OSPEK Fakultas Tarbiyah Kampus Siman dan Robitoh

OSPEK Fakultas Tarbiyah Kampus Siman dan Robitoh

UNIDA Gontor – Rabu, 9 Juni 2021, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor mengadakan Orientasi dan Pengenalan Fakultas Tarbiyah kampus siman dan robitoh. Sedangkan OSPEk Fakultas Tarbiyah kampus putri mantingan di laksanakan pada hari jum’at siang  11 Juni 2021.

Ketua Senat Fakultas Tarbiyah KH. Heru Saiful Anwar, M.A. dalam sambutannya beliau menyampaiakan sejarah Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor dari masa ke masa. “Sejarah perguruan tinggi yang ada di Gontor berawal dari Perguruan Tinggi Darussalam (PTD) yang memiliki dua fakultas yaitu Tarbiyah dan Ushuluddin dari Tarbiyah prodi yang pertama adalah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kemudian menjadi Institut Pendidikan Darussalam (IPD)” ujar beliau.

Kemudian beliau juga mengatakan bahwa Tabiyah merupakan pendidikan lanjutan dari KMI. PAI, PBA dan TBI menyempurnakan pendidikan yang ada di KMI. Selain itu, beliau berpesan kepada mahasiswa Karena perguruan tinggi kita ini pesantren maka identitas kita sebagai santri jangan sampai hilang. Sunah-sunah Pondok dan UNIDA jangan sampai hilang. Core yang ada pada kita adalah Pesantren, Islamisasi dan keislaman.

Acara dilanjutkan wakil dekan I bidang akademik Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd. beliau menyampaikan hal-hal yang terkait kurikulum fakultas tarbiyah dan empat keunggulan dari UNIDA Gontor, diantaranya ialah : Menguasai tentang kepesantrenan, Semua mahasiswa harus memahami tentang islamisasi ilmu, Tentang pengembangan bahasa apapun prodinya semuanya harus bisa berbahasa arab dan inggris,  di sempurnakan dengan hafalan Qur’an.

Di Fakultas tarbiyah selain harus menguasai 4 hal tersebut antum juga harus menguasai metodologi penelitian. Antum akan di cetak sebagai mahasiswa yang mampu mengajar dan mencetak para pendidik. Antum selain mengusai konsep pendidikan secara umum antum juga akan mengusai konsep pendidikan secara islami yang telah di contoh nabi dan para ulama. Maka kalian akan menjadi pakar pada masing-masing bidang. Untuk mendapatkan itu semuanya antum harus memahami CPL (Capaian Lulusan). Kurikuler, Ekstrakulikuler, Intrakurikuler. Dan beliau menyampaikan bahwasannya fakultas tarbiyah harus mempunyai keunggulan dan harus paham ilmu pendidikan islam serta memahami teori barat dan menguasainya dengan teori-teori islam.

Dr. Azmi Zarkasyi, M.A, selaku wakil dekan II bidang administrasi dan keuangan menyampaikan beberapa hal terkait Administrasi di Fakultas Tarbiyah. Yang namanya pendidikan adalah kegiatan yang terencana struktur dan sistematis. Ketika antum lancar membayar administrasi makan kegiatan itu akan berjalan dengan lancar. Dalam setiap kegiatan kita sudah terencana dan terjadwal. Nantinya apabila ada kegiatan tersebut pastinya ada panitia kecil dari kepanitiaan. Panitia harus berdisiplin melaporkan dari setiap kegiatan yang telah terlaksana. Kemudian diakhir acara ditutup dengan doa oleh Dr. Cecep Sobar Rochmat, M.Pd. [Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *