Jurnal Lisanudhad Prodi PBA Menerima Sertifikat Akreditasi Nasional Jurnal Ilmiah Dari Kemenristekdikti

Jurnal Lisanudhad Prodi PBA Menerima Sertifikat Akreditasi Nasional Jurnal Ilmiah Dari Kemenristekdikti

Beberapa waktu lalu kemenristekdikti merilis SK Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional yang dikeluarkan oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti nomor 21/E/KPT/2018 tentang predikat akreditasi jurnal ilmiah se Indonesia. Pada pengumuman hasil akreditasi periode pertama ini, Jurnal Lisanudhad yang dikelola oleh Prodi PBA UNIDA Gontor mendapatkan akreditasi nasional peringkat S3 (SINTA-3). Lisanudhad merupakan jurnal yang diterbitkan untuk mempublikasikan karya ilmiah dibidang bahasa Arab, sastra dan pembelajarannya. Karya ilmiah atau naskah publikasi yang diterbitkan oleh jurnal ini harus ditulis dengan bahasa Arab atau bahasa Inggris, dengan tujuan agar dapat bermanfaat untuk umat secara global.

Pada hari Jum’at tanggal 24 Agustus 2018 yang lalu, pengelola jurnal Lisanudhad mendapatkan undangan untuk menghadiri acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi Nasional Jurnal Ilmiah dan Sosialisasi Sistem Arjuna Terbaru yang di selenggarakan oleh Kemenristekdikti bertempat di aula gedung GBK Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang. Hadir pada acara tersebut Luthfi Muhyiddin, M.A. selaku pengelola jurnal Lisanudhad bersama beberapa pengelola jurnal lainnya yang mendapatkan akreditasi nasional dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, terutama dari wilayah Jawa Timur.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari kepala LPPM Universitas Muhammadiyah Malang yang dilanjutkan dengan acara sosialisasi sistem arjuna terbaru oleh narasumber dari kementerian yaitu bapak Lukman. Arjuna yang dikelola oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan di Kemenristekdikti ini merupakan suatu sistem yang dirancang untuk pengurusan akreditasi jurnal ilmiah sehingga memudahkan pengelola jurnal dalam proses akreditasi jurnal sejak pendaftaran, penilaian hingga diterbitkannya hasil akhir akreditasi secara online. Selain itu, disebutkan juga oleh narasumber bahwa terdapat beberapa bentuk hibah dana yang dikeluarkan oleh kementerian untuk peningkatan dan pengembangan jurnal ilmiah yang dapat diakses oleh pengelola jurnal dengan nominal yang bermacam-macam, dengan harapan dapat diserap dan dimanfaatkan oleh jurnal yang ada di Indonesia ini.

Tentunya ini menjadi penyemangat baru bagi para pengelola jurnal ilmiah untuk semakin berusaha meningkatkan mutu dan kualitas jurnal yang dikelolanya sehingga layak mendapatkan peringkat akreditasi tertinggi yaitu SINTA-1. Hal ini juga yang menjadi dorongan semangat bagi pengelola jurnal Lisanudhad untuk meningkatkan kualitas jurnal, baik dari segi konten isi maupun pengelolaannya dengan harapan agar semakin bermutu dalam memberikan manfaat secara luas bagi umat dengan tetap menjaga nilai kepondokmodernan. [LM]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *