Zawaya Nuhat PBA UNIDA Gontor Gelar Roadshow Dauroh Intensif Pendalaman Nahwu Sorof

Zawaya Nuhat PBA UNIDA Gontor Gelar Roadshow Dauroh Intensif Pendalaman Nahwu Sorof

Mojokerto – Alhamdulillah, Zawaya Nuhat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor (Komunitas Pencinta Kajian Gramatika Arab Civitas Akademika UNIDA Gontor) tahun ini menyelenggarakan roadshow perdananya dengan menyelenggarakan program “Dauroh Intensif Pendalaman Nahwu Sorof ” untuk santri/mahasantri Gontor. Program intensif ini diselenggarakan selama 5 hari, dari tgl. 30 November – 4 Desember 2017, bertempat di pondok pesantren Daruttamam kec. Dawar Blandong Mojokerto.

Program ini diikuti oleh 8 peserta yang berasal baik dari dalam maupun luar negeri, ke delapan peserta tersebut adalah :

  1. Zaki kelas 5 KMI Gontor 1 asal Mojokerto
  2. Dano kelas 3 KMI Gontor 2 asal Sidoarjo
  3. Akbar mahasiswa UNIDA Gontor asal Bandung
  4. Arifuddin mahasiswa UNIDA Gontor Malaysia
  5. Azhar mahasiswa UNIDA Gontor asal Malaysia
  6. Rusyaidi mahasiswa UNIDA Gontor asal Malaysia
  7. Abdurrahman mahasiswa UNIDA Gontor asal Malaysia
  8. Fattah mahasiswa UNIDA Gontor asal Malaysia

Selama 5 hari, dari lepas subuh sampai malam, 8 santri yang berasal dari dalam negeri dan negeri jiran ini, “digembleng” wawasan dan pengetahuannya untuk menguasai kaidah kaidah dasar bahasa Arab (nahwu), dengan metode yang  didesain asyik dan menyenangkan, karena kaidah kaidah nahwu dan sorof yang selama ini terkesan sulit dan membosankan mampu disederhanakan dan disajikan dalam suasana menyenangkan melalui kaidah kaidah nahwu yang diformat dalam bentuk nyanyian dan lagu.

Disamping “gemblengan” penguasaan teori gramatika arab tingkat dasar, para peserta/salik juga dibimbing untuk latihan menganalisa susunan kalimat Arab sesuai kaidah kaidah nahwu dalam kajian kitab 40 hadist keutamaan ilmu dan ulama yg disampaikan di setiap pertemuan.

Sehingga manfaat yg diperoleh peserta tidak hanya sekedar hafal dan menguasai kaidah-kaidah dasar ilmu nahwu, namun juga mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis makalah Arab plus menganalisa kalimat kalimatnya (i’rob). Dan yg tak kalah pentingnya adalah substansi 40 hadist keutamaan ilmu dan ulama yg dikaji selama program, diharapkan bisa memantik kembali semangat mereka dalam berjuang menuntut ilmu di gontor dan selepas dari Gontor nantinya.

Walaupun program intensif ini hanya berlangsung selama 5 hari, namun bimbingan selepas program kepada masing masing peserta tetap berlanjut dalam bentuk kontrol dwi mingguan di kampus mereka masing-masing. Semoga dari sini akan lahir mujahid – mujahid bahasa Arab Gontor sekaliber K.H Imam Zarkasyi dan K.H Imam Syubani (pengarang Durusullughoh Gontor) dan beberapa asatidz Gontor yang sudah mendahului kita. Khoirul Fata, Lc, M.A (Khodim Zawaya Nuhat UNIDA Gontor Kampus Siman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *