Rapat Evaluasi dan Tasyakuran Ujian Skripsi Fakultas Tarbiyah

Rapat Evaluasi dan Tasyakuran Ujian Skripsi Fakultas Tarbiyah

UNIDA Gontor – Sudah menjadi sunnah dan tradisi, di setiap akhir tahun, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor mengadakan Rapat Evaluasi dan Tasyakuran Ujian Skripsi (20/4/2020). Rapat ini diadakan di hall UNIDA Gontor Inn lantai 2. Agenda ini diadakan untuk mengebaluasi hasil kerja selama satu tahun ke belakang, sehingga bisa menjadi catatan tersendiri untuk lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Dengan dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Tarbiyah, menambah kesakralan rapat ini dan keharmonisan antar dosen.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Agus Budiman, M.Pd. mengutarakan sedikit uneg-unegnya tentang buku pedoman Skripsi milik Faukltas Tarbiyah. “Buku Pedoma ini harus benar. Tidak boleh salah. Karena buku ini akan dicontoh oleh mahasiswa. Maka, kita harus baca dan edit ulang buku ini sehingga bisa dijadikan contoh yang baik dan benar.”

Selanjutnya, setiap Kaprodi menyampaikan laporan Program Studi masing-masing. Dimulai dari Prodi tertua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) oleh Ustadz Saiful Anwar, M.Pd., Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) oleh Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd. dan terakhir Prodi Tadris BahLuthfi Muhyiddin, M.A. Semuanya menyampaikan hasil usaha, evaluasi dan program kerja untuk tahun depan.

Usai laporan tiap prodi, Bapak Dekan memberikan sedikit catatan umum terkait kemahasiswaan. “Kita ini perlu membuat tim pemantau.” Ungkap beliau singkat. Maksudnya, jangan sampai dosen Fakultas Tarbiyah kecolongan ada mahasiswa semester atas yang ternyata nilainya banyak yang belum lulus. Maka, untuk menghindari masalah ini, dosen kemahasiswaan di setiap prodi harus ada tim pemantau sejak mereka semester tiga. Jika ada yang belum lulus harus langsung dipanggil mahasiswa tersebut untuk diberikan arahan agar segera memperbaiki nilai yang belum lulus. Ini menjadi bukti kasih sayang dosen terhadap mahasiswanya, terutama Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah.

Ustadz Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd., selaku Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah juga ikut memberikan sedikit catatan penting. Beliau menyampaikan tentang pentingnya NIDN bagi seorang dosen. Jumlah dosen Faukltas Tarbiyah sudah banyak, hanya saja yang sudah memiliki NIDN hanya sedikit. Maka, harapannya, yang belum agar segera memprosesnya.

Penyerahan SK Rektor kepada Ustadz Rijal Khairuddin sebagai Sekretaris Fakultas Tarbiyah yang baru

Terkahir, Ustadz KH. Heru Saiful Anwar, M.A, Wakil Dekan Tarbiyah menyampaikan hasil keputusan rektor tentang pergantian pengurus internal Fakultas Tarbiyah. Yang pertama, Ustadz Ahmad Rijal Khairuddin, M.Pd., diamanahi menjadi sekretaris Fakultas Tarbiyah menggantikan Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd. Yang kedua, Ustadzah Ifa Rodifah Nur, M.Pd., diberi amanah untuk menjadi penanggungjawab Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor.

Penyerahan SK Rektor kepada Ustadzah Ifa Rodifah Nur sebagai Bagian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Tarbiyah yang baru

Acara selanjutnya adalah pemaparan persiapan Seminar Internasional dan Education Festival Fakultas Tarbiyah yang disampaikan oleh Ustadz Luthfi Muhyiddin, M.A. dan Ustadz Ahmad Danis, M.Pd. sebagai koordinator utama kedua acara besar tersebut. Rencananya, Seminter dan Edufest akan dilaksanakan pada bulan Desember semester ganjil 2020 ini.

Acara yang tidak kalah penting adalah evaluasi tentang ujian skripsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah. Banyak sekali poin-poin yang disampaikan oleh para dosen penguji skripsi. Masalah teknis proses sidang skripsi, kualitas skripsi mahasiswa, dan lain sebagainya. Intinya, semua dosen Fakultas Tarbiyah berharap agar ke depannya proses sidang skripsi semakin baik. Tentu dibarengi dengan semain baiknya kualitas skripsi mahasiswa Fakultas Tarbiyah.

Sebagai penutup acara, setelah melaksanakan sholat dzuhur seluruh dosen Fakultas Tarbiyah menikmati makan siang yang sudah disiapkan di hall resto UNIDA Inn. Semoga Fakultas Tarbiyah semakin berkembang, berkah dan bermanfaat untuk ummat. [Abu Afnan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *