Program Studi (Prodi)

Saat ini, Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor memiliki tiga Program Studi, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Tadris Bahasa Inggris (TBI). Berikut penjabarannya :

 

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI)

Program Studi Pendidikan Agama Islam diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor berdasarkan Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 1966. Program studi ini sudah melaksanakan kegiatan tridarma perguruan tinggi sejak berdirinya pada bulan Agustus 1966, dan saat ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK No.4305/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 dengan predikat A

Program studi Pendidikan Agama Islam memprioritaskan penguasaan materi-materi pendidikan Islam dan dirasah Islamiyah yang diwujudkan dalam kesatuan kurikulum pendidikan Islam yang komprehensif. Kurikulum ini memadukan tradisi keilmuan dan keruhaniaan dalam olah dzikir, olah pikir, dan olah raga yang laksanakan dalam lingkungan perguruan tinggi pesantren dengan menekankan kepada kesimbangan materi-materi dirasah Islamiyah dan ilmu pendidikan. Sehingga dapat dihasilkan lulusan yang memiliki integeritas keislaman dan kependidikan.

Dalam rangka mewujudkan lulusan Pendidikan Agama Islam yang memiliki kompetensi dalam pengajaran Agama Islam, Program studi melaksanakan kegiatan akademik baik kegiatan belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara terstruktur. Pelaksanaan kegiatan akademik yang terstruktur tersebut didukung fasilitas seperti ruang kelas, Laboratorium Microteaching, Laboratorium Bahasa, dan laboratorium Komputer yang memadai.

Kegiatan akademik Program studi ini dilaksanakan oleh dosen-dosen dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi serta kompetensi dalam bidang Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan belajar perguruan tinggi pesantren yang kondusif. Sehingga budaya akademik yang ideal dapat terwujud. Dalam kenyataannya, Lulusan PAI Institut Studi Islam Darussalam Gontor dapat bersaing secara kompetitif sesuai dengan kualifikasinya dan diterima oleh lembaga-lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri.

 

  1. Visi

“Menjadi pusat kajian dan pengembangan pendidikan agama Islam yang unggul dengan sistem perguruan tinggi pesantren tahun 2020”.

 

  1. Misi
  • Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran dibidang pendidikan agama Islam yang mampu merespon tantangan global.
  • Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Agama Islam.
  • Menginternalisasikan nilai nilai kepesantrenan dalam sistem perguruan tinggi pesantren
  • Memperluas jaringan kerja dengan berbagai lembaga pendidikan Islam di dalam dan luar negeri.

 

  1. Tujuan
  • Mendidik lulusan guru pendidikan agama Islam yang profesional.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemuka agama
  • Menghasilkan lulusan yang mampu meneliti dalam bidang pendidikan Islam
  • Menghasilkan produk-produk penelitian dan temuan ilmiah dalam bidang Pendidikan Agama Islam
  • Menyiapkan pendidik agama Islam yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan, nilai, dan penguasaan bahasa Arab yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam pada jenis pendidikan keagamaan Islam.

 

  1. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

 

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab merupakan bagian dari Fakultas Tarbiyah Institut Studi Islam Darussalam Gontor sebagai wadah pengembangan ilmu bahasa Arab dan pengajarannya. Penyelenggaraan program studi didasarkan pada Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: Dj. II/281/03. Sejak saat itu program studi ini sudah melaksanakan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi. Dan saat ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK No. 3323/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 dengan predikat A.

Penyelenggaraan program studi ini berawal dari keinginan Pondok Modern Darussalam Gontor yang kuat untuk membumikan bahasa Arab di Indonesia dan membentuk pengajar bahasa Arab yang kompeten dalam pengajaran bahasa Arab. Untuk itu program studi ini memprioritaskan penguasaan materi-materi bahasa Arab dan pengajaran bahasa Arab yang dipadukan dengan materi-materi pendidikan dan Dirasah Islamiyah secara seimbang dan komprehensif.

Pelaksanaan pendidikan yang seimbang dan komprehensif inilah yang di atas dapat menghasilkan lulusan yang memiliki integeritas keislaman dan kependidikan yang luas, memiliki kemampuan dalam bahasa Arab secara teoritis dan praktis, memiliki wawasan dan keterampilan mengajarkan bahasa Arab, serta mampu merancang, mendesain, dan mengembangkan pengajaran bahasa Arab yang efektif bagi non-Arab.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab membentuk lingkungan akademik yang kondusif untuk pelaksanaan kegiatan akademik belajar dan mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sarana dan prasarana yang memadai baik dari ruang perkuliahan, laboratorium bahasa, laboratorium microteaching, dan perpustakaan diadakan guna mendukung proses kegiatan akademik. Di samping itu, mahasiswa / i program studi PBA Institut Studi Islam Darussalam Gontor diberi kesempatan untuk melakukan praktik mengajar bahasa Arab di lembaga pendidikan, lembaga bahasa, dan pusat pelatihan yang ada di lingkungan univesitas untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab.

Tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi dan kompetensi juga menjadi salah satu aspek penting yang mendukung program studi PBA Institut Studi Islam Darussalam Gontor Gontor.

  1. Visi

“Menjadi Pusat kajian dan pengembangan Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dengan sistem perguruan tinggi pesantren yang sesuai dengan perkembangan zaman pada tahun 2020”.

  1. Misi
  • Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Arabyang mampu merespon tantangan global.
  • Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  • Menginternalisasikan nilai-nilai kepesantrenan dalam sistem Perguruan Tinggi Pesantren.
  • Memperluas jaringan kerja (network) dengan berbagai lembaga pendidikan formal dan nonformal di dalam dan luar negeri.
  1. Tujuan
  • Menyiapkan tenaga Pendidik Bahasa Arab yang profesional.
  • Menyiapkan Peneliti dibidang pendidikan bahasa Arab.
  • Menyiapkan Penerjemah bahasa Arab yang profesional.

3. Tadris Bahasa Inggris (TBI)

Mengawali tahun 2020  rupanya menjadi berkah tersendiri bagi Universitas Darussalam Gontor, dengan dibukanya Program Studi Baru di lingkungan Fakultas Tarbiyah, yaitu Tadris Bahasa Inggris. Pasalnya, pada tanggal 20 Februari 2020 telah resmi memproleh izin pendirian dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemenag RI, dengan dihadiri oleh 34 Lembaga Pendidikan Tinggi Islam se- Indonesia diabwah naungan DIKTIS Kemenag RI, Luthfi Muhyiddin, M.A  menjadi utusan Unida Gontor di acara tersebut.

Prodi Tadris Bahasa Inggris Unida Gontor pun berniat memberikan pendidikan terbaik mencetak para profesional di bidang keilmuan dan pengajaran bahasa Inggris biak di kancah Nasional maupun Internasional. Hal tersebut dituangkan dalam Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran sebagai berikut:

Visi :

Pada tahun 2023 menjadi program studi unggulan yang menghasilkan lulusan profesional berjiwa pondok dan bermutu pada bidang metodologi pembelajaran Bahasa Inggris serta mampu bersaing di tingkat global.

Misi:

Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang berfokus pada Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris yang mampu merespons tantangan global dengan sistem pesantren.

Tujuan:

Menghasilkan pendidik dan pengajar profesional yang berjiwa Pondok, unggul dan bermutu di bidang Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris serta mampu merespons tantangan global.