Orientasi Fakultas Tarbiyah; Dr. Imam Bahroni:”Tarbiyah Harus Menjadi Fakultas Yang Unggul”

Orientasi Fakultas Tarbiyah; Dr. Imam Bahroni:”Tarbiyah Harus Menjadi Fakultas Yang Unggul”

UNIDA GONTOR – Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar OSPEK FAKULTAS (Orientasi Pengenalan Fakultas) pada Kamis (05 /09/2019) bertempat di gedung pertemuan hall CIOS (Centre for Islamic and Occidental Studies). Acara ini dihadiri oleh jajaran fungsionaris Fakultas Tarbiyah, Dekan Fakultas Al-Ustadz Dr. Imam Bahroni, M.A, MLS, Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam al-Ustadz Agus Budiman, M.Pd dan Keua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab al-Ustadz Alif Cahya Setiyadi, M.A., serta mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam dari semester 1 hingga 9.

Sebagai pembuka, Al-Ustadz Imam Bahroni, M.A, MLS, memberikan penjelasan terkait Fakultas Tarbiyah dan kegunaan orientasi Fakultas ini. Beliau mengungkapkan “OSPEK ini penting sekali. Kenapa? Karena ketika kita melihat gajah pasti yang dilihat kepalanya, begitupun ular kita juga harus melihat kepalanya.” Oleh karenanya, orientasi fakultas sangat penting bagi seluruhnya agar mengenal lebih dalam tentang fakultas tarbiyah.

Beliau juga menambahkan orientasi ini adalah sebagai awal dari pengenalan terhadap dimensi yang benar. Beliau juga menyampaikan bahwasanya Fakultas Tarbiyah ini adalah anak sulung dari dari fakultas lainnya. Oleh karena itu, maka kita sebagai mahasiswa harus menciptakan keajaiban. Keajaiaban itu adalah prestasi yang akan kita capai. Dalam orientasi fakultas ini, beliau memperkenalkan para fungsionaris yang ada di PBA dan PAI
serta menjelaskan visi misi dari fakultas tarbiyah.

Dosen dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah menghadiri acara orientasi Fakultas tahun akademik 2019-2020

Adapun visi fakultas tarbiyah adalah menjadikan fakultas yang unggul di bidang metodologi pendidikan dan pengajaran dengan tetap berjiwa pondok pada tahun 2023, serta memiliki misi yaitu melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran dibidang agama islam dan bahasa arab, mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang PAI dan PBA, menginternalisasikan nilai-nilai kepesantrenan dengan sistem perguruan tinggi pesantren. Dan mempunyai kerja sama antar lembaga di dalam maupun diluar negeri.

Sebagai penutup, Dekan Fakultas Tarbiyah Al-Ustadz Dr. Imam Bahroni, M.A, MLS menjelaskan bahwasanya banyak kegiatan fakultas baik itu dari segi akademik ataupun penunjang akademik. Adapun kegiatan wajib akademik meliputi perkuliahan, microticheang, PPL, KKN, ujian kompetensi bahasa, ujian kompetensi dan ujian skripsi. Kegiatan penunjang akademik meliputi kegiatan SPL, kegiatan HMP, kegiatan senat fakultas, seminar lokal nasional dan intenasiaonal, perlombaan nasioanl, intenasioanl dan kegiatan yang mengembangkan menegemen dan leadership.

Di Fakultas Tarbiah sendiri juga sudah ada beberapa jurnal yang sudah terakreditasi nasional di antaranya ialah lisanudhod, At-Ta’dib dan Educan. Semua jurnal ini ditulis dengan Bahasa Inggris dan Bahasa arab. Sebelum beliau menutup dengan salam, ada satu kalimat yang disampaikannya agar mahasiswanya semakin giat meraih prestasi. [Ii Rahmanuddin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *