Dr. Agus Budiman: Skripsi, Minimal Bisa Berikan Efek Positif Bagi Peneliti

Dr. Agus Budiman: Skripsi, Minimal Bisa Berikan Efek Positif Bagi Peneliti

Oleh: M. Syahrul Anwar

UNIDA Gontor – Menyelesaikan tugas akhir atau skripsi bagi mahasiswa/i di jenjang strata 1 (S1) merupakan kewajiban yang harus dituntaskan dengan ketelitian dan ketepatan metodologi yang digunakan. Tentu itu semua harus di lakukan berdasarkan tahapan-tahapan yang baik dan benar.

Untuk itu, agar dapat melalui tahapan-tahapan supaya sesuai dengan alur penelitian, Fakultas Tarbiyah selenggarakaan Workshop Klinik Skripsi bagi para mahasiswa semester akhir baik dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam. Dengan di selenggarakannya workshop ini diharapkan seluruh mahasiswa mengetahui target progres skripsi yang telah dikerjakan. Dan sudahkah sesuai dengan kriteria dan ketentuan penulisan skripsi ke dalam kategori baik?

Para pakar penelitian

Yang menghadiri acara tersebut adalah para pakar peneliti yang akan mereview ulang skripsi para mahasiswa berdasarkan model penelitiannya. Diantaranya: Al-Ustadz Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd, Al-Ustadz Dr. Mohammad Mukhlas, M.Pd, Al-Ustadz Muhammad Ismail, M.Pd.I, dan para jajaran dosen di Fakultas Tarbiyah. Acara pembukaan berlangsung di Ruang Multimedia pada hari Ahad, 11 Oktober 2020.

Dalam sambutannya Ust Dr. Agus Budiman, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan bahwa, walaupun Fakultas Tarbiyah saat ini dengan tiga program studinya, alhamdulillah Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam sudah terakreditasi A. Namun janganlah berbangga dan berpuas diri. Capaian itu bisa kita buktikan dengan karya-karya tulis ilmiah mahasiswa/i akhir yang serius dan bagus, minimal memberikan efek positif terhadap sang peneliti.

Metodologi penelitian berpengaruh besar terhadap suatu penelitian

“Sebuah penelitian dikatakan benar bilamana sudah sesuai dengan metodologi yang digunakan. Kemudian kritikan dan saran dari pembimbing sejatinya untuk kebaikan sang peneliti di kemudian hari dalam penelitiannya. Maka sudah menjadi hal wajar jika dua hal ini akan kalian temui dan dapatkan selama menulis skripsi,” imbuh beliau mengakhiri sambutannya.

Acara berlanjut ke pelaksanaan klinik skripsi mahasiswa. Adapun pelaksanaan ini terbagi menjadi 3 cluster. Dan setiap cluster terdapat satu dosen selaku pakar peneliti yang akan mereview skripsi mahasiswa. Juga dibantu oleh beberapa dosen lain yang sudah berkompeten di bidang tersebut.

Al-Ustadz Dr. Mohammad Mukhlas, M.Pd Sebagai Pakar PTK

 

Al-Ustadz Muhammad Ismail, M.Pd.I Sebagai Pakar Penelitian Kepustakaan & Kualitatif

Al-Ustadz Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd Sebagai Pakar Penelitian Kuantitatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *