Dosen PBA UNIDA Gontor Menjadi Pemakalah  Pada “Muktamar Bahasa Arab Asia Tenggara (MUBASAT) II ”  di Aceh Indonesia Tahun 2018

Dosen PBA UNIDA Gontor Menjadi Pemakalah Pada “Muktamar Bahasa Arab Asia Tenggara (MUBASAT) II ” di Aceh Indonesia Tahun 2018

Setelah sukses menyelenggarakan Seminar Internasional Bahasa Arab se-Asia Tenggara pada tahun 2017, Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) dan Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Bandar Seri Begawan Negara Brunei Darussalam kembali mengadakan Muktamar Internasional Bahasa Arab se- Asia Tenggara ke-2 tahun 2018 dengan nama المؤتمر الثاني حول اللغة العربية في دول جنوب شرق أسيا Atau Muktamar Bahasa Arab Asia Tenggara (MUBASAT) II, bekerja sama dengan Ittihadu Mudarrisi Al-Luthghoh Al-Arabiyah (IMLA) Indonesia.

Muktamar kali ini diadakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh Provinsi Nanggro Aceh Darussalam Indonesia, pada hari Kamis, tanggal 12 Juli 2018.

Muktamar ini dihadiri oleh para pakar bahasa Arab yang berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapore, Thailand dan Indonesia. Hadir sebagai keynote dalam seminar ini, Dr. Abang Hazmin, Timbalan Naib Rais Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) Brunei Darussalam, Prof Dr. Imam Asrori, M.Pd, Ketua Ittihadu Mudarrisi Al-Luthghoh Al-Arabiyah (IMLA) Indonesia, dr Abdurrahman Syek, dari IIU Malaysia, Dr. Muhammad Daulat, pakar Bahasa Arab dari Thailand dan Dr. Muhammad Ismail, MA, dosen bahasa Arab senior UIN Ar-Raniry Aceh.

Turut hadir dalam muktamar ini, Rektor UIN Ar-Raniry Aceh, Prof. Dr. Warul Walidain, MA sekaligus membuka muktamar ini. Dalam pembukaannya, beliau mengatakan, “Muktamar ini merupakan ajakan yang sangat kuat sekaligus dorongan mewujudkan suatu Kumpulan para ulama/pakar bahasa Arab yang concern pada bidangnnya yang ada di wilayah Asia Tenggara saja, walau tidak menutup kemungkinan adanya pakar dari luar Asia Tenggara”.

Sebagai perguruan tinggi pesantren yang fokus kepada pengembangan dan peningkatan bahasa Arab, UNIDA Gontor juga turut mengirimkan salah satu dosen PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I guna menjadi pemakalah dalam muktamar Asia Tenggara tersebut dengan judul, منهج تعليم اللغة العربية في البرنامج اللغوي المكثف

Dengan mengusung tema “اللغة العربية في جنوب شرق آسيا من التنوع إلى التكامل“, Muktamar Internasional Bahasa Arab se- Asia Tenggara ke-2 tahun 2018 diharapkan dapat menjadi wasilah untuk membangun ta’awun dan ta’amul serta tafa’ul dalam menjadi bahasa Arab sebagai bahasa No 2 dunia, setelah bahasa Inggris dikalangan para pakar bahasa Arab khususnya di Asia Tenggara. (suryadarma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *