Dr. Agus Budiman: “Bersyukurlah Orang yang punya Ladang Kebaikan!”

Dr. Agus Budiman: “Bersyukurlah Orang yang punya Ladang Kebaikan!”

Artikel ini adalah ringkasan dari tauiyyah yang disampaikan Al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. pada rapat Fakultas, Selasa, 2 Sya’ban 1442/16 Maret 2021

Menjadi dosen di Universitas Darussalam Gontor itu suatu kebahagiaan dan hal yang perlu disyukuri. Di sini, dosen memiliki ladang kebaikan yang sangat banyak. Tugas dosen tidak hanya mengajar di dalam kelas, tapi juga mendidik mahasiswanya di luar kelas. Banyak sekali kegiatan mahasiswa yang melibatkan dosen di luar pembelajaran di dalam kelas. Setoran tahfidz al-Qur’an, pembimbing kajian Islamisasi, membimbing seluruh kepanitiaan mahasiswa, halaqah kitab turats, dan lain sebagainya. Sehingga, fungsi dosen tidak hanya sebagai dosen yang fokus kepada akademik, namun juga sebagai orang tua, kakak dan teman bagi mahasiswanya.

Saat ini, mahasiswa semester akhir sedang berjuang untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Maka, silakan semua dosen memaksimalkan dalam membimbing. Tidak hanya sekedar mengoreksi, revisi lalu tandatangan, tapi pembimbing skripsi juga harus bisa memotivasi dan mentransfer nilai-nilai kebaikan untuk bekal mereka di masa depan.

Inilah yang dinamakan ladang kebaikan. Ladang yang tidak berorientasi pada imbalan duniawi, tapi lebih kepada pahala sebagai bekal di akhirat nanti. Jika orientasi hanya duniawi saja, berarti bukan dosen UNIDA Gontor lagi, karena sudah kehilangan ruh.

Sebagai contoh, semua orang kaya itu punya harta. Tapi tidak semua dari mereka suka berinfak. Banyak orang yang punya ilmu, tapi tidak semua dari mereka suka mengamalkannya.

Maka, bersyukurlah yang punya ilmu dan bisa mengamalkannya. Berbahagialah orang yang punya harta dan suka berinfak, dan berbahagialah orang yang dikaruniai anak karena itu adalah ladang kebaikan.

Kita, sebagai dosen di UNIDA Gontor, harus sangat bersyukur karena kita dianugerahi ilmu oleh Allah SW. Kita juga memiliki mahasiswa-mahasiswa yang baik. Maka, inilah ladang kita semua untuk menanam kebaikan sehingga dapat menuai kebaikan. Insha Allah…
[Au. Ahmad Kali Akbar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *