Mahasiswa PBA UNIDA Gontor Menjadi Presenter Dalam Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) III  2017

Mahasiswa PBA UNIDA Gontor Menjadi Presenter Dalam Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) III 2017

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat populer di kalangan manusia di saat ini, sehingga banyak sekali mereka yang ingin mempelajarinya baik itu orang asli Arab maupun non Arab, termasuk negara Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang mengadakan konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA III) dengan mengusung tema “Kreativitas dan Inovasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”. Acara tersebut diadakan pada hari Ahad, 8 Oktober 2017 bertempat di Aula Fakultas Sastra Gedung E6 Lantai 2 Universitas Negeri Malang.

Dalam kesempatan ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UNIDA Gontor sebagai Program Studi yang mempunyai perhatian khusus terhadap pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab juga turut berpartisipasi dengan mengutus delegasi, yaitu Moh. Fairus Sholeh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor sebagai salah satu presenter dalam acara konferensi tersebut dengan makalah berjudul “تطبيق برنامج المخيم العربي بجامعة دار السلام كونتور فونوروكو” . Makalah ini merupakan gambaran dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PBA UNIDA Gontor, yaitu Moh. Fairus Sholeh, Anhar, dan Subliyansah. Dimana PKM tersebut dibimbing oleh Yoke Suryadarma M.Pd.I. Adapun kegiatannya terkait dengan pembelajaran bahasa Arab intensif yang super cepat bagi pelajar Indonesia tingkat SMP/MTs dan SMA/MA Sederajat .

Konferensi ini diharapkan menjadi salah satu wadah para guru untuk bertemu, baik dengan sesama guru maupun dengan dosen dan juga mahasiswa. Sharing pengalaman praktek pembelajaran bahasa Arab diharapkan dapat lebih memperkaya wawasan peserta seminar, baik yang terkait dengan pengalaman teori maupun praktek pembelajaran. Pada akhirnya, kegiatan KONASBARA ini menjadi kegiatan rutinitas tahunan yang dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pembelajaran bahasa Arab, utamanya pada jenjang sekolah dasar (PAUD, TK, MI/SD dan menengah (SMP/MTs, SMA/MA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *