MKDU, Uji Pengetahuan Dirasah Islamiyah Calon Wisudawan

MKDU, Uji Pengetahuan Dirasah Islamiyah Calon Wisudawan

Oleh: M. Syahrul Anwar (Mahasiswa PBA Semester 7)

UNIDA Gontor – Menjadi seorang lulusan sarjana Fakultas Tarbiyah tentu saja sangat ditekankan akan penguasaan kemampuan yang ada pada disiplin ilmu, yaitu ilmu pendidikan. Dalam bidang ini, kompetensi yang harus dicapai baik yang sifatnya teoritis maupun praktis seperti penguasaan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik harus terus melekat dalam diri seorang alumni Fakultas Tarbiyah.

Sebagai pendidik kompeten masa depan

Lebih lanjut lagi, berkepribadian baik, berpengetahuan luas, dan mutakhir dibidangnya sekaligus mampu melakukan tugas dan tanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian. Semua ini harus berjalan selaras berdampingan dan beriringan agar tercapainya cita-cita besar yakni menjadi pendidik kompeten yang mampu menjadi tauladan bagi generasi emas di masa yang akan datang.

Menindaklanjuti kondisi di atas, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor menyelenggarakan Ujian Komprehensif untuk Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) bagi seluruh mahasiswa/i semester 7. Selain itu, telah lulus materi kuliah 120 SKS dan lulus Mata Kuliah Dasar Umum juga menjadi salah satu persyaratan untuk menjadi lulusan sarjana (S1) di UNIDA Gontor.

Ujian Komprehensif MKDU Fakultaas Tarbiyah di UNIDA Gontor

Ujian Komprehensif MKDU Fakultaas Tarbiyah di UNIDA Gontor Kampus Putri

Adapun materi Ujian Komprehensif ini adalah seputar dirasah islamiyah, meliputi : Tauhid/Worldview Islam Aqidah, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an, Al-Hadits dan Ulumul Hadits, Fiqih/Worldview Islam Syariah, dan Tarikh Hadharah Al-Islamiyah. Tim penguji pada ujian ini terdiri dari beberapa dosen Fungsionaris Fakultas Tarbiyah diantaranya : Al-Ustadz K.H Heru Saiful Anwar, M.A, Al-Ustadz H. Noor Syahid, M.Pd.I, Al-Ustadz Dr. Agus Yasin, M.Pd.I, Al-Ustdaz Hakam Ar-Rosyada,M.Pd., Al-Ustadz Saepul Anwar, M.Pd, Al-Ustadz Nurul Salis Alamin, M.Pd.I, Al-Ustadz Drs. Muhammad Fauzi, M.Ud., Al-Ustadz Ahmad Rijal Khoirudin, M.Pd, Al-Ustadz Saiful Anwar, M.Pd, Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd, Al-Ustadz Moh. Alwi Yusron, M.A., dan Al-Ustadz Ahmad Kali Akbar, M.Pd.

Pelaksanaan ujian ini berlangsung di ruang Fakultas Tarbiyah sejak hari Rabu hingga Kamis, 7-8 Oktober 2020, untuk Kampus Robitoh dan Siman. Dan untuk Kampus Mantingan dilaksanakan di Gedung Aisyah & Khadijah Gontor Putri Kampus pada hari Jum’at, 9 Oktober 2020.

Kesan Mahasiswa

Ada kesan tersendiri setelah selesai melaksanakan ujian tersebut, salah satunya dari ananda Heriyadi mahasiswa PBA semester 7. “Tentu dengan terlaksananya Ujian Komprehensif Materi Kuliah Dasar Umum ini kami sebagai mahasiswa akhir menjadi tahu akan capaian pembelajaran program studi yang telah kami emban dari semester 1 hingga saat ini. Dan juga nantinya dengan pemahaman yang sudah dimiliki dapat memformulasikan penyelesaian masalah yang akan dihadapi kelak. Baik itu di tingkat masyarakat, lembaga pendidikan di level yang berbeda-beda, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Ia melanjutkan, “Dan ini merupakan suatu apresiasi bagi Program Studi, Fakultas, Universitas Darussalam Gontor dan juga Kemendikbud yang saling berafiliasi dalam mewujudkan program-program yang mutakhir. Salah satunya ialah pengembangan keilmuan dan keprofesian, juga kolektif dalam rangka mewujudkan diri sebagai pendidik bahasa Arab dan pembelajar.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *