Evaluasi Pelaksanaan Ujian Skripsi: Menjaga Kualitas Ujian Skripsi Fakultas Tarbiyah

Evaluasi Pelaksanaan Ujian Skripsi: Menjaga Kualitas Ujian Skripsi Fakultas Tarbiyah

UNIDA Gontor – Evaluasi merupakan langkah penting dalam menjaga kualitas program yang sudah direncanakan dan meningkatkannya. Perencanaan ujian skripsi sebagai salah satu program akademik Fakultas Tarbiyah dilaksanakan dengan baik dan selalu diakhiri dengan evaluasi pelaksanaan bersama dengan fungsionaris bersama para penguji skripsi dari Fakultas Tarbiyah.

Evaluasi pelaksanaan skripsi Fakultas Tarbiyah untuk ujian skripsi tahun akademik 2017-2018 dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Mei 2018 di Hall Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor. Hadir dalam pelaksanaan evaluasi Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, Dr. H. Imam Bahroni, M.A., M. L.Sc. dan para penguji skripsi tahun akademik 2017-2018 yang berjumlah 30 penguji. Evaluasi diawali dengan sambutan dekan dan dilanjutkan dengan evaluasi oleh masing-masing penguji.

Adapun point evaluasi pelaksanaan ujian skripsi tahun akademik 2017-2018 adalah perlunya peningkatan kualitas ujian skripsi dan pelaksanaanya. Selanjutnya pembinaan mahasiswa semester atas perlu untuk ditingkatkan sebagai upaya meminimalisir mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan studinya tepat waktu. Peningkatan peran pembimbing dan penguji kedua dalam bimbingan harus dilakukan untuk meningkatkan bahasa skripsi, sehingga standar bahasa skripsi tetap terjaga. Hal tersebut diperlukan untuk membantu mahasiswa dalam proses penyelesaian studinya di UNIDA Gontor.

Diantara evaluasi pelaksanaan skripsi penting lainnya adalah perlunya penggunaan pedoman yang telah disepakati oleh UNIDA Gontor walaupun pada kenyataannya masih ditemukan beberapa ketidaktepatan dalam beberapa point. “ Semua mahasiswa Fakultas Tarbiyah harus menggunakan satu pedoman yang sudah disepakati Universitas dengan menambahkan beberapa sumber skunder yang mampu membantu mahasiswa dalam penulisan” Kata Dr. Miftahul Ulum, M.Ag. Di sisi lain Dr. Muhammad Mukhlas, M.Pd. menyampaikan bahwa diperlukan rekomendasi tertulis dari Fakultas Tarbiyah kepada LPPM UNIDA Gontor terkait kekurangan buku pedoman skripsi untuk dijadikan sebagai bahan perbaikan buku pedoman skripsi.

Diakhir pelaksanaan evaluasi, Bapak Dekan menyampaikan bahwa kedepannya Fakultas Tarbiyah akan melaksanakan pengarahan kepada pembimbing, penguji pertama, dan penguji kedua terkait dengan pembimbingan dan ujian untuk persamaan persepsi. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *