Bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah Unida Gontor, PMI Dea Malela sukses menyelanggarakan Dauroh Lughowiyah

Bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah Unida Gontor, PMI Dea Malela sukses menyelanggarakan Dauroh Lughowiyah

 

Pesantren Modern Internasional Dea Malela yang terletak diDusun Pemangong Desa Lenangguar, Kec. Lenangguar, Kab. Sumbawa Nusa Tenggara Barat, mengadakan Dauroh Lughowiyah yang bekerjasama dengan Fakultas Trabiyah Unida Gontor, bertujuan untuk menyiapkan santri-santriwati dengan kompetensi berbahasa Arab yang memupuni, khususnya di empat keterampilan utama yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis Arab.

Keterampilan berbahasa akan tumbuh dengan latihan yang berkelanjutan dan terus menerus. Demi menstimulus santri-santriwati dalam kebahasaan diadakanlah Dauroh Lughowaiyah untuk seluruh santri PMI Dea Malela dimulai Kamis malam 3 Februari 2022 yang dibagi menjadi empat kelompok. Kegiatan yang melibatkan seluruh unsur Pesantren, setiap kelompok diisi oleh satu narasumber dan jajaran guru ikut mengawal kegiatan sejak awal hingga akhir. Salah satu tujuan utama diadakanna douroh  ini adalah untuk meningkatakan kualitas bahasa santri, imbuh al-ustadz. Fawwaz Abdul Wahid, S.H.I., selaku pembimbing kegiatan. Ada empat keterampilan yang menjadi fokus pada Dauroh Lughowiyah di Pesantren yang didirikan pada tahun 2016 oleh Prof. Dr. KH. M. Dien Syamsuddin, M.A.,  ini antara lain:

  1. Maharatul Istima’ (keterampilan mendengar) adalah keterampilan yang bertujuan melatih seluruh perserta agar bisa dan biasa mendengar percakapan berbahasa Arab dari penutur asli. Adapun materi yang dipilih dari youtube dan beberapa sumber elektronik yang bisa dipahami dan didengar oleh santri-santriwati PMI Dea Malela. Karena tujuan utama dari keterampilan mendengar adalah mendengarkan, kemudian memahami materi yang didengarkan. Setelah memahami apa yang didengar dapat menyampaikan dengan kosa-kata dan idiom yang didapatkan dari audio-video yang didengarkan. Materi ini disampaikan oleh al-Ustadz. Muhammad Wahyudi, M.Pd. Dosen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah, sekaligus Direktur Direktorat Pengembangan Bahasa UNIDA Gontor.
  2. Maharatul Kalam (keterampilan berbicara) adalah keterampilan yang berorientasi untuk melatih seluruh peserta agar lebih banyak praktek berbicara, akan tetapi sebelum berbicara narasumber memberikan beberapa idiom dari berbagai jenisnya, bagaimana mengucapkan terima kasih, meminta maaf, mengucapkan selamat dan idiom-idiom yang lainnya. Target yang ingin dicapai dari keterampilan ini adalah seluruh santri dapat mengekspresikan percakapan dengan tatanan bahasa Arab yang baik dan benar. Materi ini disampaikan oleh al-Ustadz. Dedi Mulyanto, M.Pd. Dosen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor.
  3. Maharatul Qiro’ah (keterampilan membaca) adalah keterampilan yang berorientasi untuk meningkatkan kemampuan seluruh peserta dalam membaca buku berbahasa Arab. Dengan kemampuan membaca ini diharapkan dapat membantu santri-santriwati untuk lebih bisa memahami materi ajar yang berbahasa Arab, dan fokus materi ada pada pengenalan materi Nahwu-Shorf secara praktek langsung. Materi ini disampaikan oleh al-Ustadz. Muhammad Syamsul Arifin, M.Pd., Dosen Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan juga Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) UNIDA Gontor.
  4. Maharatul Kitabah (Keterampilan Menulis) adalah keterampilan yang bertujuan meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Arab. Materi yang disampaikan oleh al-Ustadz. Ahmad Kali Akbar, M.Pd., Dosen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, memacu seluruh santri-santriwati untuk merangkai kata-kata dalam kalimat, adawatul-robth, menulis Insya’ dasar dan materi yang menstimulus untuk menulis dengan baik. Walupun materi kitabah tapi juga menguatkan keterampilan berbicara.

 

Setelah melaksanakan pelatihan untuk seluruh santri-santriwati kelas VII-XII sebanyak 8 kali pertemuan, dengan empat sesi, sesi I pukul 07.30 – 09.30, sesi II pukul 10.00-12.00, sesi III pukul 16.20 – 18.00, dan sesi IV pukul 20.30 – 22.00. Seluruh santri-santriwati sangat aktif dan semangat seluruh sesi, sejak pembukaan hingga penutupan acara. Semoga dauroh lughowiyah ini bisa membantu meningkatkan bahasa Arab santri-santriwati PMI Dea Malela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *