OSPEK Fakultas Tarbiyah: Unggul Dalam Bidang Metologi Pembelajaran

OSPEK Fakultas Tarbiyah: Unggul Dalam Bidang Metologi Pembelajaran

UNIDA Gontor – Selasa, 7 Juli 2020, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor mengadakan Orientasi dan Pengenalan Fakultas Tarbiyah.  Dalam kesempatan tersebut semua kegiatan dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan kampus.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Agus Budiman, M.Pd. menyampaiakn nasehatnya dihadapan mahasiswa untuk selalu mengetahui  Fakultas Tarbiyah, apa yang ada di dalamnya “kita harus merasa penting untuk berkenalan dengan Fakultas Tarbiyah, karena kita ada didalamnya, kita harus mengenal diri kita dan yang baik adalah seseorang yang tahu diri, namun yang perlu diketahuinya adalah dia mengetahui kekurangan dirinya” ujar beliau.

Kemudian beliau juga mengungkapkan rasa senang, karena Fakultas Tarbiyah ini termasuk paling besar, namun dalam satu sisi senang dan satu sisi khawatir, karena Fakultas merupakan amanat yang besar yakni amanatul ummah. Beliau juga berharap Fakultas Tarbiyah ini menjadi Fakultas yang berkualitas dan bermutu dalam metodologi pembelajaran baik di PAI, PBA dan TBI sesuai dengan visi dan misi dari Fakultas Tarbiyah.

Acara dilanjutkan wakil dekan II K.H. Heru Saiful Anwar, M.A, beliau memberikan taujihat mengenai semangat dalam belajar yang berdasarkan nasihat Imam Syafi’i, hal ini disampaikan beliau kepada para mahasiswa fakultas tarbiyah UNIDA Gontor. Beliau juga memberikan kisah dan tauladan semangat belajar para ulama terdahulu.

H. Noor Syahid, M.Pd, selaku wakil dekan III bidang kemahasiswaan menyampaikan beberapa hal terkait kegitan mahasiswa kedepannya. “Hari ini merupakan langkah awal kalian dalam menuntut ilmu, kita menargetkan semua mahasiswa yang semester baru ini lulus tepat waktu dan ingatlah ilmu itu didapatkan dari soal artinya dengan pertanyaan, tentu bertanya pada yang ahli” ujar beliau terhadap para mahasiswa.

Lalu diakhiri oleh wakil dekan I fakultas tarbiyah UNIDA Gontor Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd, beliau menyampaikan hal-hal yang terkait kurikulum fakultas tarbiyah dan empat keunggulan dari UNIDA Gontor, diantaranya ialah :

  1. Menguasai tentang kepesantrenan
  2. Semua mahasiswa harus memahami tentang islamisasi ilmu
  3. Tentang pengembangan bahasa apapun prodinya semuanya harus bisa berbahasa arab dan inggris
  4. Ada hafalan qur’an

Dan beliau menyampaikan bahwasannya fakultas tarbiyah harus mempunyai keunggulan dan harus paham ilmu pendidikan islam serta memahami teori barat dan menguasainya dengan teori-teori islam. Kemudian diakhir acara ditutup dengan doa oleh K.H. Heru Saiful Anwar, M.A. [Sidik Niki Winata]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *