Fakultas Tarbiyah Sukses Melaksanakan Ujian MKDU 2021

Fakultas Tarbiyah Sukses Melaksanakan Ujian MKDU 2021

Universitas Darussalam Gontor tak pernah berhenti untuk terus mencetak dan melahirkan kader-kader pendidik bangsa. Fakultas Tarbiyah sebagai salah satu wadah untuk mencetak dan mendidik serta menyiapkan alumni yang bermutu dan berarti, terus melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan total quality control dari semua lini. Salah satu program yang telah terlaksana pada pekan ini adalah Ujian MKDU untuk seluruh mahasiswa semester akhir di seluruh kampus, baik Kampus Robitah, Siman dan Mantingan.

Kamis, 09 September 2021 penyelenggaraan ujian MKDU (Materi Kuliah Dasar Umum) di kampus Siman terlaksanan dari pukul 08.00 hingga 17.30. Ujian ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Hal ini merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa akhir Prodi PAI maupun PBA untuk bisa lanjut pada ujian MKDK yang diselenggarakan oleh prodi masing-masing. Disamping itu, tak luput dari perhatian dosen fungsionaris masing-masing prodi, mahasiswa dibimbing oleh para dosen pada waktu tertentu untuk mempelajari materi yang telah ditentukan oleh fakultas tarbiyah agar mendapat persiapan ilmu dan pengetahuan dalam menghadapi ujian MKDU mendatang.

Bapak Dekan, Dr. Agus Budiman selalu berpesan: “Program prioritas dan diutamakan oleh Fakultas tahun ini adalah perbaikan data dan pelayanan mahasiswa”. Salah satu pelayanannya adalah ujian MKDU dan MKDK, karena keduanya awal mula yang menjadi tolak ukur keseriusan mahasiswa akhir untuk wisuda tepat waktu, maka mahasiswa akhir akan selalu dibimbing agar mendapat nilai yang maximal dan lulus sehingga target Fakultas Tarbiyah zero blendrang (tidak ada semester lanjut) bukan menjadi sekedar mimpi belaka.

Bertempat di Kantor Fakultas Tarbiyah, kegiatan Ujian MKDU dimulai pada pukul 08.30 WIB yang mana al-Ustadz Dr. Ihwan Mahmudi M.A dan al-Ustadz Saiful Anwar M.Pd sebagai penguji dari 4 kelompok pertama. Para mahasiswa sangat antusias dalam menghadapi ujian, bahkan sebagian mahasiswa telah hadir ditempat pada pukul 07.00 WIB. Ujian ini berlangsung cukup lama akan tetapi tidak mematahkan semangat para penguji untuk tetap kuat dan solid bertahan sampai tuntas pada pukul 11.45 WIB.

Kemudian berlanjut pada pukul 13.30 WIB al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd dan al-Ustadz Azmi Syukri Zarkasyi, Lc. M.A turut hadir bersama dengan K.H Heru Saiful Anwar, M.A dan al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd yang siap menguji 8 kelompok yang terdiri dari 45 Mahasiswa yang sudah di susun oleh Fakultas Tarbiyah. Kemudian ujian berlangsung sampai pukul 17.55 WIB dan alhamdulillah berakhir lancar.

BAGAIMANA DI KAMPUS MANTINGAN?

Fakultas Tarbiyah menetapkan keterangan melewati SK Dekan bahwasanya Ujian MKDU di kampus Mantingan akan diadakan keesokan harinya setelah Ujian MKDU di Kampus Siman pada hari Kamis.

Jum’at, 10 September 2021, Kampus Mantingan tentunya jarak yang cukup jauh dari Kampus Pusat/Siman sehingga butuh persiapan yang cukup matang terkait pemberangkatan para penguji. Maka pada pukul 06.00 WIB para penguji berkumpul dan berangkat bersama ke Mantingan sehingga mobilisasi dan ketepatan waktu dapat bisa di kontrol untuk kelancaran kegiatan ujian ini. Kemudian sampai ke tempat tujuan pada pukul 08.30 WIB dan dilanjutkan dengan sarapan bagi para penguji yang telah disiapkan sedemikian rupa oleh panitia dari dosen yang bertanggung jawab pada kegiatan ujian MKDU ini sehingga pada pukul 09.00 WIB ujian MKDU bisa dimulai dengan tepat waktu.

Mahasiswi akhir Fakultas Tarbiyah yang berada di mantingan ternyata tidak kalah jauh dibandingkan dengan yang ada di kampus pusat/siman. Mereka sangat antusias menghadapi ujian MKDU dan bahkan telah hadir mempersiapkan diri untuk diuji oleh para penguji. Hal ini tentunya menjadi kabar yang cukup mengembirakan bagi Ka.Prodi Pendidikan Agama Islam dan Ka.Prodi Pendidikan Bahasa Arab bahwasanya semangat para mahasiswi akhir sangat baik, sehingga target motto zero blendrang benar-benar dapat bisa di capai.

Kegiatan ujian MKDU di kampus Mantingan berlangsung lancar dan adapun break sementara dilakukan oleh para penguji pada pukul 11.30 WIB untuk melaksanakan Sholat Jum’at berjama’ah di masjid. Setelah itu para penguji melakukan makan siang yang telah disiapkan oleh panitia dan dilanjutkan kembali ujian pada pukul 01.30 WIB. Mahasiswi yang mengikuti ujian ini lebih banyak dari mahsiswa yang mangikuti ujian di kampus siman, terhitung sebanyak 147 mahasiswi yang mengikuti ujian MKDU sehingga penguji dan kelompoknya pun diatur sedemikian rupa sehingga waktu berlangsungnya menjadi efektif dan tidak terlalu memakan banyak waktu dan berakhir pada pukul 16.15 WIB. Kemudian para penguji mempersiapkan diri untuk kembali ke kampus siman karena telah selesainya kegiatan ujian MKDU di Kampus Putri.

Author:Muhammad Ilham Luthfi/ Editor: Muhammad Wahyudi, M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *