Mahasiswa UNIDA Gontor Mengawali Kegiatan KKN dengan Silaturahmi Perangkat Desa, Pemuka Agama, dan Kerja Bakti

Mahasiswa UNIDA Gontor Mengawali Kegiatan KKN dengan Silaturahmi Perangkat Desa, Pemuka Agama, dan Kerja Bakti

UNIDA Gontor – Kegiatan KKN mahasiswa UNIDA Gontor kampus Pusat sudah dimulai sejak pelepasan KKN oleh Rektor pada hari Selasa, 8 Mei 2018. Peserta KKN mendapatkan pendampingan yang berkesinambungan dari DPL melalui koordinasi langsung ataupun melalui media koordinasi lainnya seperti media sosial. Hal tersebut sangat berkontribusi positif dan langsung kepada mahasiswa peserta KKN dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan kemasyarakatan mahasiswa.

Efektifitas koordinasi tersebut terlihat dengan kegiatan yang terlaksana dengan baik diawal pelaksanaan kegiatan KKN mahasiswa UNIDA Gontor. Mahasiswa peserta KKN di Kecamatan Sampung mengawali kegiatan dengan melakukan silaturahmi dengan pemuka agama di wilayah tersebut untuk bermusyawarah kegiatan keagamaan menjelang dan pada saat bulan Ramadhan tiba. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi pengembangan desa bersama perangkat desa.

Masyarakat kecamatan Badegan juga merasakan gerak cepat mahasiswa peserta KKN dengan kunjungan mereka ke beberapa sekolah untuk melakukan wawancara terstruktur untuk penggalian data statistik pendidikan di kecamatan tersebut. Kegiatan rewang mahasiswa dalam salah satu kegiatan hajatan masyarakat di kecamatan Jambon juga menjadi salah satu pemandangan awal kegiatan KKN Mahasiswa UNIDA Gontor di tiga kecamatan tersebut.

Adapun kegiatan KKN di Kabupaten Kediri Jawa Timur sudah terlihat beraneka bentuk, mulai dari kegiatan kerja bakti membersihkan jalan utama desa bersama masyarakat sekitar hingga musyawarah kerja dengan perangkat desa dan kecamatan. Kegiatan ini semua adalah merupakan tidak lanjut dari program kegiatan yang mereka sudah rencanakan semenjak pembekalan KKN. Berbagai persiapan sudah disiapkan dengan matang untuk mensukseskan kegiatan KKN Mahasiswa UNIDA Gontor tahun akademik 2017-2018. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *