Kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor memiliki cakupan yang cukup luas dimana mata kuliah yang diajarkan pada prodi ini mencakup tujuh kategori mata kuliah kompetensi. Pertama adalah Mata Kuliah Umum (MKU) yang merupakan mata kuliah wajib perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya adalah Mata Kuliah Dirasah Islamiyah seperti Al Qur’an, Tafsir, Hadits, Worldview Islam dan lain sebagainya. Adapun yang ketiga adalah Mata Kuliah Pendidikan Islam seperti Manajemen Pendidikan, Profil Pendidik, Ilmu Jiwa Belajar, dan lain sebagainya. Keempat adalah Mata Kuliah Kebahasa Arab seperti Nahwu, Sharaf, Tarkibul Jumal, dan lain sebagainya. Kelima adalah Mata Kuliah Keterampilan Bahasa Arab seperti Maharatul Istima’, Kalam, Qiro’ah, Kitabah, Tarjamah dan lain sebagainya. Keenam adalah Mata Kuliah Metodologi pembelajaran bahasa Arab dan yang ketujuh adalah Mata Kuliah Sastra Arab seperti sejarah sastra Arab, Balaghah dan lain sebagainya.

Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor telah menerapkan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) mulai tahun 2017 dengan jumlah SKS yang harus diselesaikan dalam waktu empat semester adalah 146 SKS. Terdiri dari mata kuliah teoritis dan juga praktikum di lembaga praktek. Berikut Kurikulum KKNI PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor berdasarkan kompetensi

Kompetensi utama lulusan PBA, adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menguraikan kaedah-kaedah bahasa Arab dalam pembelajaran.
  2. Mampu menguraikan materi bahasa Arab di tingkat sekolah dasar, menengah dan atas.
  3. Mampu menguraikan teori-teori pembelajaran keterampilan berbahasa Arab.
  4. Mampu menguraikan teori strategi pembelajaran Bahasa Arab
  5. Mampu menguraikan teori-teori metodologi pembelajaran Bahasa Arab
  6. Mampu menguraikan teori sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab
  7. Mampu menguraikan teori pendekatan pembelajaran Bahasa Arab
  8. Mampu menguraikan tehnik strategi pembelajaran Bahasa Arab
  9. Mampu berbahasa Arab aktif dan pasif
  10. Mampu mengelola kelas secara professional
  11. Mampu mengajarkan materi Bahasa Arab secara professional
  12. Mampu mengajarkan keterampilan berbahasa Arab.
  13. Mampu menguasai teknik pembelajaran Bahasa Arab.
  14. Mampu menguasai strategi pembelajaran Bahasa Arab
  15. Mampu menguasai metodologi pembelajaran Bahasa Arab
  16. Mampu menguasai sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab
  17. Mampu menguasai pendekatan pembelajaran Bahasa Arab
  18. Mampu mendesain media pembelajaran (audio /visual/audiovisual) dalam pembelajaran bahasa Arab.
  19. Mampu mengembangkan strategi pembelajaran PBA
  20. Mampu mengembangkan metodologi pembelajaran PBA
  21. Mampu mengembangkan desain pembelajaran Bahasa Arab
  22. Mampu mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab.
  23. Mampu mengevaluasi proses dan hasil belajar pembelajaran Bahasa Arab.
  24. Mampu membuat karya ilmiah berbahasa Arab
  25. Mampu menghasilkan penelitian terkait dengan tindakan kelas (PTK) pada materi bahasa Arab

Kompetensi pendukung lulusan PBA, adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menghafal al-Qur’an sekurang-kurangnya 4 juz.
  2. Mampu menguraikan teori-teori membaca dalam bahasa Inggris.
  3. Mampu menguraikan teori-teori menulis dalam bahasa Inggris.
  4. Mampu menguraikan kaedah berbahasa dalam bahasa Inggris
  5. Mampu berbahasa Inggris aktif dan pasif
  6. Mampu membuat karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Inggris
  7. Mampu menganalisis teori-teori penelitian.
  8. Mampu melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran dan literatur bahasa Arab

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan PBA, adalah sebagai berikut

  1. Mampu menguraikan teori-teori penerjemahan
  2. Mampu menganalisis metode-metode penerjemahan bahasa Arab dari dan ke bahasa Indonesia
  3. Mampu menerjemahkan buku-buku berbahasa Arab ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  4. Mampu menjadi interpreteur (penerjemah langsung)
  5. Mampu menguraikan teori-teori penerjemahan
  6. Mampu menganalisis metode-metode penerjemahan bahasa Arab dari dan ke bahasa Indonesia