Rihlah Tarwihiyyah Lughawiyah: Membangun Kebersamaan dan Meningkatkan Bahasa Mahasiswa KUIS dan USIM Malaysia

Rihlah Tarwihiyyah Lughawiyah: Membangun Kebersamaan dan Meningkatkan Bahasa Mahasiswa KUIS dan USIM Malaysia

UNIDA Gontor – Program pemantaban bahasa dan karakter mahasiswa/i dari USIM Malaysia dan KUIS Malaysia di UNIDA Gontor telah memasuki tahap pengembangan keterampilan bahasa. Di antara program tersebut adalah pelatihan khitabah arabiyah, syi’ir arabi, insya’ arabiy, ghina’ arabiy, musabaqoh al arabiyah dan lain sebagainya. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa peserta pelatihan keterampilan dalam menggunakan bahasa Arab di berbagai kegiatan. Di samping itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk membangun mental mahasiswa/i dalam menampilkan keterampilan bahasanya di depan publik.

Diantara program pengembangan keterampilan tersebut adalah Rihlah Tarwihiyyah Lughawiyah yaitu program pengembangan bahasa di luar kampus UNIDA Gontor. Program ini diawali dengan pembekalan oleh panitia kepada peserta dan pembimbingan kegiatan yang akan dilakukan di tempat tujuan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai dari hari Selasa-Jum’at, 8-11 Mei 2018 dibeberapa tempat yang sudah disetujui oleh bapak Rektor. Rombongan yang berjumlah 60 orang mahasiswa/i peserta dan 10 panitia dilepas oleh bapak Wakil Rektor III, Dr. H. Abdul Hafidz Zaid, M.A.

Selanjutnya rombongan bersilaturahmi dan mengadakan diskusi tentang pengembangan bahasa Arab di Pondok Gontor Kampus 3 Kediri dan Pondok Gontor Putri Kampus 5 Kandangan. Rombongan disambut dengan hangat oleh Bapak Pengasuh Pondok Gontor Kampus 5 Kandangan, Ust. Hamim Syuhada, M.Ag. dan dilanjutkan dengan diskusi dan photo bersama di depan gedung Santiniketan.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah wanawisata Gunung Bromo dan beberapa tempat di Malang Jawa Timur. Kegiatan ini diisi dengan berbagai program peningkatan bahasa diantaranya adalah musyahadatul al film dengan bahasa Arab, perlombaan-perlombaan bahasa Arab seperti Pidato bahasa Arab, debat bahasa Arab, baca puisi Arab, dan lain sebagainya. Rihlah Tarwihiyah Lughawiyah yang dibimbing oleh Ust Syamsul Arifin, M.Pd., Ust Muhammad Wahyudi, M.Pd., dan Ust Ahmad Kali Akbar, M.Pd. juga bertujuan untuk memberikan suasana berbeda bagi peserta yang sudah terlalu sibuk dengan kegiatan akademik selama lebih dari satu bulan. Sehingga mereka mampu menyegarkan kembali pikiran, hati, dan tenaga mereka untuk menghadapi kegiatan selanjutnya.

Di akhir kegiatan ini, mahasiswa/i akan berkunjung ke Lembaga Pengkajian Bahasa Arab Masjid Sunan Ampel Surabaya dan selanjutnya kembali ke UNIDA Gontor untuk program-program peningkatan bahasa Arab lainnya. (Alif Cahya Setiyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *