Mahrajan Bahasa Arab mahasiswa PBA Se-Ponorogo: menggengam bahasa Arab

Mahrajan Bahasa Arab mahasiswa PBA Se-Ponorogo: menggengam bahasa Arab

UNIDA Gontor- upaya pengembangan bahasa Arab selalu diupayakan oleh mahasiswa prodi PBA UNIDA Gontor sebagai salah satu tujuan utama prodi PBA. Diantara upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan pengembangan kegiatan pembelajaran dan pengembangan bahasa Arab. Kegiatan mencakup pembelajaran bahasa Arab untuk siswa dan siswi MTsN Ponorogo, mahasiswa KUIS dan USIM serta kegiatan lain. Pelaksanaan kegiatan perlombaan bahasa Arab dan pengadaan festival bahasa Arab juga menjadi salah satu program kegiatan tersebut. Diantaranya adalah pelaksanaan festival bahasa Arab dengan kerjasama mahasiswa prodi PBA se-ponorogo.

Kegiatan ini disebut dengan mahrojan al lughah al arabiyah yang dilaksanan setiap tahun melalui kerjasama antara mahasiswa prodi PBA dari UNIDA Gontor, IAIN Ponorogo, dan INSURI Ponorogo. Mahasiswa pelaksana adalah mahasiswa semeter 2 dari masing-masing prodi PBA di perguruan tinggi tersebut. Pada pelaksanaan kegiatan yang kedua pada tahun ini mengambil tempat di Graha Watoe Dakon IAIN Ponorogo. Mahrojan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2018 mulai pukul 08.00 sampai 16.30 WIB dengan di isi oleh berbagai bentuk perlombaan seperti: Perlombaan Ghina Araby, Puisi Bahasa Arab, Pidato bahasa Arab, dan Cerdas Cermat bahasa Arab.

Perlombaan bahasa Arab di sini diikuti oleh siswa dan siswi SMP, SMA, MAN, dan Pondok Pesantren sekarisedenan Madiun. Kegiatan dengan tema “dengan bahasa Arab kita genggam dunia dan meraih cita-cita”. Perlombaan dibuka oleh Jamaluddin Shidiq Perwakilan prodi PBA IAIN Ponorogo. Juara pertama pidato bahasa Arab diraih oleh MA Al Islam Joresan, Puisi diraih oleh MA Al Islam Joresan, Ghina Araby diraih oleh MAN 1 Magetan, dan cerdas cermat diraih oleh Ponpes Walisongo Ngabar. (Alif Cahya Setiyadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *