabiyah. Kegiatan ini dibuka oleh bapak Wakil Rektor 2 UNIDA Gontor Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A dan Direktur Pusat Bahasa UNIDA Gontor Dr. Abdul Hafidz bin Zaid, M.A.

Pembukaan diawali dengan sambutan dari kepala sekolah MTsN 1 Jetis Ponorogo Ibu Nurun Nahdiyah, K.Y, M.Pd.I. yang menyampaikan pentingnya penguasaaan bahasa Arab sebagai alat untuk mengenal dan menaklukkan dunia. Ibu kepala sekolah dalam prosesi ini menyerahkan secara langsung siswa-dan siswinya untuk dibina bahasa dan karakter mereka selama nyantri di UNIDA Gontor. Pada kesempatan ini juga Direktur Pusat bahasa UNIDA Gontor menyampaikan bahwa program ini adalah program pengembangan bahasa yang diikuti dengan program-program pengembangan bahasa Arab dalam sebuah lingkungan yang berkarakter Islami. Setiap siswa dan siswi akan hidup dengan penuh kegiatan positif mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur.

Pidato terakhir disampaikan oleh bapak Wakil Rektor UNIDA Gontor, Dr. Setiwan bin Lahuri, M.A. membuka program secara resmi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa UNIDA Gontor adalah lembaga yang memiliki perhatian lebih kepada bahasa Arab sebagai alat utama dalam membuka lumbung-lumbung ilmu pengetahuan. Beliau juga menekankan bahwa program pelatihan bahasa di UNIDA Gontor juga bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai Islam yang sudah mulai luntur di masyarakat kita saat ini seperti nilai kejujuran, kebersamaan atau gotong royong, tata krama, etika dan karakter islam. Acara pembukaan diakhiri dengan photo bersama di depan GU UNIDA Gontor. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *