Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan Mahasiswa PBA Laksanakan Studi Pengayaan Lapangan (SPL)

Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan Mahasiswa PBA Laksanakan Studi Pengayaan Lapangan (SPL)

UNIDA Gontor – Selasa malam (27/03/208) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) memberangkatkan rombongan mahasiswi yang terdiri dari 35 orang mahasiswi  semester 2 dan 4 untuk Studi Pengayaan Lapangan (SPL) ke beberapa lembaga pendidikan di Jawa Tengah diantranya PP Darul Falah Amtsilaty, SD Hidayatullah, UIN Walisongo Semarang dan IKPM Semarang. Kegiatan ini dibimbing oleh K.H. Heru Saiful Anwar, M.A. Wadek Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, Alida Zakiyatul F, M.Pd., dan Astuti Syifaurrahmah, M.Pd.-Dosen PBA UNIDA Gontor.

Studi Pengayaan Lapangan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada peserta mahasiswa perkembangan situasi dan kondisi pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Diharapakan dari peserta kemampuan untuk mengambil pelajaran dan berkontribusi untuk memajukan pendidikan dan pembelajran bahasa Arab di Indonesia. Oleh karena itu, objek studi pengayaan lapangan difokuskan untuk menggali proses pengajaran bahasa Arab dilembaga pendidikan bahasa Arab disamping penggalian informasi dan pengetahuan tentang pendidikan di Indonesia secara umum.

Studi Kependidikan yang dilaksanakan dari tanggal Rabu sampai Kamis 28-29 Maret 2018 di 5 objek utama yaitu PP Darul Falah Amtsilaty, SD Hidayatullah Semarang, UIN Walisongo Semarang, dan IKPM Cabang semarang. Pada objek pertama, mahasiswi menggali proses dan melakukan praktek belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode amtsilaty sebagai salah satu kekayaan pemebelajaran bahasa Arab di Indonesia. Selanjutnya, kegiatan dilanjukan dengan melihat sistem pendidikan di salah satu SD terkenal dan berprestasi dalam tingkat nasional yaitu SD Hidayatullah Semarang. Dalam kunjungannya, mahasiswa diberi kesempatan untuk melihat secara langsung proses pendidikan di sekolah tersebut dan melihat penampilan-penampilan dari siswa dan siswi SD Hidayatullah. Objek ketiga adalah UIN Walisongo Semarang dan disambut hangat oleh Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. Muhibbin, M.Ag. di ruang Rektor. Dalam sambutannya, pembimbing SPL menyampaikan bahwa UIN Walisongo dan UNIDA Gontor memiliki misi yang sama sebagai perguruan tinggi Islam untuk menyerbarkan Agama Islam ke seluruh penjuru Indonesia dengan pendekatan sosial yang baik berdasarkan dengan teori yang diajarakan dalam ruang perkuliahan.

Kegiatan SPL Mahasiswa/i Prodi PBA adalah merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa semester 2 dan 4. Kegiatan ini tidak bersifat wajib dan hanya sebagai sarana pengembangan diri mahasiswa melalui proses melihat langsung proses pendidikan dan pengajaran bahasa Arab di beberapa lembaga pendidikan yang memiliki karakteristik tersendiri dalam hal tersebut. Hal tersebut dibutuhkan agar mahasiswa mampu untuk melihat dengan lebih tajam realita pendidikan dan pengajaran bahasa Arab serta mampu menganalisa berdasarkan pengetahuan yang mereka dapatkan didalam ruang perkuliahan. (Alif Cahya Setiyadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *