Lebih Dekat Dengan Nahwu Dan Sharaf Bersama Zawayya Nuhat Prodi PBA

Lebih Dekat Dengan Nahwu Dan Sharaf Bersama Zawayya Nuhat Prodi PBA

UNIDA Gontor – Sebagai bagian dari kajian ilmu bahasa Arab, ilmu nahwu dan sharf memiliki peran penting dalam bahasa Arab dan pembelajarannya. Pengetahuan dan penguasaan atas kedua ilmu ini harus dimiliki oleh setiap pelajar dan pengajar bahasa Arab sebagai alat untuk memahami dan mengajarkannya. Untuk itu Prodi PBA UNIDA Gontor dengan Zawaya Nuhat -komunitas pecinta kajian nahwu dan sharf- prodi PBA mengadakan kajian rutin pada setiap selasa pukul 09.00 di markaz shiroh kampus pusat UNIDA Gontor.

Kajian yang dibina langsung oleh Ust H. Khoirul Fata, Lc,. M.Pd. ini fokus pada kajian literatur dan referensi materi nahwu dan sharf karya para ulama Arab zaman klasik, seperti jurumiyyah, imrithiy, qotrunnada li-ibnu hisyam, alfiyyah ibnu malik, dan beberapa referensi induk yang sampai saat ini masih dikaji oleh para pakar linguistik  Arab.

Disamping mempelajari nahwu dan sharf dari referensi induknya, para peserta yang terdiri dari mahasiswa PBA dan peserta lain dari pecinta nahwu dan sharf tersebut diasah pengetahuannya tentang tata bahasa yang diperoleh dalam beberapa literatur. Selanjutnya mereka dilatih untuk mengaplikasikannya dalam menganalisa teks Arab dan sekaligus mengurai perbedaan analisa bahasa para ulama nahwu perspektif ulama Basroh dan Kufah serta menemukan pengaruh kedua madrasah nahwu tersebut dalam perkembangan ilmu nahwu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *