Penutupan Program Usbu’ Araby Mtsn 2 Ponorogo Di Universitas Darussalam Gontor

Penutupan Program Usbu’ Araby Mtsn 2 Ponorogo Di Universitas Darussalam Gontor

UNIDA Gontor – program usbu’ araby bagi siswa dan siswi MTsN 2 Ponorogo merupakan bagian dari kerjasama Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor dengan lembaga tersebut sejak tahun 2016. Kerjasama kedua lembaga mencakup kegiatan lain seperti pengembangan keterampilan guru-guru bahasa Arab di Madrasah tersebut, pengembangan skill berbahasa siswa dan siswinya, serta program-program lain seperti penerjemahan buku dan Arabic camp.

Pada kesempatan ini, program usbu’ araby yang kedua setelah suksesnya pelaksanaan program usbu’ araby pada tahun lalu dilaksanakan pada tanggal 12 – 17 Maret 2018. Program ini merupakan program pembelajaran bahasa Arab bagi siswa dan siswi program bilingual yang dimiliki oleh MTsN 2 Ponorogo. Di samping itu program usbu’ araby tidak hanya membangun kemampuan bahasa Arab akan tetapi terdapat program-program pendukung lain seperti pembentukan karakter siswa dan siswi serta tahsin Qur’an.

Program pengembangan bahasa Arab siswa dan siswi MTsN 2 Ponorogo yang berjumlah 134 orang meliputi pembelajaran dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas yang meliputi pengembangan bahasa di asrama, kajian bahasa, dan pelatihan-pelatihan keterampilan bahasa Arab. Pembelajaran dilakukan oleh mahasiswa pascasarjana PBA, mahasiswa PBA, mahasiswa praktek dari USIM Malaysia. Kegiatan pembelajaran didukung penuh oleh panitia pelaksana dari mahasiswa prodi PBA bekerjama dengan Pusdiklat UNIDA Gontor.

Usbu Araby siswa dan siswi di tutup dengan acara pentas seni berbahasa Arab oleh seluruh peserta yang selama 1 minggu melaksanakan program kegiatan. Pentas seni dibuka oleh ketua Pusdiklat sekaligus ketua Prodi PBA UNIDA Gontor kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, wakil peserta, dan wakil wali siswa. Selanjutnya peserta menampilakan penampilan-penampilan yang sudah dilatih sejak awal seperti drama bahasa Arab oleh peserta putra dan putri, lagu berbahasa Arab,  Puisi bahasa Arab, Pidato bahasa Arab dan Vocal Group berbahasa Arab.

Penampilan-penampilan dalam prosesi penutupan program usbu’ Arabiy adalah upaya program ini untuk membangun keberanian peserta dalam menggunakan bahasa Arab dalam setiap kegiatannya. Sehingga mampu memberikan kesan bahwa bahasa Arab adalah merupakan bahasa yang familiar untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bukan merupakan bahasa yang susah sebagaimana seluruh siswa anggap selama ini. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *