Seminar Internal Tentang Metodologi Penelitian Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor

Seminar Internal Tentang Metodologi Penelitian Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Demi meningkatkan kualitas dosen dalam proses penelitian, maka, Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor mengadakan seminar internal tentang metodologi penelitian (Sabtu, 4/4/2020). Acara ini diadakan di hall multimedia, gedung utama lantai III Universitas Darussalam Gontor. Dalam kesempatan ini, hadir Bapak Dekan beserta wakil dekan yang sekaligus menjadi pemateri dalam seminar ini; Dr. Agus Budiman, M.Pd., KH. Heru Saiful Anwar, M.A., dan Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd. Sebagai peserta, hadir segenap dosen Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor.

Selain untuk kepentingan penelitian dosen itu sendiri, seminar ini juga ditujukan agar dosen-dosen Fakultas Tarbiyah lebi menguasai metodologi penelitian ini sebagai bekal untuk membimbing mahasiswa dalam penelitian tugas akhirnya.

Dalam sambutannya, Dr. Agus Budiman menekankan betapa pentingnya menguasai metodologi penelitian. “Metodologi penelitian itu penting. Jangan sok jago penelitian. Mengapa? Karena metodologi penelitian itu banyak macamnya. Sampai sekarang, saya pribadi juga masih belajar. Kita semua harus terus belajar agar dapat menguasai metodologi penelitian”. Hal ini disampaikan karena melihat kebanyakan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa berakhir begitu saja. Seharusnya, skripsi itu bisa lebih dimanfaatkan. Minimal bisa diterbitkan di jurnal. Ungkap beliau dalam mengakhiri sambutannya.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi penelitian kualitatif oleh Dr. Agus Budiman, M.Pd., library research oleh KH. Heru Saiful Anwar, M.A., sedangkan penelitian kuantitatif disampaikan oleh Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd. Seminar ini dimulai pukul 08.45 WIB sampai waktu dzuhur, kemudian dilanjutkan lagi hingga acara selelsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *