VISI, MISI DAN TUJUAN FAKULTAS TARBIYAH

VISI :

Menjadi Fakultas yang unggul di bidang metodologi pendidikan dan pengajaran Agama Islam, Bahasa Arab dan Inggris dengan sistem perguruan tinggi pesantren pada tahun 2025

MISI:

Rumusan misi Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran di bidang Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
  3. Menginternalisasikan nilai-nilai Kepesantrenan dalam sistem perguruan tinggi pesantren.
  4. Memperluas jaringan kerja (network) dengan berbagai lembaga Islam dan Bahasa di dalam dan luar negeri.

TUJUAN:

Rumusan tujuan Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor adalah sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam kerangka pengembangan Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
  2. Terselenggaranya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan metodologi pendidikan agama Islam dan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris berbasis Islamisasi Ilmu Pengetahuan kontemporer dan nilai-nilai kepesantrenan.
  3. Dihasilkannya insan yang beriman, berakhlaq mulia, berpengetahuan luas, berpikiran kreatif, menguasai 10 kompetensi dasar yang meliputi problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligent, judgement and decision making, service orientation, negotiation, dan cognitive flexibility yang mampu mengamalkan ilmunya secara kreatif, inovatif dan profesional, serta sanggup berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Terjalin kerjasama dalam berbagai bidang dengan lembaga, baik di dalam maupun luar negeri dalam rangka mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi, pengembangan SDM, dan penguatan jaringan kerja.

Sasaran Strategis
Untuk mencapai Visi, Misi, dan Tujuan, maka Sasaran Strategis Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor dirumuskan dalam kurun 2021-2025, sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kualitas pendidikan dan pengajaran melalui peningkatan SDM dan pemanfaatan teknologi dengan tetap berjiwa pesantren.
  2. Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan metodologi pendidikan agama Islam dan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris berbasis Islamisasi Ilmu Pengetahuan kontemporer dan nilai-nilai kepesantrenan.
  3. Meningkatnya kualitas mahasiswa dan alumni dengan berbagai kompetensi dalam bidang metodologi pendidikan dan pengajaran dengan tetap berjiwa pesantren sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  4. Meningkatnya kerjasama dan menguatnya jaringan kerja dengan lembaga, baik di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan Tri Dharma.