Konsorsium Dosen Pengampu Mata Kuliah Fakultas Semester Gasal TA 2022-2023

Konsorsium Dosen Pengampu Mata Kuliah Fakultas Semester Gasal TA 2022-2023

Konsorsium pengampu mata kuliah adalah proses transmisi keilmuan dan pengalaman terkait RPS mata kuliah fakultas antara dosen senior dan dosen junior. Pada hari Rabu, 08 Juni 2022 di Ruang Laboratorium Multimedia, Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor melaksanakan konsorsium pengampu mata kuliah fakultas. Selain dalam rangka silturrahim, adanya proses estafet pengalaman mengajar juga sangatlah penting, karena keilmuan masing-masing dosen harus senantiasa diperbaharui dan dikontrol secara berkala.

Acara yang dihadiri oleh 30 dosen tersebut dipimpin oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dimulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Dr. Agus Budiman, M.Pd. mengutarakan dalam sambutannya, “Budaya ilmu di fakultas harus senantiasa diwariskan dan dijaga.” Sebagaimana pohon, ilmu dengan banyak manfaatnya inilah yang sudah sepatutnya dijaga, pun diamalkan dan diestafetkan agar semakin banyak yang memetik keberkahannya.Apalagi Fakultas Tarbiyah, yang sangat jelas arahnya untuk menjadi seorang pendidik. “Mata kuliah Profil Pendidik harus berasaskan kepada konsep insān kāmil,” demikian tambahnya.

KH. Heru Saiful Anwar, M.A., selaku Wakil Dekan 3 dan Kepala Senat Fakultas, menegaskan bahwa konsorsium ini akan difokuskan pada brainstorming terkait RPS mata kuliah fakultas. Metode inilah yang digunakan memecahkan berbagai masalah dan menghasilkan beragam ide baru sebanyak mungkin dengan cepat, logis, spontan, dan kreatif.

Setelah beberapa pengarahan disampaikan, pengampu mata kuliah per tim berkumpul sesuai mata kuliahnya. Kemudian setelah konsorsium mencapai kesepakatan, hasilnya harus dirapatkan lagi di tingkat senat fakultas dan ditetapkan kemudian. [Au. Riza]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *