Pelatihan Pemantaban Bahasa Arab Untuk Mahasiswi UNIDA Gontor Kampus putri

Pelatihan Pemantaban Bahasa Arab Untuk Mahasiswi UNIDA Gontor Kampus putri

Universitas Darussalam Gontor menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi dalam setiap kegiatan akademik dan non-akademik. Untuk mendukung kegiatan tersebut diperlukan pemantaban bahasa Arab bagi mahasiswa baik mahasiswa dari alumni Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) ataupun non PMDG. Program pemantaban dilakukan dengan berbagai cara seperti pelatihan maharah bahasa Arab, kelas bahasa, ujian bahasa dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Lembaga Bahasa, Prodi PBA, dan prodi-prodi lain yang memandang itu perlu.

Di antara program pemantaban bahasa Arab yang dilaksanakan oleh prodi PBA melalui Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) PBA UNIDA Gontor adalah pelatihan pemantaban bahasa Arab bagi mahasiswi. Acara ini diselenggarakan pada hari Ahad sampai Senin 27-28 Januari 2018 yang bertempat di Aula UNIDA Putri. Kegiatan ini yang diawali dengan pelaksanaan pretest bagi peserta kemudian pelaksanaan dan diakhiri dengan posttest. Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat peningkatan kemampuan peserta sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan ini.

Acara yang diikuti oleh lebih dari 71 mahasiswi regular dari berbagai macam program studi dilaksanakan dalam dua sesi utama. Pada hari pertama yaitu Ahad, 27 Januari 2018 kegiatan dipandu oleh Ust Yoke Suryadarma M.Pd.I, Dosen PBA UNIDA Gontor. Pada sesi ini mahasiswa dikenalkan dengan bagaimana mambaca dan menulis bahasa Arab dengan baik dan benar. Kemudian dilanjutkan dengan praktek membaca bacaan berbahasa Arab sesuai dengan teks yang telah disediakan untuk setiap. Selanjutnya pada hari kedua, sebagai pembicaranya adalah Al-ustadzah. Fitri Setio Rini M.Pd, Dosen PBA UNIDA, menyampaikan dua meteri yaitu maharatul istima’ dan maharatul kalam (kemampuan mendengar dan berbicara). Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan perfotoan bersama seluruh peserta dan juga seluruh pantia. /*Alif Cahya dan Alinda Zakiyatul F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *