Pembagian Jadwal Fakultas Tarbiyah Semester Genap 2020-2021

Pembagian Jadwal Fakultas Tarbiyah Semester Genap 2020-2021

UNIDA Gontor – Siang, Senin, 16 November 2020. Tepat usai pengarahan umum oleh rektor, Fakultas Tarbiyah mengadakan rapat pembagian jadwal. Diawali pengarahan dari Dr. Agus Budiman, M.Pd sebagai dekan; acara berjalan sebagaimana biasa. Hal yang menarik, yaitu sudah 99,99% dosen sudah menginput nilai secara online. Berikut pula koreksian yang sudah selesai. Ini adalah sejarah. Karena, di Fakultas Tarbiyah memiliki banyak dosen senior.

Dalam hal penyusunan RPS, silabus, kurikulum, dan strategi yang dipersiapkan berupa konsolidasi materi ajar. Yakni mengundang dosen yang serumpun materi untuk menyusun dan memvalidasi. Secara bergiliran dan sesuai jadwal. Khususnya juga menyepakati referensi, topik inti pembahasan, dan lainnya.

Dalam formasinya, akan ada dosen yang senior dan junior. Sebagai transfer pengalaman, kaderisasi dan regenerasi kepada generasi muda. Meski tentu, dalam style mengajar dan lainnya akan ada improvisasi.

Dalam hal publikasi, pengelola jurnal di fakultas akan membuka untuk mempermudah publikasi karya ilmiah. Khususnya jurnal. Agar berbagai hal administratif dapat lebih berjalan. Karena, meski fakultas Tarbiyah termasuk fakultas lama, nyatanya gerakannya harus tetap seenergik yang lainnya.

Bapak Dekan juga menekankan Program Ungggulan Fakultas Tarbiyah tahun ini yaitu peningkatan layanan bagi mahasiswa dan dosen, baik akademik ataupun penunjang akademik. Mengawal data mahasiswa mulai sejak dini yaitu dari semester tiga. Serta menekankan agar semua prodi memaksimalkan pengawalan mahasiswa baik terhadap SIAKAD, berupa Pemrogaman KRS, AKPAM, Tahfidz, dan juga administrasi. Serta pelayanan khusus dan intensif untuk mahasiswa semester 10 ke atas agar bisa segera tuntas tugas studinya.

Beliau juga membahas pentingnya peningkatan pendampingan non akademik. Yaitu dari segi akhlak; yang akan banyak dilihat dari kegiatan di luar kelas. Yakni kegiatan asrama. Akan dicanangkan pula kegiatan seperti tausiyah ilmiah secara terjadwal. Dari dosen yang sepuh dan senior. Khususnya tausiyah untuk menghindarkan mahasiswa dari kesalahan berfikir dan merencanakan langkah akademik dan non akademik mereka di kampus ini.


(Muhammad Taqiyuddin, M.Ag/Ed: Muhammad Wahyudi, M.Pd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *