Sosialisasi LED dan AMI UNIDA Gontor

Sosialisasi LED dan AMI UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Senin (30/11), Biro Penjamin Mutu (BPM) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyelenggarakan Rapat Koordinasi guna Sosialisasi Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan  Formulir Audit Mutu Internal (AMI) Program Studi untuk siklus Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UNIDA Gontor tahun ajaran 2020/ 2021. Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Senat UNIDA Gontor ini dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Biro Penjamin Mutu UNIDA Gontor, Al-Ustadz Dr. Mohammad Muslih, M.Ag. dan mengundang segenap jajaran Kepala Program Studi dan Penanggung Jawab Penjaminan Mutu Program Studi di UNIDA Gontor.

Dalam Rapat Koordinasi kali ini, Dr. Mohammad Muslih menyampaikan sejumlah poin krusial terkait berjalannya progres penjaminan mutu di UNIDA Gontor. Di antaranya adalah bahwa Sistem Penjaminan Mutu kali ini langsung diawasi oleh KEMENDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan KEMENRISTEKDIKTI (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi).

Guna mencapai itu, manajemen Universitas harus ‘sehat’ baik dari sisi hardware maupun softwarenya. Hardware mencakup Struktur Organisasi Unit-Unit yang ada dalam Universitas, mencakup ke’diri’an institusi secara internal, sinkronisasinya dengan Unit lainnya, baik yang ada di atasnya maupun yang di bawahnya. Sementara Software adalah perangkat atau instrumen pendukung kerja seperti Pedoman, Juklak, Juknis, SOP (Standard Operational Procedure), Sistem Informasi, dan lain sebagainya.

Konsekuensinya kemudian adalah bagaimana setiap Unit mampu mengawal Struktur Organisasi (SO) berjalan dengan benar dan efektif. Sebagaimana contoh, adalah validasi di mana letak unsur ‘Pengawas’, ‘Pimpinan dan Manajemen’, ‘Administrasi’, dan lain sebagainya terpetakan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *