KKN Tematik Prodi PBA 2018: Mengembangkan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Yang Berwawasan Pesantren

KKN Tematik Prodi PBA 2018: Mengembangkan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Yang Berwawasan Pesantren

UNIDA Gontor – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. Sejalan dengan dinamika yang terjadi, baik pada tingkat masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun dunia global maka Praktek KKN mahasiswa Prodi PBA Fakultas Tarbiyah tahun akdemik 2017-2018 terbagi menjadi dua yaitu KKN berbasis Prodi dan KKN Berbasis Universitas. Kegiatan KKN berbasis universitas dilaksanakan di dua kabupaten yaitu kabupaten Ponorogo dengan tiga kecamatannya yaitu Sampung, Jambon, dan Badegan, serta Kabupaten Ngawi di Kecamatan Ngrambe. Adapun Kegiatan KKN berbasis prodi diikuti oleh 10 orang mahasiwa prodi PBA di Kampus UNIDA Gontor Siman, Ponorogo.

Kegiatan KKN Tematik Prodi PBA UNIDA Gontor adalah bentuk pelaksanaan kegiatan KKN yang berbasis prodi. Keseluruhan program kegiatan KKN ini berorientasi pada program kegiatannya yang terfokus pada bidang pengembangan pembelajaran bahasa Arab bagi peserta Arabic Camp IV, Mahasiswa KUIS Malaysia, dan Mahasiswa USIM Malaysia.

Dilaksanakan dalam waktu terbatas, efisien, efektif dengan mengedepankan kepentingan akademik dan kepentingan masyarakat, KKN ini dibimbing oleh tiga orang DPL yang telah ditunjuk oleh Rektor. KKN ini bersifat melembaga, koordinatif, interdisipliner, berkesinambungan dan berbasis kemasyarakatan dengan prinsip keterpaduan, kebutuhan, kemampuan sendiri, Interdisipliner, partisifasi aktif, dan keberlanjutan. Bertujuan untuk peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab bagi peserta pelatihan bahasa Arab di UNIDA Gontor, KKN ini mengedepankan proses pembuatan kurikulum, silabus, SOP, dan Pedoman pelaksanaan kegiatan pelatihan.

Disamping itu, mahasiswa peserta KKN tematik Prodi ini akan melaksanakan proses pembelajaran program pelatihan selama kurang lebih 2 bulan, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler peningkatan bahasa Arab, peningkatan karakter dan ubudiyah perserta program pelatihan bahasa Arab. Karena sejatinya kegiatan pelatihan bahasa Arab di kampus UNIDA Gontor adalah sebuah pelatihan bahasa Arab berbasis pesantren. Dimana peserta tidak hanya mendapatkan pelatihan bahasa Arab secara komprehensif, akan tetapi juga peningkatan karakter Islam, disiplin pesantren, ubudiyah peserta, dan tahsin serta tahfidz Al Qur’an.

Kegiatan KKN mahasiswa PBA tersebut diawali dengan pembekalan kegiatan tematik oleh DPL KKN yang terbagi menjadi tiga sesi utama. Sesi pertama disampaikan oleh Ust Aufa Alfian Musthofa, M.A dengan materi pelaksanaan KKN tematik, disiplin, prosedur, dan pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya sesi kedua diisi oleh Ust Alif Cahya Setiyadi, M.A. untuk materi Pusdiklat UNIDA Gontor, dan sesi ketiga oleh ust Yoke Suryadarma, M.Pd.I. pada materi Laporan penelitian dan pengabdian masyarakat serta PAR untuk mahasiswa KKN. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *