Maklumat Ketetapan Sidang Judul Skripsi (2022-2023)

Maklumat Ketetapan Sidang Judul Skripsi (2022-2023)

Dengan ini kami dari Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, mengumumkan hasil ketetapan sidang judul skripsi:

  1. Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima dengan Revisi” dan “Belum Diterima” dapat mengajukan judul kembali selambat-lambatnya hari Jum’at, 15 April 2022 pada link berikut: link PAI & link PBA dan dapat berkonsultasi kepada penanggungjawab masing-masing Prodi.
  2. Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima” dapat segera menyusun proposal penelitian sesuai dengan ketentuan berikut pada link ini.

Program Studi Pendidikan Agama Islam

No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 Agus Dwi Prasetio B PENERAPAN PENDIDIKAN ADAB MELALUI METODE PEMBIASAAN (Studi Kasus di SD Islam Ar-Risalah Slahung, Ponorogo) Diterima  
2 Wahyu Setiawan B Pola Pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi Muallaf (Studi kasus program pembinaan muallaf di Masjid Al-Mahdi Kampung Islam Kusamba klungkung Bali) Diterima  
3 Muhammad Rizal Firdaus B Implementasi metode baca tulis Al-Qur’an bagi anak yang memiliki keterlambatan kognitif di sekolah inklusi TK PAS Baitul Qur’an Ngabar Ponorogo Diterima  
4 Ahmad Syafi’i Ma’arif / 402019112042 B Pola Pembentukan Creative dan Inovation Skill bagi Santri di  Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 1 Diterima  
5 Desiam Annisa Fitri Weni C1 IMPLEMENTASI MODEL HOMESCHOOLING UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS PRACTICAL LIFE DIYAYASAN PENDIDIKAN HIAMA Diterima  
6 Putri Nabila Assalma C1 Analisis Mutu Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) 1 Tanjung Pandan, Belitung Diterima  
7 Miftahul Alayya Jannah C1 Implementasi Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SIDIKMU) dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surabaya Diterima  
8 Adilah Azmi C1 BIMBINGAN KONSELING MELALUI PENDIDIKAN TERAPI AL-QUR’AN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023 Diterima  
9 Sabila Adzhani C1 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD INTIS SCHOOL, YOGYAKARTA Diterima  
10 RENITA KURNIAWATI C2 Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sragen Diterima  
11 Naila Nahdlia Ifada C2 IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL’QUR’AN DI TPQ NURUL HIDAYAH JAKENAN PATI Diterima  
12 Rindang Rabi’ah Adawiyah C3 Pembentukan Akhlak melalui program Bina pribadi Islami (BPI) di SDIT Az zahra sragen Diterima  
13 Annisa’a Hidayati Dianti C1 TEKNIK PEER COUNSELING (KONSELING SEBAYA) UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA DALAM KEHIDUPAN BERASRAMA
(Studi Kasus Mahasiswi Anggota Zona Tahfidz UNIDA Gontor Putri)
Diterima  
14 Uzlifatul Jannah C3 Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Pada Masa Pubertas Santriwati Kelas 4 KMI (Kulliyyatul-l-Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Diterima  
15 ALWI AHMAD FAIZIN A1 Model Integrasi Pendidikan Orang Tua dan Pendidikan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak di Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Diterima  
16 Diventi Kiki Susekti C1 Pola Pembentukan Creativity Skill Pada Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi kasus di PMDG Putri 1) Diterima  
17 Nur Iqsan A1 IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA  DI MTS DARUL FIKRI KAUMAN PONOROGO Diterima Dengan Revisi IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA  DI MTS DARUL FIKRI KAUMAN PONOROGO
18 Moch. Ilham Ramadhani A1 IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Sumberejo Sukorejo Ponorogo) Diterima Dengan Revisi IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Sumberejo Sukorejo Ponorogo)
19 Muhammad Syahid Ridwan A1 Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam Peningkatan Leterampil baca Al-Qur’an. (Studi kasus di SMPIT Qurrata A’yun Ponorogo) Diterima Dengan Revisi Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist. (Studi kasus di SMPIT Qurrata A’yun Ponorogo)
20 Akhmad Rizaldy A1 Penerapan Sistem Full Day School dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI di SMP IT Qurrota A’yun Ponorogo Diterima Dengan Revisi Penerapan Sistem Full Day School Pada Pembelajaran PAI di SMP IT Qurrota A’yun Ponorogo
21 Rofiul Syam Sidiq B Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan spritual intellegence santri ( studi kasus MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo ) Diterima Dengan Revisi Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam Penanaman spritual intellegence santri   (Studi kasus MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo )
22 Muslimin Bin Misri /402019112058 C1 Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Materi PAI di SD Arrisalah Diterima Dengan Revisi konfirmasi pembelajaran Blended Learning di tempat penelitian
23 Masita Nuril Arifiani C1 Peran Komunitas Satoe Atap Dalam Pembinaan Moral Anak Miskin Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang Diterima Dengan Revisi Peran Komunitas Satoe Atap Dalam Pembinaan Moral Anak Jalanan  Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang
24 Khofifah Aulia Hasri C1 Implementasi pendidikan karakter dengan menerapkan budaya 5s (senyum sapa, salam, sopan, santun) siswa Di SD Negeri 151 Pekanbaru Diterima Dengan Revisi Penerapan budaya 5s (senyum sapa, salam, sopan, santun) dalam pendidikan karakter  siswa Di SD Negeri 151 Pekanbaru
25 shofiya arohmah wati  C1 implementasi kurikulum unfikasi (Integrasi Sains, Bahasa dan Alqur’an) Studi kasus di SMA trensains sragen  Diterima Dengan Revisi direkomendasikan untuk fokus pada satu kelas tertentu
26 Khoirunnajah C1 IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL HIKMAH CIPAYUNG DEPOK Diterima Dengan Revisi IMPLEMENTASI TEKNIK ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL HIKMAH CIPAYUNG DEPOK
27 Rizqi Lestari C1 Implementasi Pembentukan Kecerdasan Intrapersonal Pada Santri Kelas 5 Rayon Baru Kulliyatul Mu’allimat AL islamiyyah Gontor Putri Kampus 1 Diterima Dengan Revisi Pembentukan Kecerdasan Intrapersonal Pada Santri Kelas 5 Rayon Baru Kulliyatul Mu’allimat AL islamiyyah Gontor Putri Kampus 1
28 Arinda Dwi Prasasti C2 PERAN MAJELIS TAKLIM AL-MUTTAQIN
SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM
MEREVITALISASI PENGETAHUAN AGAMA ISLAM
(Studi Kasus di Majelis Taklim Al-Muttaqin di Desa Pandean,Kecamatan  Dongko, Kabupaten Trenggalek).
Diterima Dengan Revisi Perlu studi pendahukuan terkait program di majlis ta’lim
29 Agnasalisa Inas C3 Pola penanaman adab dengan metode langsung terhadap santriwati gontor putri 3 Diterima Dengan Revisi Pola Penanaman adab dengan Metode sosial emotional learning di PMDG Putri 3
30 Sharevi Nurfaira Halizah C3 Model Pembentukan Miliu Interaksi Sosial Pondok Modern Darussalam Gontor dalam Menanggulangi Kepribadian Introvert Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Diterima Dengan Revisi Model Pembentukan Kecerdasan Interpersonal  di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2
31 Rajendra Nur Pallasta A1 Implementasi kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) dalam membentuk karakter religius siswa
(Studi kasus di SMPIT Qurrata ‘yun Ponorogo)
Diterima Dengan Revisi Implementasi Pembelajaran PAI Pada kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), Studi kasus di SMPIT Qurrata ‘yun Ponorogo
32 Irfan hidayat / 402019112262 B strategi in-hause training dalam peningkatan kompetensi guru di pondok modern darussalam gontor Diterima Dengan Revisi Strategi Peningkatan kompetensi guru di Pondok Modern Darussalam Gontor. Dalam rumusan masalah membahas keseluruhan kompetensi guru yaitu  pada Bagaimana Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian
33 Anggara Aulia Syahidin / 402019112043 B Pembentukan Karakter Spiritual melalui Hidden Curriculum berbasis pendidikan pesantren Diterima Dengan Revisi Pembentukan Karakter Spiritual melalui Hidden Curriculum dalam sistem pendidikan Pesantren di PMDG
34 Yulianur Zulkarnain C2 MANAJEMEN PENGELOLAAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DIPANTI ASUHAN FATIMAH AZ ZAHRA MAGELANG Diterima Dengan Revisi MANAJEMEN PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DIPANTI ASUHAN FATIMAH AZ ZAHRA MAGELANG
35 Alfi Nur Rosyidah C1 PENDIDIKAN SEKSUAL DI MADRASAH INKLUSIF STUDI KASUS MI AR-ROIHAN LAWANG PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS  KELAS 2 TAHUN AJARAN 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Pola Pembelajaran Materi Aqidah Aklak Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Inklusif MI AR-ROIHAN Lawang 
36 Nabila Fakhrozi Puteri C1 Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasrana di SD Muhammadiyah Manyar Ditinjau dari PERMENDIKNAS No.24 Tahun 2007 Diterima Dengan Revisi Mencari permendiknas terbaru dari Pemerintah untuk analisis kelayakan Sarana dan Prasaran Sekolah
37 Adhisma Jannata Ardana Riswari C1 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN MILITER DI SMAN 3 TARUNA ANGKASA Diterima Dengan Revisi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Pembinaan Militer di SMAN 3 TARUNA ANGKASA (dengan catatan fokus “internalisasi Nilai-nilai PAI” telah diterapkan di lembaga tersebut)
38 Ashfia Husna Fikroti Al-Ahya C3 IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN (APEL TAHUNAN PEKAN PERKENALAN KHUTBATU-L ‘ARSY) DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SANTRIWATI KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 Diterima Dengan Revisi NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN APEL TAHUNAN PEKAN PERKENALAN KHUTBATU-L ‘ARSY KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 (STUDI FENOMENOLOGIS)
39 Adnun Yelipele 492019112039 B Upaya Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di MI Merasugun Asso di Desa walesi Wamena Papua Belum diterima pertimbangan lokasi penelitian
40 Siti Raihanah Najla Saleh C1 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI WEB GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SKI SISWA KELAS IV MI DOWORA Belum diterima DIARAHKAN UJI  EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DENGAN 
41 Uswatun Khasanah Asy Syifaindria Putri  C1 IMPLEMENTASI BUKU PENGHUBUNG SEBAGAI UPAYA KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA ANAK KELAS 2  DI SD MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO Belum diterima Istilah implementasi buku penghubung  
42 Nishfi Nurin Nada C1 INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICT (Information and Communication Technology) TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA SMP BINA TECNO INSAN KAMIL TUBAN, JAWA TIMUR Belum diterima fokus judul tidak sesuai dengan pendektan kuantitatif
43 Khansa Mujahidah Az-Zahra C1 Analisis Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking) Pada Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI Kelas VI Di SDN 1 Tawangrejo Ngawi Belum diterima pendekatan judul dengna kuantitatif dan sulit dikaji
44 ivena faiz rizki C1

IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATED LEARNING DAN KURIKULUM NASIONAL DI SEKOLAH CENDEKIA BAZNAS
Belum diterima konfirmasi terkait ada atau tidaknya penerapan KURIKULUM INTEGRATED LEARNING di lokasi penelitian
45 ivena faiz rizki C1 ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP DAN SPIRITUAL PADA MATERI PAI KELAS 7 SMP DI SEKOLAH BAZNAS


Belum diterima pendekatan judul dengna kuantitatif dan sulit dikaji
46 irmada nadiva jb C2 implementasi tilawatil qur’an dalam penyembuhan anak berkebutuhan khusus di pondok pesantren ainul yakin gunung kidul yogyakarta Belum diterima sudah pernah ditelaah
47 Ropiatus Sakinah C2 Implementasi Metode Baghdadi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Hasyimi Jombang, Jawa Timur Belum diterima FOKUS PENELITIAN SUDAH SERING DIKAJI
48 Mutiara Erisqi Rama Gesta C3 Implementasi Disiplin Pondok Terhadap Karakter Siswi Kelas 5 di Pondok Pesantren Al-Ishlah Lamongan Belum diterima TIDAK ADA KEBAHARUAN DALAM PENELITIAN
49 Lisa Dwi Saputri C3 Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di MAN 3 Ngawi Belum diterima Fokus Penelitian sudah sering dikaji
50 RENITA KURNIAWATI C2 Efektifitas Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Peserta Didik Di MI Nurussalam Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
51 Muhammad ‘Alimul Fikri A1 Implementasi kegiatan kepramukaan terhadap Problem solving skill dan Creativity skill pada santri Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
52 Wantomo Diar Gumelar A1 Implementasi Strategi Quantum Learning Dalam Mengoptimalkan PrestasiI Belajar Siswa Di SMP TERPADU PONOROGO Tahun Ajaran 2022-2023 Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
53 Mohammad Iqbal Gusti Rakasiwi A1 UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 9 DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO Belum diterima Fokus Penelitian sudah sering dikaji
54 Arsyad Khoirul Ma’arif A1 “Peran guru al-qur’an dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-qur’an siswa di kelas 1 di pondok pesantren Al-Iman ponorogo” Belum diterima FOKUS SUDAH SERING DIKAJI
55 Muhammad Fajar A1 STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN LITERASI KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS 1 SMP DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JETIS PONOROGO Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
56 muhamad fakhriyendi rizkullah A1 IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI PONDOK PESANTREN AL-MUJTAMA’ AL ISLAMI LI TAHFIDZIL QUR’AN Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
57 Muhammad fajri Shiddiq A1
 EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MUHADATSAH YAUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM BAHASA ARAB SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PONOROGO
TAHUN AJARAN 2022-2023
Belum diterima Fokus Penelitian Bukan ranah PAI
58 Pitaloka Jati Kumolo Dewi C1 Peran Pengurus Asrama Dalam Menangani Permasalahan Adaptasi Lingkungan Santri Baru Kelas 1 Kulliyatul Mu’allimat Islamiyyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
59 diventi kiki susekti C1 pola pembentukan kreativitas komunikasi santriwati kelas 6 dalam public speaking : studi kasus PMDG Putri 1 Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
60 Verdiana Maratus Sholekhah C1 PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI GANGGUAN KOMUNIKASI PADA
MATA PELAJARAN FIQH DI MA NURUL HUDA SUKARAJA
SUMATERA SELATAN
Belum diterima FOKUS PENELITIAN PADA ASPEK KOMUNIKASI BUKA RANAH PAI
61 Tia Puspita Sari  C1 konsepsi adab bagi santriwati pondok modern darussalam gontor putri kampus 2 Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
62 Arinda Dwi Prasasti C2 PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA PESERTA DIDIK  DI SMP NEGERI 3 TRENGGALEK Belum diterima FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN
63 Rini Maulida C2 UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA SISWI KELAS VI SD IBS DARUL HIJRAH BANJARBARU Belum diterima MODEL TGT Sudah sering ditela’ah pendekatan fokus penelitian tidak sesuai dengan metode kualtitaf. Menguji efektifitas model pembelaran dengan pendekatan Eksperiment atau PTK
64 Arinda Dwi Prasasti C2 IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PAI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL DI KAMPUNG IDIOT PONOROGO Belum diterima konfirmasi jika implementasi nilai-nilai PAI untuk kesehatan Mental telah diterapkan di kampung IDIOT Ponorogo
65 Habsari Nur Hidayah C2 “IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 DLANGGU MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2022-2023 M” Belum diterima Fokus Penelitian terlalu sempit jika dikaji dari pendekatan Kualitatif
66 Yulianur Zulkarnain C2 KONSEP POLA ASUH SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN PENDIDIKAN ISLAM DI PANTI ASUHAN FATIMAH AZZAHRA MAGELANG Belum diterima  
67 Rizki Putri Utami C3 Peran Organisasi Dalam Mengembangkan Kompetensi Soft Skill Anggota Organisasi Pondok Modern OPPM Gontor Putri Kampus 3  Belum diterima fokus Penelitian tidak ada 
68 Nur Mawaddah Islamiyah C3 PENERAPAN METODE RESITASI (PENUGASAN) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SEORANG GURU DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMUS 1 Belum diterima Tidak kompatible dengan lokasi penelitian
69 Lala Sovi C3 Implementasi Hidden Curricullum Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Santriwati Kelas 5 Gontor Putri Kampus 1 Belum diterima FOKUS SUDAH SERING DIKAJI
70 Wardah Hani Nabila C3 PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS 6 KMI DI PMDG KAMPUS 1 TAHUN AJARAN 1443/2022 Belum diterima Uji Pengaruh menggunakan pendekatan kuantitatif dan tidak ada keunikan dari fokus penelitian
71 Amanda Najla Krisnandya Armansyah C3 Peran Guru terhadap Peningkatan Wawasan Keagamaan melalui Metode Cerita (Studi Kasus Santriwati Kelas 6 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1) Belum diterima tidak kompatible dengan lokasi penelitian
No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 Achmad Faqi Hidayatullah A1 Pengaruh Religiusitas Terhadap Kemampuan Mengatasi Stres (Coping Stress) Santri Kelas 1 Intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo 2 Tahun Ajaran 2021-2022 Diterima Istilah (Coping Stress) dan Tahun dihapus pada judul tetapi dibahas di BAB III
2 Muhammad Muhyil Daffa Fauzan A1 KORELASI EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS III DI MTSS DARUL FIKRI PONOROGO Diterima  
3 Muhamad Fajar A1 “Efektivitas model pembelajaran WBL Web Based Learning dengan platform Moodle dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa Berpikir HOTS pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTsN 2 Ponorogo”. Diterima Variabel Y satu saja (hasil Belajar) 
4 Rizqiya Oceani Puteri C1 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS 7 SMP WACHID HASYIM PRAMBON SIDOARJO Diterima Eksperimen 
5 Biddami Fatkhi C1 Efektifitas Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar PAI siswa kelas IX SMPN 2 Ngantang Diterima Tambahkan kota 
6 Yuni Sholihah C1 Pengaruh penilaian autentik model penilaian kinerja terhadap hasil belajar materi fiqih kelas 2 MI Salafiyah Syafi’iyah Desa Panca Agung Diterima  
7 fadilla askia hasina C1 pengaruh academic burnout terhadap hasil belajar siswa kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Diterima  
8 Amalia Afizah C1 PENGARUH PEER COUNSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 PONDOK MODERN ARRISALAH PONOROGO Diterima  
9 Aina Nur Hilmy Harahap C2 Pengaruh Model Pembelajaran Role Reversal Questions Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IX di MTsN 1 Magetan Diterima  
10 EKA RETNO ANGRIANI C2 PENGARUH SOAL BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN  FIQIH SISWA KELAS 3 DI SEKOLAH MIN MBALEASRI 13 NGARIBOYO MAGETAN

JUDUL II: “ PENGARUH KARAKTERISTIK MEDIA MASA INTERNET TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MIN MBALEASRI 13 NGARIBOYO MAGETAN”
Diterima Kata MATA PELAJARAN dihapus, kata SEKOLAH  dihapus 
11 Zalfa Pudja Syahputri C2 Pengaruh Metode Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Fiqh Di MI Nurussalam Kelas 5 Diterima ditambahkan nama kota
12 Zalfa Pudja Syahputri C2 Pengaruh Teknik One Minute Paper Terhadap Hasil Belajar Fiqh Di MI Ma’arif Grabag Magelang Diterima  
13 Edwy Melinia rezeky Nurcahyani C2 Pengaruh Penerapan Strategi Guided note taking terhadap pemahaman pada materi sejarah kebudayaan islam(SKI) kelas lll Mi Nurussalam Ngawi Diterima Terhadap Hasil Belajar 
14 Fatimah Nurmala C2 Pengaruh Strategi Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas II MI Nurussalam Mantingan Ngawi Diterima  
15 Serli Gabena Hasibuan C2 Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP I Kwadungan Diterima  
16 liszaadah C2 “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang Tahun Ajaran 2021-2022” Diterima Hasil Belajar SKI 
17 Salsabila Nafis Raihanah Syafiq C2 PENGARUH SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS 10 DI MADRASAH ALIYAH 1 TAKERAN MAGETAN Diterima Hasil Belajar SKI 
18 Aisyah Eidelweis Wiwit Setia Timoer C2 Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Aisyiyah Full Day Pandes Wedi Klaten Diterima  
19 SOFIA PUTRI SYAHIDA C3 PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI KEPRAMUKAAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1  Diterima  
20 Nurul Baiti Salma Nugraha C1 Efektifitas model pembelajaran Dick and Carey terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 2 Muntilan Diterima  
21 NUKE ELOK ELVINA C1 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME : ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI QUR’AN HADIST KELAS 7 MTS  Diterima Dengan Revisi Media pembelajaran diganti selain game untuk standar MTS- diperbolehkan menggunakan game untuk tingkat SD 
22 Nilam Budi Kusuma Wardani C1 PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON KEBUMEN Diterima Dengan Revisi Variabel Y diganti selain motivasi belajar (disesuaikan dengan teori)
23 Isnaeni Lutfia Pramesti C1 PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL KELAS IX DI SMP NEGERI 2 ADIMULYO TAHUN AJARAN 2021/2022 Diterima Dengan Revisi Hasil belajar PAI, Moral siswa SMP NEGERI 2 ADIMULYO bukan kelas, tahun ajaran dihilangkan di judul dan dibahas di BAB III 
24 Febriyanti Nadya Nur Laili C1 HUBUNGAN KONTROL DIRI TERHADAP INTERNET ADDICTION PADA SISWA KELAS 6 A MADRASAH IBTIDAIYYAH MAMBAUS SHOLIHIN Diterima Dengan Revisi Kelas 6 A dihilangkan (Populasi seluruh siswa MI)
25 Abdiah Salamah C1 Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Etika dan Moral Siswa di MA Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan Diterima Dengan Revisi Variabel Y etika saja 
26 Ana Fitriana C1 Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Kemampuan Ranah Afektif Pada Materi Akidah Akhlak di SMPN 1 NGAWI Diterima Dengan Revisi Variabel Y Hasil Belajar Materi Akidah Akhlak (Ranah Afektif sulit untuk diukur)
27 miftakhul jannah C1 hubungan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri santri baru di pondok modern darussalam gontor putri kampus 2 Diterima Dengan Revisi hubungan kecerdasan emosional terhadap (diganti dengan) penyesuaian diri santri baru di pondok modern darussalam gontor putri kampus 2
28 MUTIARA SAFIRA C1 Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi PAI Kelas IV di SDN 1 Cilegon Diterima Dengan Revisi Hasil Belajar PAI 
29 Hafilda Rizqi Azizah C2 PENGARUH MEDEL PEMBELAJARAN COOMPARATIVE INTERGRETED READING AND COMPOSATION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII SMPIT INSAN KAMIL TUBAN  Diterima Dengan Revisi Hasil belajar SKI 
30 Jasirawati C2 Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTS Roudlotul Banat Kab. Sidoarjo Jawa Timur Diterima Dengan Revisi Hasil belajar PAI 
31 Fitri Siyami C2 PENGEMBANGAN BUKU PINTAR DINCA (DINIYYAH EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI SISWA MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL HUDA SORONG Diterima Dengan Revisi PENGARUH BUKU PINTAR DINCA (DINIYYAH EDUCATION) TERHADAP HASIL BELAJAR (PELAJARAN APA)DI MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL HUDA SORONG
32 Shella Dina Nabila C3 Pengaruh Penggunaan Media Belajar Afkar Ceria Terhadap Keaktifan Belajar Materi PAI Pada siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Sambirejo Diterima Dengan Revisi variabel Y menggunakan hasil belajar 
33 hidayatus sholikhah C1 PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 4 BOJONEGORO Diterima Dengan Revisi Dipastikan sekolah tersebut menerapkan blended learning 
34 Nadia Yudanta Gisang C3 Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Prestasi Belajar pada materi Tarikh Islam kelas 4 di pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun ajaran 1443-1444 Diterima Dengan Revisi Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar pada materi Tarikh Islam kelas 4 di pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun ajaran 1443-1444
35 Hafilda Anisa C3 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWI KELAS 5D PADA MATERI FIQH (BIDAYATUL MUJTAHID) DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 PERIODE 2022/2023 Diterima Dengan Revisi Jika Tindakan menggunakan Metode disarankan Lokasi selain di KMI Gontor
36 Latifah Rosyid Amin Yuliana Dewi Rusty C2 Pengaruh Hasil belajar Akhlak terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VII Muhammadiyah Boarding School Wonosari Gunungkidul Diterima Dengan Revisi Variabel X diganti dengan hasil belajar Akidah Akhlak 
37 Ariibah Radita Ayu Candrika C3 Pengaruh Disiplin Ibadah Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswi Kelas 4 KMI Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3 Diterima Dengan Revisi Pengaruh Hasil Belajar Fiqh  Terhadap Disiplin Ibadah Siswi Kelas 4 KMI Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3
38 Aisya Rahma El-Fani C3 Pengaruh Metode Qiro’ati dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santriah Ma’had Al-Muqoddasah li-tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Apakah metode Qiroati sudah diterapkan di Muqaddasah? Jika sudah sebaiknya diteliti menggunakan metode kualitatif. Sebaiknya jangan mengeksperimenkan metode hafalan baru di Muqaddasah karena sudah paten dan teruji 
39 Sal Shakhiba Albira Nanda Hanafi C3 Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan terhadap kinerja pengurus rayon siswi kelas 4 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Diterima Dengan Revisi Variabel X1 diganti variabel lain (Baca teori dulu) seluruh pengurus rayon tidak perlu dipersempit kelas 4 
40 Wulan Noviyanti Asyarah C2 Pengaruh Strategi Pelayanan Bimbingan Konseling Islami Menggunakan Keterampilan Eksplorasi Terhadap Peningkatan Karakter Siswa Berkepribadian Aktif maupun Pasif Di Kelas 6 SD Negeri 001 Sangatta Selatan Tahun 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Variabel Y bagaimana mengukurnya? 
41 Drew Valasantria Aisyah Putri Ferrari C3 Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Materi Fiqih Kelas 3F KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Diterima Dengan Revisi cari strategi yang lain 
42 Zulfa Uswatun Hasanah C3 Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Akademik Remaja di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Diterima Dengan Revisi Variabel X diganti 
43 hafild rizqi azizah C2 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELASVIII SMPIT INSAN KAMIL TUBAN Belum Diterima Sudah ada judul yang sama persis
44 Hajizah Indah Santoo C2 Pengaruh Media Pembelajaran Vidio Terhadap Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta Belum Diterima Video tidak mempengaruhi HOTS, harusnya HOTS yang mempengaruhi kemampuan siswa
45 Fahrur Roji A1 Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Anggota Zona Al-Qur’an Universitas Darussalam Gontor Belum Diterima Variabel X diganti 
46 Nur Ainun Fadilah C1 Pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 MUTILAN Belum Diterima Variabel X diganti 
47 Viqra Sofi Aulia C1 Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Attaqwa 27 Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering dikaji
48 sundari C2 PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VI MI NURUSSALAM Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering dikaji, ganti model pembelajaran lebih spesifik 
49 Aina Nur Hilmy Harahap C2 Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IX di MTsN 5 Ngawi Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering dikaji
50 Eva febrianingsih  C2 “Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pedidikan Agama Islam Di Sekolah SDN 010 Malinau Kota” Belum Diterima  
51 Jihan Manida C2 Pengaruh Penggunaan Metode Modelling the Way terhadap Hasil Belajar Materi Fiqih peserta didik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Belum Diterima  
52 fatasya nur azizah C2 PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Belum Diterima  
53 liszaadah C2 “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Moral Siswa Kelas V di SDIT Rabbani Kendal” Belum Diterima  
54 juairiyah C2 EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
AKIDAH AKHLAK PADA SISWI KELAS III MI PAGERWOJO SIDOARJO
Belum Diterima  
55 Dinni Triana Dewi C2 PENGARUH RELIGIUSITAS MADRASAH DAN PRESTASI BELAJAR PAI TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS V DI SD AISYIYAH FULL DAY PANDES Belum Diterima  
56 Sumayyah Karimah C2 Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Psikologi Anak Belum Diterima  
57 nur fadilah C2 PENGARUH METODE DEMONSTRASI
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V SDIT RABBIRADHIYA CURUP BENGKULU
Belum Diterima  
58 Sekar Winnis Chairunnisa C3 Pengaruh Metode Problem Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswi Pada Pelajaran Fiqh Kelas 3int H Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Belum Diterima Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran
59 Wafiq ‘Azizah C3 Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh (Bidayatul Mujtahid) Kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gntor Putri Kampus 3 Periode 2022-2023 Belum Diterima Vaariabel X diganti 
60 Cindy Santika Febriyanti C3 Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Materi Fiqh (Bidayatul Mujtahid) Kelas 5F Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode 2022/2023 Belum Diterima Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran
61 Nahdiana Efrila Tianova C3 Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswi Pada Mata Pelajaran Fiqh 3F Dipondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Belum Diterima Metode Pembelajaran sudah dikaji
62 Rizka Verdiana C3 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Tarikh Islam Kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Belum Diterima  
63 ROSYIDA RAKHMANIA MUHA C3 Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar dalam Materi Tarikh Islam Kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2021-2022 Belum Diterima Ganti judul, permasalahn 
64 Herdina Fatma Rizkiza C3 Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Materi Tajwid Terhadap Hasil Belajar Santriwati Kelas 1F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 tahun 2022-2023 Belum Diterima Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran
65 DESI TRI UTAMI C3 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH ISLAM DI KELAS 1 INT D DI PMDG PUTRI 3 TAHUN 2022/2023 Belum Diterima Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran
No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 hafilda rizqi azizah C2 PENDIDIKAN MENTAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MENURUT ZAKIYAH DARAJAT DAN J. DAVID SMITH Diterima  
2 Adinda Citra Bhayangkara C2 FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM BADIUZZAMAN SAID NURSI: Studi Tentang Konsep Keluarga dan Akhlak dalam Risalah Nur Külliyati // ISLAMIC EDUCATIONAL PHILOSHOPY ACCORDING TO BADIUZZAMAN SAID NURSI: A Study of The Concept of Family and Moral reform in the Risalah Nur Külliyati Diterima Dengan Revisi Belum diteliti sebelumnya
3 Mukhammad Robbyal Asasi A1 KONSEP TA’DIB MENURUT AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP ISTAC Diterima Dengan Revisi Apa relevansi Ta’dib dengan ISTAC
4 ILMA NAFI’A ZUHRIA FEBRIZA C2 “PERBANDINGAN KONSEP MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI DAN ANAK PEREMPUAN MENURUT PERSPEKTIF RASULULLAH S.A.W. DAN DR. KHALID AHMAD AS-SYANTUT” Diterima Dengan Revisi KONSEP PENDIDIKAN ANAK  LAKI-LAKI DAN ANAK PEREMPUAN MENURUT PERSPEKTIF  DR. KHALID AHMAD AS-SYALTUT”
5 Frida Avid Chusnul Khotimah C1 Studi Komparasi Konsep Pendidikan Budi Pekerti menurut Burhanuddin Az-zarnuji dan Ki Hajar Dewantara Diterima Dengan Revisi Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Burhanuddin Az-zarnuji dan Ki Hajar Dewantara. (Studi Komparasi)
6 Muhamad Fakhriyendi Rizkullah A1 Konsep Pendidikan karakter anak dalam islam menurut Dr. Adian Husaini Belum Diterima Ganti Tokoh
7 sundari C2 KONSEP ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI Belum Diterima sudah pernah dikaji
8 Fitri Siyami C2 POLA ASUH OTORITER-DEMOKRATIS DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG REMAJA PERSPEKTIF Al-QUR’AN (Telaah Tafsir Tarbawi Terkait Pengasuhan Anak) Belum Diterima fokus tidak jelas
9 Maudyna Alfanny Ariyadi C1 Konsep dan strategi pendidikan akhlak pada anak menurut ibnu miskawaih Belum Diterima sudah pernah dikaji
10 Jihan Laurenza Alwi C2 Pendidikan Anak Usia Dini Berlandaskan Pemikiran Al-Ghazali Belum Diterima mencari fokus yang lain
11 Alzan Azizah C2 Konsep Wanita Karir Perspektif Dr. Yusuf Qardhawi dan Kaitannya Terhadap Pola Asuh Pendidikan Anak Belum Diterima mencari fokus yang lain
12 Annisa Umardi C3 NILAI KETELADANAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM NOVEL “JANJI” KARYA TERE LIYE Belum Diterima Tidak disarankan menela’ah Novel/Film
13 zena uslyfatul aini C2 konsep pendidikan anak pada masa golden age menurut kitab manhaj at tarbawiyah an – nabawiyah lit – tifl karya muhammad abdul hafidz suwaid Belum Diterima fokus penelitian tidak memiliki banyak referensi
14 ALIZA NUR AZIZAH C3 Pengaruh Jamaluddin Al-Afghani dalam Pemikiran Muhammad Abduh terhadap Pendidikan Islam  Belum Diterima fokus judul tidak relevan 
15 Erika Desi Sanjaya C2 pendidikan anak dalam keluarga perspektif Abdullah Nashih Ulwan Belum Diterima sudah pernah diteliti
16 Najwa Karima Ramadhani C3 PENDIDIKAN MENTAL SEORANG GURU MENURUT K.H IMAM ZARKASYI Belum Diterima referensi tentang pendidikan mental karya Imam Zarkasyi  (belum banyak)
17 Fia Azizah C2 KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DAN HADIST DARI ABU YA’LA DARI AISYAH RA Belum Diterima sudah pernah diteliti
18 Mafazatun Nafisah C3 NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAH AL-QASHASH AYAT 77 KAJIAN TAFSIR AL-MAROGHI “KARYA AHMAD MUSTHOFA AL-MAROGHI” Belum Diterima sudah pernah diteliti
19 Ahmad Zaky Amilul Firdaus  A1 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. H. M QURAISH SHIHAB, MA. (Kajian Buku Membumikan Al-Qur’an) Belum Diterima tokoh tidak fokus dalam bidang Pendidikan
20 Thoriq Majid Rahmadias A1 Sifat sifat pendidik dalam Surah An-Nahl ayat 125 menurut Tafsir Al-Munir Belum Diterima sudah pernah diteliti (surat an-nahl tidak membahas sifat pendidikan tapi terkait metode pembelajaran)
21 Karel Muntazor / 402019112047 B NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ PADA SURAT HUD AYAT 52-56 Belum Diterima dalam surat tersebut tidak banyak membahas terkait pendidikan akhlak
22 muhammad chaidar al faruq B Konsep Pendidikan Anak Pada Surat Luqman Ayat 12-19 Belum Diterima sudah pernah diteliti
No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 Abror almufa Siregar A1 Penerapan Metode Sosiodrama pada mata pelajaran Tarikh Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3A di Pondok Modern Raudhatussalam Riau tahun ajaran 2022-2023 Diterima  
2 Bunga Wardah Kaddihani Fauzi C3 Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3H Pada Materi Faroidh Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vizual, Intellectual) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Peningkatkan  Hasil Belajar Siswa Kelas 3H Pada Materi Faroidh Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vizual, Intellectual) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022-2023
3 Nadiah Ramadhani C3 Peningkatan hasil dan keaktifan belajar siswi pada materi tarikh Islam dengan strategi peer lesson kelas 2F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Diterima Dengan Revisi Peningkatan hasil  belajar siswi pada materi tarikh Islam dengan strategi peer lesson kelas 2F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Tahun Ajaran 1443/1444
4 Muhamad Nurfahbiansyah  A1 IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN VIDIO BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH BAB HAJI KELAS 2 D DI Pondok Pesantren Ar-Risalah Slahung  Diterima Dengan Revisi Diterima dengan judul diubuh “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN VIDIO BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS 2 D DI Pondok Pesantren Ar-Risalah Slahung  TAHUN AJARAN 2022-2023”
5 Imam Muslim A1 Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2A Di Pondok pesantren Al-iman Putra Ponorogo Diterima Dengan Revisi Diterima “Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2A Di Pondok pesantren Al-iman Putra Ponorogo TAHUN AJARAN 2022-2023”
6 Ahmad Nazar Fakhury B Implementasi media Tree Carth Series dalam meningkatkan pembelajaran Dinul Islam di PMDG kampus 2 Madusari Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Diterima “Implementasi media Tree Carth Series dalam meningkatkan Hasil Belajar pembelajaran Dinul Islam Kelas…… di PMDG kampus 2 Madusari Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 (Spesifikasi kelas Dinul Islam Kelas Apa ??? 3C,atau 4 D??? Judul:  Meningkatkan Hasil belajar Pada Materi Dinul Islam…)
7 ZIAUDDIN FARHANI B PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARIKH ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE WORD SQUARE KELAS 1H KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 2 Diterima Dengan Revisi Diterima “PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARIKH ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE WORD SQUARE KELAS 1H KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 2 Tahun ajaran 1443/1444
8 Daffa Thorif Murtadha B Penerapan Media Gambar Sketsa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kelas 3 Int k di PMDG  Diterima Dengan Revisi Penerapan Media Gambar Sketsa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kelas 3 Int k di PMDG  Tahun 1443/1444 diterima : Untuk menambahkan Tahun ajaran (Mungkin dipenjelasan bisa ditulis dalam skripsinya pembuatan sketsa dijudul hadist apa saja)
9 Jihan Safitri Indraswari C1 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SANTRIWATI DALAM PEMBELAJARAN TARIKH ISLAM SISWI KELAS 2I PMDG PUTRI 2 TAHUN AJARAN 2022/2023

Diterima Dengan Revisi Konfirmasi apakah Strateginya mungkin bisa dicari yang lebih sesuai serta apakah meningkatkan Keaktifan atau Hasil Belajar???
10 Sila Isworo C2 PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING MELALUI MEDIA KUIS DENGAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI-MIPA-3 DI SMAN 1 KEDUNGWARINGIN TAHUN AJARAN 2022-2023  Diterima Dengan Revisi Revisi dijudul PENERAPAN  MEDIA KUIS DENGAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI-MIPA-3 DI SMAN 1 KEDUNGWARINGIN TAHUN AJARAN 2022-2023 (dikurangi startegi diganti dengan media)
11 Galih Ozy Maulina C1 Penerapan Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ushul Fiqh Kelas 4G di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Belum Diterima Strategi Belum tidak sesuai dengan pembelajaran Ushul Fiqh
12 Mahfud Hidayat A1 MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 MTS PADA MATERI AQIDAH AKHLAQ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI PONPES DARUL FALLAH SUKOREJO TAHUN AJARAN 2021-2022 Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering di Kaji
13 Roby Willi Antoro  A1 Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh menggunakan metode kooperatif tipe Question Student Have siswa kelas 7 dipondok pesantren Darul Fikri Kauman Ponorogo tahun ajaran 2022-2023.  Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering di Kaji
14 Hasnan Habibi A1 Meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih dengan strategi cooperative learning siswa kelas 2 MTs di Pondok Pesantren Darul Fikri Kauman tahun ajaran 2022-2023 Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering di Kaji
15 Dani Wahyu Setianto A1 Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh menggunakan metode demonstrasi siswa kelas III A di SDN 02 Demangan tahun ajaran 2022-2023 Belum Diterima tidak ada kebaharuan dalam tindakan yang dipilih
16 Ahmad faris nur mustofa A1 Upaya Peningkatan Hasil Belajar Santri Dalam Pelajaran Tarikh islam dengan menggunakan metode Card Sort Pada kelas 2 Pondok modern al-islam nganjuk tahun pengajaran 2022/2023 Belum Diterima Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode
17 Nabil Salman A1 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-FISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQH KELAS 2C DI AL IMAN PONOROGO Belum Diterima Media Audio-Visual perlu dispesifikkan dalam bentuk atau jenis apa?
18 Fajar ikhwana A1 Penerapan model cooperative learning tipe group resume pada mata pelajaran tarikh islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas 2B KMI di pondok pesantren al iman ponorogo 2022-2023 Belum Diterima Model Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode Pembelajaran
19 kharisma hadi setiawan 402019112059 B Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Tajwid Kelas 2c Di Pondok Moderen Ar-Risalah Slahung Ponorogo Belum Diterima Metode sudah sering digunakan dan dikaji tidak ada kebaharuan dalam tindakan yang dipilih
20 Ananda Putri Diah Utami C1 PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWI KELAS 2H
PADA MATERI TARIKH ISLAM DI GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN
AJARAN 2022-202
Belum Diterima Sudah ada yang lebih awal mengajuka Dengan strategi dan materi yang sama
21 Rini Maulida C2 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQH KELAS VI SD IBS DARUL HIJRAH
TAHUN 2022/1443
Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering di Kaji
22 Uly Anisa Luthfi Kamilah C3 Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Materi Al-Qur’an Hadist Dengan Strategi Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas 5C Di MI Nururssalam, Mantingan Ngawi Belum Diterima Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode
23 Lina Nur Widyanti C3 PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 3H DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 Belum Diterima Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode
24 Siti Rokhayati C3 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM  KELAS 3H DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 2022-2023 Belum Diterima Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitian di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode
25 Tsania Zahroh Ilyun C3 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID PADA KELAS 1L KULLIYATU-L MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN, NGAWI, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1442-1443 H/ 2022-2023) Belum Diterima Model Pembelajaran sudah sering di Kaji
26 Yunita Mardiani C3 Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswi Kelas 1K Pada Materi Fiqh Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022/2023 M Belum Diterima Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode
27 Gumilang Eka Fadhyla A1 Penerapan Metode Pakem Pada Mata Pelajaran Durusul Lughah Al-Arabiyah Dalam Meningkatkat Hasil Belajar Di Kelas 1 Di Pondok Miftahussurur Mojokerto Tahun Pembelajaran 2021/2022 Belum Diterima Metode perlu ada kebaharuan dan materi bukan ranah PAI

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 YULIA DWI CAHYA AJIZI C2  METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AZHARI MESIR PONDOK PESANTREN DAARUL UKHUWWAH PUTRI 1 MALANG TP. 2022-2023 M Diterima   
2 Dewi Alfi Saniyyah C1 UPAYA GURU DALAM MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV B di MI AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023 Diterima   
3 Ainun Jariah C3 Analisis Kesalahan dalam Penulisan Fi’il, Maf’ul Bih dan Jar Majrur pada pelajaran Insya’ Kelas 2 KMI PMDG Putri Kampus 2  Diterima dengan revisi Analisis Kesalahan dalam Penulisan Jumlah Fi’liah pada pelajaran Insya’ Kelas 2 KMI PMDG Putri Kampus 2  
4 Mely Puspitaningrum C3 STUDI ANALISIS PENCIPTAAN LINGKUNGAN BERBAHASA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR BERDASARKAN PERSEPEKTIF KH.IMAM ZARKASYI Diterima dengan revisi Lingkungan Bebahasa di PMDG Putri Kampus 1 (Studi Diakronik)
5 Iim Nur Inayah C1 ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTS NEGERI 3 BOYOLALI DI MASA PANDEMI COVID 19 Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
6 Syarifah Ambami C3 Analisis Kesalahan Umum Dalam Penyampaian Kosa Kata Baru Kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Periode 1443-1444 Belum Diterima Fokus masalah tidak jelas dan kurang spesifik
7 Nurmayahati Mulia Putri C3 Analisis Problematika Maharah Kitabah dalam Penulisan Insya’ Kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2021/2022 Belum Diterima Fokus masalah tidak jelas dan kurang spesifik
8 LUTHFIYA RAFIKA RAHMAH C3 Pembuatan Kamus Saku (Kosa Kata Mufrod dan Jamak) sebagai Media Tambahan Pembelajaran Tamrin Lughoh untuk Kelas Satu di KMI Gontor Putri Kampus 3 Belum Diterima Tidak sesuai dengan tingkat kemampuan siswi kelas 1
9 Dhea Fairuz Azmi C3 Penerapan Media Pembelajaran “Power Point” dalam Meningkatkan Pemahaman Siswi pada materi “Fi’l Maziid wa Mujarrod” Siswi kelas 3 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Belum Diterima Tidak kompatible dengan lokasi penelitian
10 Nabila Rahma Salsabila C3 Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Levidio Animatoon Pada Pelajaran Tarikh Adab Di Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Tahun Ajaran 1444-1445 Belum Diterima Tidak kompatible dengan lokasi penelitian
11 QURROTUL A’YUN C3 PENERAPAN METODE MONTESSORI TERHADAP PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPA MASJID JAMI’ AN-NUR KEDUNGMIRI, SAMBIREJO, MANTINGAN, NGAWI Belum Diterima Fokus penelitian tidak sesuai dengan prodi 
12 LIA HUSNUL KHOTIMAH C3 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PEMBELAJARAN BALAGHOH KELAS 4B DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
13 Ilmi Laduni C3 PERAN BAGIAN CLI (CENTRAL LANGUAGE IMPROVEMENT) DALAM MENINGKATKAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS  5 KMI DIPONDOK MODREN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN, NGAWI, JAWA TIMUR, INDONESIA Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
14 Aprilya Azizah C3 Peran Pengurus Rayon Dalam Membina Kedisiplinan Berbahasa Arab Santriwati Kelas 2 KMI Gontor Putri Kmapus 1 Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
15 Anastasya Safira C3 Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Santriwati Kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 2022 Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
16 Mu’fiah Fuaidah C1 “IMPLEMENTASI TINGKAT KECERDASAN KEPRIBADIAN EKTROVERT-INTROVERT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB”
(Studi deskriptif SEKOLAH SMP SPEAM (Sekolah Pesantren Al- Maun Muhammadiyah Kota Pasuruan TAHUN Ajaran 2022-2023))
Belum Diterima Judul penelitian tidak koheran
17 NUR QURROTAA’YUN C1 ANALISIS FAKTOR KESULITAN DALAM MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB KE BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 14 SURABAYA TAHUN AJARAN 2022-2023 Belum Diterima Ganti tempat penelitian di lembaga yang memiliki interest di Bahasa Arab
18 Nazalia Rosadanti Hanan ‘Adila C2 ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS IX E MTS PAMULANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023 Belum Diterima Fokus permasalahan harus spesifik 
19 Annisa Nurfitriani Noeghraha C2 Peran pembelajaran Mufrodat Dalam Meningkatkan Maharotul-Kitabah pada kelas 2 KMI di Pondok Modern Gontor Putri, Kampus 1 Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
20 Helma Autharina Salsabil Nahda C1 PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
 PADA KELAS MATRIKULASI DAN PENYELESAIANNYA DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR  KAMPUS PUTRI
TAHUN AJARAN 2021-2022
Belum Diterima Fokus permasalahan harus spesifik 
21 Ardiman Fadhil A1 Analisis kesalahan Keterampilan menulis Pada pelajaran Insya di Madrasah Aliyah 1 Nagan raya Aceh Tahun Ajaran 2022-2023 Belum Diterima Fokus permasalahan harus spesifik 
22 Kamaluddin A1 PEMBELAJARAN SHOROF DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANHAJI DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT LAMONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 Belum Diterima Sudah pernah diteliti 
23 Rifaldy Ali Firmansyah B PERAN WALI KELAS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS (MAHARATUL KITABAH) SANTRI BARU DI PMDG KAMPUS 2 TAHUN 2022 Belum Diterima Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian
No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 AFNI NURWARDAH C2 ANALISIS BUTIR SOAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS N 3 PATI TAHUN AJARAN 2021-2022 Diterima   
2 Anggita Hilaul Pikri C1 Efektifitas Media Permainan Meloncat Bulatan Kata Terhadap Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Bagi Kelas 6 MI Nurul Ulum Pegiringan Tahun Ajaran 2022 / 2023 Diterima   
3 Safira Firdausil Jannah C2 Efektivitas Media Permainan Tebak Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodhat Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 2 Tulangan Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023 Diterima   
4 Fhira Rukti Amaliza C2 Efektivitas Penerapan Metode Puzzle Amplop Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Blunyah Sleman Yogyakarta 2022-2023. Diterima   
5 Alma Istiqomah C1 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning berbasis Google Sites Untuk Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Al-Ishlahiyah Depok Tahun Ajaran. 2022/2023 Diterima   
6 Ana Sabila Rizqia C2 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Agama di MAN 1 Ngawi Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima   
7 Salsabila Eka Widyasari C2 HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KEMAMPUAN MENULIS INSYA’  DI KELAS MATRIKULASI UNIDA KAMPUS PUTRI TAHUN AJARAN 2022/2023 Diterima   
8 AISYAH IMANI C2 PENERAPAN AUTHENTIC ASSESSMENT PORTOFOLIO HASIL BELAJAR ILMU NAHWU SANTRI WATI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH PUTRI KUNIGAN JAWA BARAT TAHUN AJAR 2021/2022 Diterima   
9 Rahmah As-Sa’idah C1 Pengaruh Media Evaluasi Anagram Pada Pembelajaran Shorof Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Daar El-Kutub Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima  Pengaruh Media Evaluasi Anagram Terhadap Hasil Belajar  Shorof Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Daar El-Kutub Tahun Ajaran 2022-2023
10 Megawati C2 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “ ARABIC SMART SPINNER”  TERHADAP HASIL BELAJAR TAMRIN LUGHOH PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 12 PACIRAN LAMONGAN TAHUN AJARAN 2022 – 2023 Diterima   
11 Nuril Syahrul Istiqlal B.S  C2 Pengaruh Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Ricite And Riview) Terhadap Peningkatan Kemampuan Maharatul Qiro’ah Siswi Putri Kelas 3 KMI Di Pondok Modern Darul Hikmah Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Diterima   
12 Neni Naqiyah C2 Pengaruh Soal Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII A DI MTs Al-Khairiyah Kelapian Serang-Banten Tahun Ajaran 2021-2022 Diterima   
13 Asa Fadhilah C2 PENGARUH STRATEGI IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN  MUHADATSAH KELAS I MTS MBS YOGYAKARTA 2022-2023 Diterima   
14 Nur Fera Khalifah C2 PENGARUH STRATEGI PBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MUTHOLAAH SANTRIWATI KELAS 2 MTS PONDOK MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE TAHUN AJARAN 2022/2023 Diterima   
15 Muhammad Jendral Bumi A1 Efektivitas Media Pembelajaran “Arabic Guessing Game” terhadap Penguasaan Kosa kata bahasa arab di kelas 5 MI Muhammadiyyah Patikraja  Diterima   
16 Anggri Wijayanti C2 Efektivitas Media Pembelajaran Virtual Reality Dalam Pembelajaran Kosa kata bahasa Arab Buku Muhadatsah kelas 1 KMI di PMDG putri 2 Diterima   
17 Arina Dienana C2 Pengaruh Penerapan Metode Permainan Edukatif “The Snake Ladder Board Game” terhadap Hasil Belajar siswa kelas 8 SMP Mafaza Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Game untuk tingkat SD/MI, untuk tingkat SMP menggunakan strategi yang lain
18 Rohmah Hidayatus Sa’diyah C1 Efektivitas metode Silent Way dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa kelass 6 diSD Muhammadiyah 11 Randegan, Tanggulangin, Sidoarjo Diterima Dengan Revisi Variabel Y dikhususkan kepada pembelajaran mufrodat
19 Ashila Hazima Hanan C1 EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Ganti variabel X
20 Salma Rizqi Hidayana C3 Pengaruh Kegiatan Halaqoh Lughoh Terhadap Hasil Ujian Bahasa Arab Kelas 5H PMDG Putri 2 2022/1444 Diterima Dengan Revisi Menggunakan Pendekatan Kualitatif, tanpa ada pengaruh hasil belajar 
21 Luthfiyah Cahyaningtyas Putri C1 PENGEMBANGAN  BUKU AJAR BAHASA ARAB اللغة العربية BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA FIKIR ANAK PADA SISWA/I KELAS IV SDIT AL MUHAJIRIN 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Efektifitas Buku Ajar B. Arab اللغة العربية berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar B. Arab Siswa/I SDIT Al-Muhajirin (Tambahkan Kota & Diganti Metode Eksperimen)
22 Hamdan fadhlika farani B Pengaruh pelajaran mutholaah dalam peningkatan bahasa arab siswa kelas tiga di pondok modern darussalam gontor kampus dua madusari siman ponorogo periode 2021-2022 Belum Diterima  
23 Adam Madjid Siregar B PENGARUH PENERAPAN METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHAROTUL KALAM BAGI ANGGOTA KHUSUS AL-COEDA DI LANGUAGE COURSES DEPARTMENT (LCD) PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN AJARAN 1443-1444 Belum Diterima Ganti metode, jika eksperimen sebaiknya di kelas dan bukan di KMI 
24 Hurin In Nurul Firdausi C3 Pengaruh Pemahaman Nahwu Terhadap Kemampuan Menulis Insya’ pada Kelas 2 di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Belum Diterima Sudah sering dikaji, ganti variabel X
25 Nurlina Siregar C3 Pengaruh Pemahaman A’dad Wal Ma’dud Terhadap Penguasaan Bahasa Arab Santriwati Kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Belum Diterima Ganti Judul
26 Fina Raudhatulkhair Asibi C3 Analisis Butir Soal Ulangan Umum Akhir Tahun Pelajaran Nahwu Kelas 2 KMI Gontor Putri Kampus 3 Karangbanyu Widodaren Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran 2021-2022 Belum Diterima  Sudah ada judul yang sama
27 Dwiyan Rachmadi Al-Hajj B Hubungan Minat Baca, Motivasi Belajar Siswa, Dengan Prestasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas 2 KMI Pondok Pesantren Al-iman Putra Belum Diterima   
28 Ahmad Farhan Rif’an Najib B KORELASI ANTARA BIMBINGAN PEMBELAJARAN MAHARAT KALAM DAN KEMAMPUAN BERBAHASA SANTRI ISTIRQO SEBAGAI ASISTEN BAGIAN BAHASA DIPONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR Belum Diterima   
29 Ira Safitri Sarjono C3 Penerapan metode Mind Mapping Ilmu Ma’ani siswi kelas 5E KMI di PMDG Putri 2 Belum Diterima   
30 Nurul Aida awaliyah C3 Pengaruh  Metode Example Non Example terhadap keterampilan Menulis Insya
Pada kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2
Belum Diterima  Sudah sering dikaji, ganti variabel X
31 Alif Miftahul Ulum C3 Pengaruh Metode Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Santriwati Kelas 5F KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2022/1443 Belum Diterima  Sudah sering dikaji, ganti variabel X
32 Yusvita Kusuma Wardani C3 Pengaruh Muwajjah Sobahi Terhadap Peningkatan Hasil belajar Bahasa Arab kelas 1 intensif KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode 2022-2023  Belum Diterima  Pindah lokasi penelitian 
33 Neng Rosi Resmalasari Dewi C3 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGHOH SISWI KMI KELAS 4 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI JAWATIMUR INDONESIA TAHUN 2022-2023 Belum Diterima   
34 Akmal Mahrus Ilhami B EFEKTIFITAS BUKU SAKU TERHADAP PERBENDAHARAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SANTRI BARU DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN 2022 Belum Diterima   
No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 Raksa Adhomata Dinika A1 الأسماء المنصوبات في أواخر آيات سورة الأحزاب (دراسة تحليلية نحوية) Diterima  
2 Nabila Humaira C3 Huruf Faa’ Dalam Surat Al-Qashas (Studi Analisis Nahwu) Diterima  
3 Abidatul Qoyyum Al Mahbubah C3 Macam-Macam Maa (ما) Dan Maknanya Dalam Surah Al-Ahzab
(Dirasah Tahliliyah Nahwiyah)
Diterima  
4 M. Zidane Taqiyyurrahman B Analisis Idiom Bahasa Arab Berita Tekstual Arab Warta Dunia Pondok Modern darussalam gontor Volume 35 tahun 2022. Diterima   
5 Wafi Aulia Fajrin C3 Analisis Uslub At-Thibaq Dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi (Studi Analisis Balaghoh) Diterima   
6 Andi Hazrah Nurhaliza Ibrahim C1 Analisis Tarkib Isnadi dalam Kitab Durusul Lughah Al-Arabiyah Jilid I Karya KH Imam Zarkasyi Dan KH Imam Syubani  Diterima   
7 Tara Nurintia Putri C1 Khabar Jumlah pada Buku Ajar Muthola’ah Kelas 4 Kuliyatul Mu’alimat Al-Islamiyah (Studi Analisis Nahwu) Diterima   
8 Miftahul Khoir A1 المحسنات اللفظية في سورة الملك (دراسة وصفية بلاغية) Diterima   
9 Nuraeni Rahmawati C2 “Huruf-huruf A’milah dan maknanya pada buku bulughul Maraam Bab syarat sholat (dirasah tahliliyah nahwiyah)” Diterima dengan Revisi Konfirmasi ke Prodi terkait :  Huruf ‘Amilah “Huruf-huruf A’milah dan maknanya pada buku bulughul Maraam Bab syarat sholat (dirasah tahliliyah nahwiyah)”
10 Riska Nur Oktavia C1 Analisis Nawasikh Jumlah Ismiyyah pada  Buku Ajar Muthola’ah Kelas 2 Kulliyatu Al-Mu’allimin Al-Islamiyyah
(Studi Analisis Sintaksis)
Diterima dengan Revisi Analisis Nawasikh pada  Buku Ajar Muthola’ah Kelas 2 Kulliyatu Al-Mu’allimin Al-Islamiyyah
(Studi Analisis Sintaksis) – (Dibatasi كان وأخواتها أو إنّ وأخواتها)
11 Linda Syariefah Ratna Dewatie C1 ANALISIS TARKIB IDHAFY, DAN BAYANY DALAM KITAB AL-QIRO’AH AR-ROSYIDAH KELAS 3 KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH Diterima dengan Revisi Pilih salah satu – Tarkib Idhofi/Bayani
12 Nada Muhda Imana C3 ANALISIS MAKNA HURUF TAMBAHAN DALAM KATA KERJA DALAM SURAT AT-TAUBAH (DIRASAH TAHLILIYAH SHORFIYAH) Diterima dengan Revisi Diarahkan meneliti surat yang lebih pendek/buku hadits
13 Khairus Sakinah Chaeruddin C1 ANALISIS TARKIB ISNADI, BAYANI, DAN IDHOFY  DALAM KITAB WASHOYA AL-ABAA’I LIL AB-NAA’I  KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR (Studi Analisis Sintaksis) Diterima dengan Revisi Memilih satu variabel. Disarankan memilih Bayani
No Nama Kampus Judul Skripsi Keterangan (FAKULTAS) Catatan 
1 Aidha Zalidar Mirza C2 Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Muthola’ah Kelas 1 Madrasah Aliyah Di Pondok Pesantren Darussalam Sengon, Jombang Tahun Ajaran 2021-2022 M Diterima Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 1 apa? dan Tahun Periode diubah
2 Nisa Nur Rahma C2 Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mahasiswi Matrikulasi Pada Mata Pelajaran Durusullughah Di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Tahun Ajaran 2022-2023. Diterima Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul
3 Bilqis Arifah  C1 Penerapan strategi make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Arab MIS Al – Ihsan 1 Sawahan Jombang tahun ajaran 2022/2023 Diterima Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 4 apa? MIS atau MTs?
4 MUHAMMAD SIDIK NIKI WINATA A1 Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Nahwu Siswa Kelas 2B KMI Di Pondok Modern Baitul Hidayah Bandung Tahun Ajaran 2022-2023 M. Diterima Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul
5 Hasan Al Mubarok Sidiq A1 Penerapan Strategi Pembelajaran “Crossword Puzzle” (CWP) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muthola’ah Siswa Kelas 2B KMI di Pondok Modern Baitul Hidayah Bandung Tahun Ajaran 2022-2023 M Diterima Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul
6 Zainal Abidin A1 PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAHAROTUL KALAM SISWA KELAS 2B DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI PONOROGO Diterima Tanpa Menyebutkan Prestasi Belajar karena sudah memakai kalimat Hasil belajar Serta ditentukan Tahun ajarannya
7 Muhammad Fahrul Rozi A1 Penerapan Strategi Puzzle Amplop Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 KMI Dalam Pembelajaran Mutholaah Di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul tahun 2022-2023 Diterima Spesifikasi Kelas 1
8 Muhammad Abdul Wahib Ahsan A1 PENERAPAN STRATEGI TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MUTHOLAAH SISWA KELAS 2B KMI PONDOK PESANTREN AL-KHAIR PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023 Diterima Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul
9 Hafif Syihamuddin A1 Penerapan Strategi Total Physical Respon (TPR), Terhadap keaktifan dan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran durushul lughoh,di kelas XA MAN 1 Kota Metro,Tahun Ajaran 2022-2023. Diterima Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul
10 Andika Pratama A1 PENERAPAN STRATEGI LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUTHOLAAH SISWA KELAS 2B KMI DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIDAYAH BANDUNG TAHUN AJARAN 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Strategi Learning Coomunity sesuai untuk Mata Pelajaran Insya Karena untuk meningkatkan kemampuan menulis (bisa dicari srategi lain yang lebih cocok atau materi nya diubah), dijudul tanpa ditulis terkait keaktifan.
11 Nur Lailatusy Syifa’ C1 PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NAHWU DI KELAS 7 SMPIT AL-AZHAR PATI TAHUN AJARAN 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Tidak Perlu menyebutkan aktivitas dalan judul, serta mohon dipertimbangkan kembali terkait strategi lain yang mungkin beda dan cocok untuk materi ini.
12 Faiz Abdin Rahmanda B “PENERAPAN STRATEGI FLIP CHART TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN  DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2-D  PADA MATERI MUTHOLAAH DI MTS. AL-ISLAM JORESAN   PERIODE 2021-2022 “ Diterima Dengan Revisi keaktifan tidak perlu ditulis di Judul, Periode dibetulkan menjadi 2022-2023
13 Meilina Husna Adiebah C1 PENERAPAN  MEDIA ARABIC FUN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN   HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI DI SDIT SALSABILA
 AL-MUTI’IN YOGYAKARTA PRIODE 2021/2022
Diterima Dengan Revisi Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 6 apa?, dan Tahun Periode diubah
14 Septika Bayzura C1 Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab  MIS Al-Ihsan 1 Sawahan Jombang Tahun Ajaran 2022-2023 Diterima Dengan Revisi Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 5 apa?
15 Laila Eka Fitriana Jatmiko C2 Penerapan strategi pair check dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pelajaran bahasa arab pada siswa kelas 2 MtsN 2 Model Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 Diterima Dengan Revisi Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 2 apa?
16 Safira Anugrah  C2 Penerapan Strategi Pembelajaran Brainstorming  Pada Mata Pembelajaran Muthalaah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa kelas VIII  di Pondok Nurul Haramain Mataram Lombok Tahun Ajaran 2022/2023  Diterima Dengan Revisi Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 8 apa? 
17 Naafi Al Kautsar A1 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN “PROBLEM BASED LEARNING” (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR  KELAS 2B  DALAM PELAJARAN ARABIYAH LINNASYIIN DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL – KAIRI JIMBEE JENANGAN TAHUN AJARAN 2022-2023 M Diterima Dengan Revisi Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul
18 Zaffa Izzatul Islamiah C2 PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 6 SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022-2023 Belum Diterima Strategi ini tidak sesuai dengan pembelajaran bahasa arab lebih cocok untuk materi sejarah dan sejenisnya (Bisa Mencari Startegi yang lebih cocok)
19 Khoirunnisa Nasution C2 Penerapan Strategi Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MI Nurussalam Mantingan, Ngawi Tahun Ajaran 2022-2023 Belum Diterima Belum Jelas dan Spesifik terkait Mata Pelajaran serta kelas 5 apa?
20 Zaki Abdul Muhaimin A1 Penerapan Strategi Buzz Group (BG) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan  Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 9A MTSN 1 Mojokerto Jawa Timur
Tahun ajar 2022-2023
Belum Diterima Strategi yang dipilih (Buzz Group)  tidak sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab (Cari Strategi pembelajaran yang lebih cocok dan diperlukan di kelas atau sekolah tersebut)
21 Adam Fattullah Attasyriki A1 PENERAPAN STRATEGI DEMONSTRASI BISU “SILENT DEMONSTRATION” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SANTRI KELAS II-B PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PONOROGO TAHUN AJARAN 2021-2022 Belum Diterima Strategi yang dipilih  tidak sesuai dengan Karakteristik  pembelajaran Bahasa Arab
22 Dewa Dwiatman Saputra A1 PENERAPAN STRATEGI MENGGAMBAR IMAJINASI “IMAJINATIF DRAWING” PADA MATA PELAJARAN MUTHOLAAH UNTUK  MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI
TAHUN AJARAN 2022-2023
Belum Diterima Strategi yang dipilih kurang cocok jika digabungkan  mapel mutholaah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab, membingungkan  mungkin bisa dispesifikasikan permasalahan dan judulnya . 
23 Muhamad Afdal Miftah A1 PENERAPAN STRATEGI BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUTHOLA’AH SISWA KELAS 7 C DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023  Belum Diterima Strategi yang dipilih (Buzz Group)  tidak sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab (Cari Strategi pembelajaran yang lebih cocok dan diperlukan di kelas atau sekolah tersebut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *