PBA UNIDA Gontor siap menyambut Para Peserta Lokakarya II Linguistik Korpus Arab di Indonesia

PBA UNIDA Gontor siap menyambut Para Peserta Lokakarya II Linguistik Korpus Arab di Indonesia

UNIDA Gontor–  Di Indonesia, secara umum kajian korpus Arab dianggap masih merupakan hal baru yang belum banyak dikenal. Maka dari itu, muncullah ide untuk membentuk kelompok pengembangan kajian bahasa Arab dengan pendekatan kajian linguistik korpus. Guna mewujudkan niat ini, maka PBA unida Gontor bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, termasuk Ponpes Tazakka, yang kemudian disebut sebagai Tim 8 Perintis Penyusunan Korpus Bahasa Arab di Indonesia dibawah naungan  IMLA (Ittihadu mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah) yang bekerjasama dengan center for Research and Intercommunication Knowledge – CFRIK, Riyadh, Saudi Arabia, mengadakan Lokakarya pertama penyusunan Linguistik Korpus Arab yang telah diselenggarakan pertengahan agustus 2017 silam di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai tindak lanjut langkah penyusunan Linguistik Korpus Arab di Indonesia, maka Tim 8 Perintis Penyusunan Korpus Bahasa Arab di Indonesia menyepakati PBA Unida Gontor untuk menjadi tuan rumah  acara Lokakarya Linguistik Korpus Arab yang ke dua.

Lokakarya II Linguistik Korpus Arab di Indonesia yang akan dihelat pada esok hari Selasa 16 Januari 2018  sampai dengan hari Kamis, 18 Januari 2018 akan menghadirkan beberapa narasumber Dr. Aly bin Ma’youf Al-Ma’youf dari Center for Research and Intercommunication Knowledge – CFRIK, Riyadh, Saudi Arabia, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, Ketua Umum PP IMLA (Ittihadu mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah), Prof. Madya Dr. Haslina Hassan, M.A dari International Islamic University, Malaysia, Totok Suhardijanto, Ph.D  dari Universitas Indonesia, Dr. Fokky Fuad, S.H., M.A dari Universitas Al Azhar Indonesia, dan Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A dari Universitas Darussalam Gontor.

Menurut informasi panitia pelaksana dari Prodi PBA Unida Gontor, jumlah peserta yang telah mendaftar telah mencapai 65 orang yang kesemuanya merupakan para pegiat dan pecinta bahasa Arab yang terdiri dari Kalangan Pengajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren, dan para dosen bahasa Arab yang merupakan utusan dari prodi PBA/BSA dari kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Diharapkan dari Lokakarya ke-dua ini, para peserta dan ahli/peneliti bahasa Arab mengenal, mendapatkan gambaran, dan mampu mempraktikkan model-model penelitian berbasis korpus bahasa Arab, dalam bidang linguistik teoritis, linguistik terapan, penerjemahan, kesusastraan, kebudayaan, dan pengajaran bahasa, juga mendapatkan gambaran tentang potensi sumber korpus bahasa Arab di Indonesia yang dapat dijangkau untuk dikumpulkan, dikompilasikan, dan didokumentasikan secara bertahap dan menyeluruh, selain itu, Lokakarya ini juga akan meyepakatinya rancangan sistem dan desain korpus bahasa Arab di Indonesia serta merumuskan  mekanisme pemerolehan bahan data korpus secara legal untuk bahan isi draf rumusan “Akad Pemerolehan Bahan Data Korpus Bahasa Arab” yang akan digunakan dalam proses pemerolehan bahan data korpus dari pemilik sumber.

Kemudian harapan yang tidak kalah pentingnya, adalah para peserta bersedia untuk bergabung ke dalam tim kerja penyusunan korpus bahasa Arab  dan berpartisipasi serta berkontribusi secara kelembagaan dan berkelanjutan. Semua ini dilakukan agar pelaksanaan penyusunan korpus arab di Indonesia berjalan dengan baik, cepat dan efektif sesuai dengan yang direncanakan. –yoke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *