Mahasiswi UNIDA Gontor Raih Juara Umum Dalam Gebyar Bahasa Arab IAIN Cirebon 2018

Mahasiswi UNIDA Gontor Raih Juara Umum Dalam Gebyar Bahasa Arab IAIN Cirebon 2018

Mahasiswa UNIDA Gontor mampu meraih meraih prestasi di tingkat nasional dalam kegiatan Gebyar Bahasa Arab IAIN Syeikh Nurjati Cirebon. Acara GBA merupakan salah satu acara yang diselenggarakan dengan tujuan membumikan Bahasa Arab sehingga terbentuk motivasi untuk  meningkatkan  kualitas  diri  dan  potensi pengajaran  dan keterampilan bahasa Arab dan  Seni. Kegiatan yang dilaksanakan oleh HMP Prodi PBA IAIN Cirebon pada tanggal 2 sampai 6 April 2018 dan diikuti oleh berbagai mahasiswa dari seluruh  Indonesia.

Kegiatan Gebyar bahasa Arab 2018 ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti IAIN Cirebon, UIN Jakarta, UIN Malang, IAIN Pekalongan, UNIDA Gontor, UGM Yogyakarta, UIN Surabaya, UIN Yogyakarta, UII Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang dan lain sebagainya. Perlombaan yang dilombakan berkaitan dengan kemampuan bahasa Arab seperti pidato bahasa Arab, esai bahasa Arab, debat bahasa Arab, baca berita bahasa Arab, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK), Arabic Short Movie, dan seni seperti Kaligrafi, Hadroh dan Lagu Pop Arab.

Dalam perlombaan UNIDA Gontor mengirimkan beberapa mahasiswi dari beberapa prodi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengembangan bahasa Arab bertaraf Nasional. Delegasi UNIDA Gontor berangkat dari kampus UNIDA Gontor kampus putri pada tanggal 31 Maret 2018 setelah pelepasan resmi dari Pondok Pesantren.

Dalam perlombaan ini delegasi UNIDA Gontor meraih gelar sebagai juara umum  dengan raihan 4 juara dalam berbagai gelaran perlombaan yang digelar. Diantaranya adalah Juara 1 pidato bahasa Arab yang diraih oleh Nafisatul Izza, Juara 1 Puisi yang diraih oleh Farida Fayumi, Juara 2 Puisi bahasa Arab yang diraih oleh Aunul Izzah, Juara 3 Insya’ Araby, Peringkat ke 5 Debat bahasa Arab, dan peringkat ke 9 dalam Kaligrafi.

”Ini adalah awal ikut lomba dalam bahasa Arab selama menjadi mahasiswi UNIDA Gontor dan alhamdulillah dapat meraih juara dan sudah mulai mengerti teknik-teknik penulisan bahasa Arab, kaidah bahasa yang digunakan, dan pengalaman dalam menulis dalam bahasa Arab” ungkap Aunul Izzah juara 3 Insya’ Araby.

Farida Fayumi mengaku bersyukur bisa meraih juara 1 Puisi bahasa Arab serta memberikan harapan kepada mahasiswa lainnya agar terus belajar dan menggali potensi bahasa Arab mereka. “kita berharap seluruh mahasiswa/i UNIDA Gontor selalu berparsipasi aktif dalam kegiatan seperti ini untum meninggkatkan potensi diri dalam bahasa Arab” ungkap mahasiswi berprestasi UNIDA Gontor tersebut. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *