Melalui Kegiatan PPL, Fakultas Tarbiyah Menjaga Mutu Kompetensi Mengajar Mahasiswa

Melalui Kegiatan PPL, Fakultas Tarbiyah Menjaga Mutu Kompetensi Mengajar Mahasiswa

Fakultas Tarbiyah senantiasa melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan Statuta UNIDA Gontor. Salah satu bentuk Tri dharma tersebut adalah pelaksanaan PPL atau Program Pengayaan Lapangan bagi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah semester Enam dengan bobot 4 SKS, terbagi dalam 2 SKS untuk Microteaching dan 2 SKS untuk Pelaksanaan PPL di lembaga pendidikan Islam lain di Luar Universitas Darussalam Gontor, baik itu di dalam maupun Luar Negeri.

Di dalam negeri, tercatat hampir setiap tahun ada tiga lembaga Pendidikan Islam yang dijadikan tempat pelaksanaan PPL. Sebagai contoh pada tahun 2018, PPL Fakultas Tarbyah bertempat di Pondok Pesantren AL-Ishah Lamongan bagi mahasiswi kampus mantingan, Ponpes Al-Ishlah Tajug Indramayu bagi mahasiswa kampus Rabithah, dan Ponpes Riyadhul Ulum Condong Tasikmalaya bagi mahasiswa kampus Siman. Sedangkan pada tahun 2019, bertempat di Ponpes Manahijusaadat Lebak Banten, Ponpes al-Amanah al-Gontory Tanggerang Selatan Banten, dan Ponpes Al-Hikmah Gunungkidul Yogyakarta.

Kemudian di Luar Negeri, Fakultas Tarbiyah juga tercatat melaksanakan PPL Internasional di beberapa lembaga Pendidikan Islam di Luar Negeri. Diantarnya, PPL Perdana Internasional di Luar Negeri, dilaksanakan pada tahun 2017 dengan peserta PPL berjumlah 23 Mahasiswa dari Kampus Siman dengan pembimbing dua orang bertempat di Ma’had darul Qur’an Russila Terengganu Malaysia. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2019 yang dilaksanakan dua tempat, yang pertama di Ma’had Al-Irsyad Lil Banat, Yala Thailand dengan peserta PPL berjumlah 42 Mahasiswi Kampus Mantingan yang dibimbing oleh 3 orang dosen pembimbing. Sedangkan yang kedua, baru saja selasai dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2019 lalu, diikuti oleh 18 mahasiswa Kampus Rabithah yang dibimbing oleh dua orang dosen Pembimbing bertempat di Madrasah Al-khairiyah Al-Islamiyyah Pokok Sena Pulau Pinang Malaysia.

Kegiatan PPL fakultas Tarbiyah dilakukan dengan sangat teratur, disiplin dan bertanggungjawab sesuai dengan buku petunjuk pelaksanaan PPL yang dibuat oleh Fakultas Tarbiyah. PPL ini dimulai dengan pembentukan panitia pelaksana PPL di masing-masing kampus yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Semester Enam masing-masing kampus, pembuatan Proposal dengan konsultasi kepada Ka.Prodi baik PBA maupun PAI, pengajuan dan pengesahan tempat PPL oleh Rapat Fungsionaris Fakultas sekaligus penunjukan pembimbing.

Setelah itu, dilaksanakanlah rentetan Program PPL yang dimulai dari pembekalan PPL oleh Dekan, Wakil dekan, Ka.Prodi PBA dan Ka. Prodi PAI berisi tentang pengenalan PPL meliputi arah dan tujuannya, penysusunan RPP, Silabus, Prota, Promes dan RPS, dan Evaluasi Pembelajaran.  Selelah itu selesai, dilaksanakanlah Program Microteaching selama hampir 2 bulan, dimana seluruh mahasiswa/mahasiswi secara terbimbing oleh para dosen pembimbing melaksanakakn praktek mengajar di kampus di hadapan teman-temannya secara berkelompok dan bergiliran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Setelah mahasiswa lulus dalam praktek mengajar Miroteaching, barulah pelaksanana PPL dilaksanakan di lembaga pendidikan Islam yang telah ditentukan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati diawal.

Dengan demikian, pelaksanaan PPL fakultas Tarbiyah terencana dan berjalan dengan baik, efektif, terencana, dan terkontrol. (Y.Suryadarma).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *