Pembekalan Studi Pengayaan Lapangan Fakultas Tarbiyah Tahun Akademik 2019/2020

Pembekalan Studi Pengayaan Lapangan Fakultas Tarbiyah Tahun Akademik 2019/2020

UNIDA GONTOR – Sabtu, 5 Oktober 2019, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor meggelar pembekalan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) untuk mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Bertempat di Hall Sirah Nabawiyah lt 2 acara ini di hadiri oleh Dosen PAI dan PBA.

Dalam kesampatan Pembekalan kali ini di sampaikan oleh Muhammad Wahyudi, M.Pd. Ka Prodi PBA. Ia mengatakan bahwa SPL ini merupakan media aplikasi dasar keilmuan yang dapat diandalkan, kegiatan pendidikan, penggalian ilmu, dan penggalian pengalaman dari obyek yang di kunjungi.

Adapun tujuan dilaksanakannya SPL ini: pertama, sarana menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan sebagai mitra dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kedua, memberikan wahana aplikatif keilmuan mahasiswa. Dan Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam keterlibatannya dengan masyarakat.

Selain itu, dalam kegiatan SPL ini juga melatih banyak keterampilan diantaranya adalah pertama, keterampilan bertanya, bagaimana menyampaikan pertanyaan dengan singkat, jelas, padat, dan mengarah. Kedua, keterampilan menyajikan penjelasan, bagaimana menyampaikan penjelasan dalam forum resmi dan non resmi dengan memperhatikan etika dan estetika penyampaian. Ketiga, Keterampilan Organisasi, kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir kegiatan dalam wadah kepanitiaan SPL bagi setiap peserta SPL. Dan Keterampilan Sosil, adalah keterampilan bersosialisasi dengan masyarakat yang menjadi objek kunjungan melalui interaksi sosial.

Lulusan Magister Pendidikan Bahasa Arab UNIDA Gontor ini menambahkan bahwa dalam pelaksanaan SPL harus melalui empat tahapan. Tahapan Persiapan, tahapan pembekalan, tahapan pelaksanaan dan tahapan pelaporan. Kemudian terdapat alur organisasi pelaksanaan SPL, tata tertib SPL dan Laporan SPL. Diakhir penyampaian materi, untuk menguji pemahaman mahasiswa dalam pembekalan ini diadakan pertanyaan oleh pemateri yang ditunjukan kepada perwakilan dari  mahasiswa PAI dan PBA. [Admin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *