Doa dan Nasehat Yudisium Fakultas

Doa dan Nasehat Yudisium Fakultas

Tarbiyahnews – Pelaksanaan Yudisium Program Sarjana (S1) Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 36 Universitas Darussalam Gontor bertempat di Gedung Utama Fakultas Tarbiyah pada Kamis (07/01/21).

Yudisium Fakultas di buka secara resmi oleh Ketua Senat Fakultas Tarbiyah K.H Heru Saiful Anwar, M.A di dampingi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Agus Budiman, M.Pd para wakil dekan Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd, Dr. Azmi Zarkasyi, Lc., M.A, Ketua Program Studi PAI, PBA, dan TBI, Saiful Anwar, M.Pd, Muhammad Wahyudi, M.Pd, Nurrahma Sutisna Putri, M.Pd dan tak lupa para fungsionaris Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor serta calon wisudawan/i Fakultas Tarbiyah secara offline maupun online.

Dalam Laporan Akademik yang dibacakan oleh ketua senat Fakultas Tarbiyah K.H Heru Saiful Anwar, M.A memaparkan terkait prestasi para dosen diantaranya baik itu yang sedang menempuh pendidikan S3 di dalam dan luar negeri, capain para dosen selama 1 tahun akademik berhasil mengisi berbagai seminar/conference dalam dan luar negeri lewat berbagai platform yang ada, dan masih banyak lagi.

Beliau juga memaparkan prestasi yang telah ditorehkan oleh sejumlah mahasiswa/i Fakultas Tarbiyah meliputi: Mahasiawa/i yang berhasil menjuarai sejumlah perhelatan kompetisi akbar, para mahasiswi yang berhasil menerbitkan berbagai macam karya-karyanya, dan para mahasiswa/i yang turut andil dalam mengisi di sejumlah seminar/conference nasional maupun internasional dan masih banyak lagi capaian-capaian mahasiswa/i fakultas tarbiyah.

“Gali potensi yang ada untuk survive menghadapi kerancuan dan masalah dan agar dapat menemukan solusi yang terbaik.”

Dalam sambutan sekaligus nasihat yang diberikan oleh Dr. Agus Budiman, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah mengucapkan rasa syukur dan bangga kepada segenap calon wisudawan/i bahwa kalian sudah sampai pada titik sekarang ini. “Kalian keluar dari Universitas yang besar, jadi jaga kualitas diri karena di luar sana akan ada banyak hal yang akan kalian temui berkaitan dengan masalah umat dan itu dihadapkan kepada kalian yang notabenenya masih sangat-sangat muda/pemula. Gali terus segala potensi yang ada untuk bisa terus survive menghadapi kerancuan dan masalah-masalah yang ada agar dapat menemukan solusi yang terbaik,” tutur beliau.

“Universitas itu penting, namun lulusannya itu lebih penting.”

Beliau juga menambahkan, bahwa UNIDA Gontor adalah sebuah lembaga perguruan tinggi yang memiliki cita-cita besar, karena kampus ini lahir atas dasar cita-cita luhur nan suci para founding father, Trimurti Pondok Modern Darussalam Gontor mengharapkan UNIDA Gontor menjadi kampus yang bermutu dan berarti. Maka lulusannya merupakan aspek penting karena kalianlah nanti yang akan terjun langsung ke masyarakat berbekal dengan ilmu yang didapat selama mengenyam pendidikan disini. Selalu jaga identitas sebagai mahasiswa/i yang lahir dari rahim Fakultas Tarbiyah dan doakan semoga fakultas ini bisa menjadi al-qussod pembelajaran seputar dunia keislaman dan kebahasaan.

“Skripsi bukanlah hanya sekumpulan lembaran-lembaran halaman, melainkan sekumpulan kepingan doa dan harapan seluruh mahasiswa dan kami, para murabbi.”

Di akhir beliau menyampaikan, bahwa apa yang sudah kalian selesaikan dalam hal ini adalah skripsi layaknya sebagai syarat mutlak bukanlah hanya lembaran-lembaran halaman, namun di balik itu semua ada kepingan-kepingan doa-doa dan harapan sekaligus cita-cita baik itu yang berasal dari antum semua maupun para guru antum selaku murabbi disini, momen-momen itulah yang akan selalu melekat.

“Dan ingatlah perjuangan kalian untuk bisa menyelesaikan itu jadikan sebagai pembakar semangat untuk terus belajar. Jangan pernah berpuas diri atas apa yang telah dicapai saat ini teruslah belajar dan belajar karena ilmu tidak akan ada habisnya sampai kapanpun,” lanjut beliau.

 

Perfotoan Yudisium Fakultas Mahasiswa PBA Kampus Siman & Rabithah

 

Perfotoan Yudisium Fakultas Mahasiswa PAI Kampus Siman & Rabithah

 

Perfotoan Yudisium Fakultas Kampus Mantingan

Berdasarkan keputusan Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor Nomor: 227/UNIDA Gontor/FT/D-e/V/1442 kali ini meyudisium calon wisudawan/i Prodi PAI dan PBA sejumlah 40 mahasiswa/i terdiri dari 20 mahasiswa/i dari Prodi PAI dan 20 mahasiswa/i dari Prodi PBA. (M. Syahrul Anwar, Mahasiswa PBA Semester Akhir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *