Gebyar Seni Peserta Al Ayyam Arabiyah MTsN 1 Ponorogo Mengakhiri Program di UNIDA Gontor

Gebyar Seni Peserta Al Ayyam Arabiyah MTsN 1 Ponorogo Mengakhiri Program di UNIDA Gontor

UNIDA Gontor- program ayyam arabiyah MTsN 1 Ponorogo telah berlangsung selam 3 hari di Pusdiklat  UNIDA Gontor. Dalam perjalanannya seluruh peserta yang berjumlah 49 orang siswa dan siswi menjalankan program kegiatan yang sudah di jadwalkan dengan semangat. Perjalanan kegiatan yang dimulai dari sebelum tidur sampai tidur kembali dalam lingkungan bahasa Arab. Di mana setiap siswa dan siswi harus menggunakan bahasa Arab dalam keseharian mereka. Inilah yang menjadi inti dari program kegiatan ini.

Program pembelajaran bahasa Arab bagi peserta kegiatan dilaksanakan di dalam dan luar kelas dalam system asrama yang mengintegrasikan system pembelajaran. Pembelajaran bahasa dan keterampilan berbahasa Arab, pembentukan karakter siswa dan siswi, dan program tahsin dan tahfidz qur’an, serta penampilan-penampilan berbahasa Arab untuk acara penutupan program.

Penutupan acara dilaksanakan di Hall Cios UNIDA Gontor yang dimulai dengan sambutan dari wakil dari peserta kemudian dilanjutkan oleh Ibu Kepala Sekolah MTsN 1 Ponorogo. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya program ini sebagai sarana untuk pengembangan diri. Laporan kepanitian disampaikan oleh Ust Syamsul Arifin sebagai bentuk transparansi kegiatan setelah sambutan kepala MtSN 1 Ponorogo.

Pada kesempatan ini,  Ust Dr Mulyono Jamal, M.A. menutup acara ayyam arabiyah UNIDA Gontor secara resmi. Beliau mengapresiasi pusat pelatihan bahasa Arab dan Lembaga Bahasa serta Prodi PBA atas program pengembangan bahasa Arab yang sudah merambah masyarakat luas. Bahasa Arab menurut beliau adalah bahasa bagi umat Islam, bahasa yang sudah dikenal sejak kecil melalui agama Islam, sholat berbahasa Arab, membaca Al Qur’an dan banyak hal lain. Beliau juga menghimbau kepada peserta agar selalu mengikuti perkembangan bahasa Arab. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *