Dosen Fakultas Tarbiyah Mengisi Pelatihan Guru Bahasa Arab di Malaysia

Dosen Fakultas Tarbiyah Mengisi Pelatihan Guru Bahasa Arab di Malaysia

Selangor, Jum’at, 25 November 2022 di Sekolah Menengah Islam Hira Jeram Selangor Malaysia dilaksanakan pelatihan dan pendampingan guru-guru bahasa Arab yang ada di sekolah-sekolah daerah Selangor dan sekitarnya. Agenda ini adalah implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Program yang dilaksanakan dalam kegiatan Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) Internasional Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor bekerjasama dengan Sekolah Menengah Islam Hira.

Sesi Penyampaian Materi Pelatihan Guru-guru Bahasa Arab di Malaysia

Dalam kegiatan ini yang menjadi pemateri adalah Dr. Azmi Zarkasyi, M.A., Wakil Dekan 2 Fakultas Tarbiyah, Ketua Prodi PBA, Muhammad Wahyudi, M.Pd., dan Wakil Ketua Prodi PBA, Siti Nikmatul Rochma, M.Pd. Materi awal disampaikan oleh Dr. Azmi dengan tema Mengenal Peran Gontor dalam Mengajarkan Bahasa Arab Sejak Pendirian Hingga Saat Ini. Dalam penyampainnya beliau menekankan bahwa Pondok Modern Gontor tidak pernah menyembunyikan resep suksesnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Buktinya adalah sudah ada 20 cabang Pondok Modern Gontor dan ribuan pondok alumni di dalam dan luar Negeri.

Bagaimana menciptakan lingkungan berbahasa?

Kunci utamanya adalah adanya keteladanan dari semua unsur dalam pondok/sekolah. Selain dari motivasi dari setiap santri, maka motivasi siswa akan meningkat dengan adanya keteladanan dari pimpinan dan jajarannya di dalam sekolah. Selain ada guru-guru yang kompeten, dibutuhkan juga lingkungan yang mendukung program kebahasaan, dari tembok yang berbicara bahasa Arab, pohon bahasa, papan kosa kata yang selalu disebar di sekeliling sekolah. Dan paling utama adalah semua program terintegrasi dengan kegiatan kebahasaan. Semua materi berbahasa Arab diajarkan dengan bahasa Arab tanpa ada terjamah. Dari materi di dalam kelas mereka mendapatkan kosa-kota baru yang dipraktekkan di luar kelas dan prinsip dalam mengajar yang selalu dipertahankan.

الطريقة أهم من المادة، والمدرس أهم من الطريقة، وروح المدرس أهم من المدرس نفسه

Sesi Perfotoan Bersama

Sesi kedua dilanjutkan dengan sesi sharing dengan guru-guru sekolah yang hadir dalam pelatihan. Dalam sesi ini setiap peserta menyampaikan masalah yang didapatkan dan strategi yang telah dilaksanakan selama mengajar bahasa Arab. Sesi ini dipimpin oleh al-Ustadzah Siti Nikmatul Rochma, M.Pd., sebagai dosen PBA yang pernah mengajar di Pondok Tahfidz Al-Gontory Selangor Malaysia beberapa tahun lalu. Dalam sambutan disampaikan bahwa momen ini untuk berbagi pengalaman dan solusi agar bisa menanamkan kecintaan berbahasa Arab untuk menciptakan bi’ah lughawiyyah (lingkungan berbahasa).

Sesi ketiga dipimpin oleh al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd., dalam sesi ini menyampaikan tentang penerapan bi’ah lughawiyyah di sekolah. Disampaikan kiat-kiat dalam pembentukan lingkungan berbahasa, di antaranya adalah menyiapkan setiap fasilitas yang menunjang setiap program setelah adanya SDM yang telah mumpuni.

Di sesi akhir ditargetkan output dari pelatihan ini adalah menyusun modul bersama dalam penyusunan bi’ah lughawiyah serta kiat-kiat pembinaan yang komprehensif. Kemudian sesi ditutup dengan perfotoan bersama.

Author: Muhammad Wahyudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *