Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor Telah Resmi Berdiri

Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor Telah Resmi Berdiri

Ponorogo – Dengan penuh rasa syukur Program Studi S1 Tadris Bahasa Inggris (TBI) di Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor akhirnya resmi memperoleh izin pendirian dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemenag RI. Senin, 17 Februari 2020 kemarin, Luthfi Muhyiddin, M.A. selaku utusan dari Universitas Darussalam Gontor menghadiri acara penyerahan SK Izin Operasional dari Dirjen Pendidikan Tinggi Islam (DIKTIS) Kemenag RI di kantor Kemenag Pusat, Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh 34 Lembaga Pendidikan Tinggi Islam se-Indonesia di bawah naungan DIKTIS Kemenag RI yang mengusulkan pembukaan program studi baru, baik di tingkat sarjana, magister ataupun doktoral.

Surat izin operasional tersebut diberikan kepada para pengusul yang telah mendaftarkan usulannya pada fase kedua program pembukaan prodi baru di tahun 2019 yang lalu. Seyogyanya surat izin operasional untuk prodi baru tersebut telah selesai dan dikeluarkan oleh DIKTIS Kemenag RI di akhir tahun 2019 yang lalu, namun karena adanya beberapa perubahan teknis birokrasi yang menyesuaikan dengan pergantian Menteri Agama di penghujung tahun lalu, maka surat izin operasional tersebut baru dapat diserahkan pada pertengahan bulan februari tahun ini.

Dalam acara tersebut juga dijelaskan mengenai program terbaru dari DIKTIS Kemenag RI, yaitu launching beberapa pedoman yang mencakup pengelolaan program studi baik di tingkat S1, maupun pada jenjang S2 dan S3, juga penjelasan mengenai pedoman CPL di semua program studi yang ada pada nomenklatur DIKTIS Kemenag RI sesuai dengan jenjang kualifikasi akademis untuk program S1, S2 dan S3. Pedoman-pedoman tersebut telah di unggah oleh pihak DIKTIS Kemenag di laman resmi sehingga dapat di akses dan diunduh secara online.

Menurut kasubdit, pengembangan Akademik DIKTIS Kemenag, yaitu Bapak Dr. Mamat Salamet Burhanuddin, M.Ag., surat izin operasional untuk program studi yang disetujui pembukaannya tersebut bukan lagi surat yang ditandatangani oleh Direktur DIKTIS Kemenag, melainkan langsung menjadi Keputusan Menteri Agama (KMA) tahun 2020. “maka surat izin operasional tersebut sangat istimewa”, demikian tutur beliau.

Dengan diterimanya Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang izin opersional Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) di Universitas Darussalam Gontor tersebut, secara resmi prodi S1 Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor membuka pendaftaran mahasiswa/i baru untuk tahun ajaran 2020-2021. [Luthfi Muhyiddin]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *