Pelepasan KKN Mahasiswa UNIDA Gontor oleh Rektor ke Tiga Kecamatan di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

Pelepasan KKN Mahasiswa UNIDA Gontor oleh Rektor ke Tiga Kecamatan di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

UNIDA Gontor –  Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah merupakan salah satu kegiatan akademik perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat  sekaligus pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Begitu juga dengan mahasiswa UNIDA Gontor yang harus melaksanaakan kegiatan ini selama kurang lebih dua puluh hari pada bulan Ramadhan pada setiap tahun ajaran.

Pada tahun ajaran 2017-2018 ini KKN mahasiswa UNIDA Gontor dilaksanakan di tiga kabupaten yaitu kabupaten Ponorogo, Kediri, dan Ngawi Jawa Timur. Adapun kegiatan KKN di kabupaten Ponorogo menyebar dalam tiga kecamatan yaitu kecamatan Badegan, Sampung, dan Jambon. Sedangkan KKN Mahasiswi di kabupaten Ngawi dilaksanakan di Kecamatan Ngrambe dan KKN di kabupaten Kediri dilaksanakan di Kecamatan Kediri. Kegiatan KKN mahasiswa UNIDA Gontor  dimulai dengan pelepasan secara resmi oleh Rektor UNIDA Gontor sebelum peserta terjun ke masyarakat. Ini merupakan sunnah pelaksanaan kegiatan KKN di kampus UNIDA Gontor baik putra maupun putri.

Pelepasan mahasiswa KKN UNIDA Gontor dilaksanakan mulai hari Senin sampai selasa 6 – 8 Mei 2018 oleh bapak Rektor UNIDA Gontor. Pelepasan mahasiswa KKN dilaksanakan di Kampus Pusat UNIDA Gontor pada hari Selasa, 8 Mei 2018 sedangkan untuk mahasiswi dilaksanakan di Kampus Putri UNIDA Gontor pada hari Senin 7 Mei 2018 dan kampus putra Kediri pada hari Ahad, 6 Mei 2018.

Di hadapan mahasiswa peserta KKN yang berjumlah lebih dari 308 mahasiswa kampus Siman, Rabitah, dan Magelang, Bapak Wakil Rektor  UNIDA Gontor Dr Setiwan Bin Lahuri, M.A. menyampaikan urgensi pelaksanaan KKN mahasiswa UNIDA Gontor selain sebagai program akademik UNIDA Gontor tetapi juga sebagai sarana untuk mengabdikan diri pada pengembangan masyarakat Indonesia dari berbagai segi. Beliau menegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat mahasiswa UNIDA Gontor memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan KKN dari perguruan tinggi yang lain. Selain waktu pelaksanaan tetapi juga pada tujuan pelaksanaan KKN UNIDA Gontor yang lebih kepada membangun spiritual dan pribadi masyarakat dan bukan kepada membangun secara materi.

Pada kesempatan yang dihadiri oleh mahasiswa peserta KKN dan dosen DPL KKN, bapak wakil Rektor juga menegaskan bahwa mahasiswa UNIDA Gontor harus mampu membaur dengan masyarakat dan mewarnainya tanpa menimbulkan permasalahan. Hal tersebut akan menjadi tugas dan tanggungjawab yang berat bagi mahasiswa peserta KKN yang memiliki latar belakang masyarakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu mengidentifikasi, menganalisa, dan memahami pola sosial masyarakat yang ditempati.

Setelah pelepasan, mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing KKN menuju kecamatan dan pos KKN setiap kelompok untuk mengikuti pelepasan dan bersilaturahmi dengan tuan rumah setiap pos. Adapun jumlah peserta KKN mahasiswa UNIDA Gontor pada tahun akademik ini adalah 583 orang mahasiswa dan mahasiswi. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *