
Maklumat Ketetapan Sidang Judul Skripsi (2022-2023)
Dengan ini kami dari Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, mengumumkan hasil ketetapan sidang judul skripsi:
- Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima dengan Revisi” dan “Belum Diterima” dapat mengajukan judul kembali selambat-lambatnya hari Jum’at, 15 April 2022 pada link berikut: link PAI & link PBA dan dapat berkonsultasi kepada penanggungjawab masing-masing Prodi.
- Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima” dapat segera menyusun proposal penelitian sesuai dengan ketentuan berikut pada link ini.
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Kualitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Agus Dwi Prasetio | B | PENERAPAN PENDIDIKAN ADAB MELALUI METODE PEMBIASAAN (Studi Kasus di SD Islam Ar-Risalah Slahung, Ponorogo) | Diterima | |
2 | Wahyu Setiawan | B | Pola Pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi Muallaf (Studi kasus program pembinaan muallaf di Masjid Al-Mahdi Kampung Islam Kusamba klungkung Bali) | Diterima | |
3 | Muhammad Rizal Firdaus | B | Implementasi metode baca tulis Al-Qur’an bagi anak yang memiliki keterlambatan kognitif di sekolah inklusi TK PAS Baitul Qur’an Ngabar Ponorogo | Diterima | |
4 | Ahmad Syafi’i Ma’arif / 402019112042 | B | Pola Pembentukan Creative dan Inovation Skill bagi Santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 1 | Diterima | |
5 | Desiam Annisa Fitri Weni | C1 | IMPLEMENTASI MODEL HOMESCHOOLING UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS PRACTICAL LIFE DIYAYASAN PENDIDIKAN HIAMA | Diterima | |
6 | Putri Nabila Assalma | C1 | Analisis Mutu Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) 1 Tanjung Pandan, Belitung | Diterima | |
7 | Miftahul Alayya Jannah | C1 | Implementasi Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SIDIKMU) dalam pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah 15 Surabaya | Diterima | |
8 | Adilah Azmi | C1 | BIMBINGAN KONSELING MELALUI PENDIDIKAN TERAPI AL-QUR’AN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023 | Diterima | |
9 | Sabila Adzhani | C1 | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD INTIS SCHOOL, YOGYAKARTA | Diterima | |
10 | RENITA KURNIAWATI | C2 | Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sragen | Diterima | |
11 | Naila Nahdlia Ifada | C2 | IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL’QUR’AN DI TPQ NURUL HIDAYAH JAKENAN PATI | Diterima | |
12 | Rindang Rabi’ah Adawiyah | C3 | Pembentukan Akhlak melalui program Bina pribadi Islami (BPI) di SDIT Az zahra sragen | Diterima | |
13 | Annisa’a Hidayati Dianti | C1 | TEKNIK PEER COUNSELING (KONSELING SEBAYA) UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA DALAM KEHIDUPAN BERASRAMA (Studi Kasus Mahasiswi Anggota Zona Tahfidz UNIDA Gontor Putri) |
Diterima | |
14 | Uzlifatul Jannah | C3 | Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Pada Masa Pubertas Santriwati Kelas 4 KMI (Kulliyyatul-l-Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 | Diterima | |
15 | ALWI AHMAD FAIZIN | A1 | Model Integrasi Pendidikan Orang Tua dan Pendidikan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak di Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor | Diterima | |
16 | Diventi Kiki Susekti | C1 | Pola Pembentukan Creativity Skill Pada Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi kasus di PMDG Putri 1) | Diterima | |
17 | Nur Iqsan | A1 | IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI MTS DARUL FIKRI KAUMAN PONOROGO | Diterima Dengan Revisi | IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI MTS DARUL FIKRI KAUMAN PONOROGO |
18 | Moch. Ilham Ramadhani | A1 | IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Sumberejo Sukorejo Ponorogo) | Diterima Dengan Revisi | IMPLEMENTASI METODE SIMA’I DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Sumberejo Sukorejo Ponorogo) |
19 | Muhammad Syahid Ridwan | A1 | Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist dalam Peningkatan Leterampil baca Al-Qur’an. (Studi kasus di SMPIT Qurrata A’yun Ponorogo) | Diterima Dengan Revisi | Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist. (Studi kasus di SMPIT Qurrata A’yun Ponorogo) |
20 | Akhmad Rizaldy | A1 | Penerapan Sistem Full Day School dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI di SMP IT Qurrota A’yun Ponorogo | Diterima Dengan Revisi | Penerapan Sistem Full Day School Pada Pembelajaran PAI di SMP IT Qurrota A’yun Ponorogo |
21 | Rofiul Syam Sidiq | B | Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan spritual intellegence santri ( studi kasus MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo ) | Diterima Dengan Revisi | Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam Penanaman spritual intellegence santri (Studi kasus MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo ) |
22 | Muslimin Bin Misri /402019112058 | C1 | Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Materi PAI di SD Arrisalah | Diterima Dengan Revisi | konfirmasi pembelajaran Blended Learning di tempat penelitian |
23 | Masita Nuril Arifiani | C1 | Peran Komunitas Satoe Atap Dalam Pembinaan Moral Anak Miskin Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang | Diterima Dengan Revisi | Peran Komunitas Satoe Atap Dalam Pembinaan Moral Anak Jalanan Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang |
24 | Khofifah Aulia Hasri | C1 | Implementasi pendidikan karakter dengan menerapkan budaya 5s (senyum sapa, salam, sopan, santun) siswa Di SD Negeri 151 Pekanbaru | Diterima Dengan Revisi | Penerapan budaya 5s (senyum sapa, salam, sopan, santun) dalam pendidikan karakter siswa Di SD Negeri 151 Pekanbaru |
25 | shofiya arohmah wati | C1 | implementasi kurikulum unfikasi (Integrasi Sains, Bahasa dan Alqur’an) Studi kasus di SMA trensains sragen | Diterima Dengan Revisi | direkomendasikan untuk fokus pada satu kelas tertentu |
26 | Khoirunnajah | C1 | IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL HIKMAH CIPAYUNG DEPOK | Diterima Dengan Revisi | IMPLEMENTASI TEKNIK ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL HIKMAH CIPAYUNG DEPOK |
27 | Rizqi Lestari | C1 | Implementasi Pembentukan Kecerdasan Intrapersonal Pada Santri Kelas 5 Rayon Baru Kulliyatul Mu’allimat AL islamiyyah Gontor Putri Kampus 1 | Diterima Dengan Revisi | Pembentukan Kecerdasan Intrapersonal Pada Santri Kelas 5 Rayon Baru Kulliyatul Mu’allimat AL islamiyyah Gontor Putri Kampus 1 |
28 | Arinda Dwi Prasasti | C2 | PERAN MAJELIS TAKLIM AL-MUTTAQIN SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MEREVITALISASI PENGETAHUAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di Majelis Taklim Al-Muttaqin di Desa Pandean,Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek). |
Diterima Dengan Revisi | Perlu studi pendahukuan terkait program di majlis ta’lim |
29 | Agnasalisa Inas | C3 | Pola penanaman adab dengan metode langsung terhadap santriwati gontor putri 3 | Diterima Dengan Revisi | Pola Penanaman adab dengan Metode sosial emotional learning di PMDG Putri 3 |
30 | Sharevi Nurfaira Halizah | C3 | Model Pembentukan Miliu Interaksi Sosial Pondok Modern Darussalam Gontor dalam Menanggulangi Kepribadian Introvert Santriwati di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 | Diterima Dengan Revisi | Model Pembentukan Kecerdasan Interpersonal di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 |
31 | Rajendra Nur Pallasta | A1 | Implementasi kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) dalam membentuk karakter religius siswa (Studi kasus di SMPIT Qurrata ‘yun Ponorogo) |
Diterima Dengan Revisi | Implementasi Pembelajaran PAI Pada kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), Studi kasus di SMPIT Qurrata ‘yun Ponorogo |
32 | Irfan hidayat / 402019112262 | B | strategi in-hause training dalam peningkatan kompetensi guru di pondok modern darussalam gontor | Diterima Dengan Revisi | Strategi Peningkatan kompetensi guru di Pondok Modern Darussalam Gontor. Dalam rumusan masalah membahas keseluruhan kompetensi guru yaitu pada Bagaimana Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian |
33 | Anggara Aulia Syahidin / 402019112043 | B | Pembentukan Karakter Spiritual melalui Hidden Curriculum berbasis pendidikan pesantren | Diterima Dengan Revisi | Pembentukan Karakter Spiritual melalui Hidden Curriculum dalam sistem pendidikan Pesantren di PMDG |
34 | Yulianur Zulkarnain | C2 | MANAJEMEN PENGELOLAAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DIPANTI ASUHAN FATIMAH AZ ZAHRA MAGELANG | Diterima Dengan Revisi | MANAJEMEN PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DIPANTI ASUHAN FATIMAH AZ ZAHRA MAGELANG |
35 | Alfi Nur Rosyidah | C1 | PENDIDIKAN SEKSUAL DI MADRASAH INKLUSIF STUDI KASUS MI AR-ROIHAN LAWANG PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Pola Pembelajaran Materi Aqidah Aklak Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Inklusif MI AR-ROIHAN Lawang |
36 | Nabila Fakhrozi Puteri | C1 | Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasrana di SD Muhammadiyah Manyar Ditinjau dari PERMENDIKNAS No.24 Tahun 2007 | Diterima Dengan Revisi | Mencari permendiknas terbaru dari Pemerintah untuk analisis kelayakan Sarana dan Prasaran Sekolah |
37 | Adhisma Jannata Ardana Riswari | C1 | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN MILITER DI SMAN 3 TARUNA ANGKASA | Diterima Dengan Revisi | Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Pembinaan Militer di SMAN 3 TARUNA ANGKASA (dengan catatan fokus “internalisasi Nilai-nilai PAI” telah diterapkan di lembaga tersebut) |
38 | Ashfia Husna Fikroti Al-Ahya | C3 | IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN (APEL TAHUNAN PEKAN PERKENALAN KHUTBATU-L ‘ARSY) DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SANTRIWATI KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 | Diterima Dengan Revisi | NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN APEL TAHUNAN PEKAN PERKENALAN KHUTBATU-L ‘ARSY KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 (STUDI FENOMENOLOGIS) |
39 | Adnun Yelipele 492019112039 | B | Upaya Guru dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di MI Merasugun Asso di Desa walesi Wamena Papua | Belum diterima | pertimbangan lokasi penelitian |
40 | Siti Raihanah Najla Saleh | C1 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI WEB GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI SKI SISWA KELAS IV MI DOWORA | Belum diterima | DIARAHKAN UJI EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DENGAN |
41 | Uswatun Khasanah Asy Syifaindria Putri | C1 | IMPLEMENTASI BUKU PENGHUBUNG SEBAGAI UPAYA KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA ANAK KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO | Belum diterima | Istilah implementasi buku penghubung |
42 | Nishfi Nurin Nada | C1 | INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICT (Information and Communication Technology) TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA SMP BINA TECNO INSAN KAMIL TUBAN, JAWA TIMUR | Belum diterima | fokus judul tidak sesuai dengan pendektan kuantitatif |
43 | Khansa Mujahidah Az-Zahra | C1 | Analisis Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking) Pada Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran PAI Kelas VI Di SDN 1 Tawangrejo Ngawi | Belum diterima | pendekatan judul dengna kuantitatif dan sulit dikaji |
44 | ivena faiz rizki | C1 | IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATED LEARNING DAN KURIKULUM NASIONAL DI SEKOLAH CENDEKIA BAZNAS |
Belum diterima | konfirmasi terkait ada atau tidaknya penerapan KURIKULUM INTEGRATED LEARNING di lokasi penelitian |
45 | ivena faiz rizki | C1 | ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP DAN SPIRITUAL PADA MATERI PAI KELAS 7 SMP DI SEKOLAH BAZNAS |
Belum diterima | pendekatan judul dengna kuantitatif dan sulit dikaji |
46 | irmada nadiva jb | C2 | implementasi tilawatil qur’an dalam penyembuhan anak berkebutuhan khusus di pondok pesantren ainul yakin gunung kidul yogyakarta | Belum diterima | sudah pernah ditelaah |
47 | Ropiatus Sakinah | C2 | Implementasi Metode Baghdadi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Al-Hasyimi Jombang, Jawa Timur | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN SUDAH SERING DIKAJI |
48 | Mutiara Erisqi Rama Gesta | C3 | Implementasi Disiplin Pondok Terhadap Karakter Siswi Kelas 5 di Pondok Pesantren Al-Ishlah Lamongan | Belum diterima | TIDAK ADA KEBAHARUAN DALAM PENELITIAN |
49 | Lisa Dwi Saputri | C3 | Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di MAN 3 Ngawi | Belum diterima | Fokus Penelitian sudah sering dikaji |
50 | RENITA KURNIAWATI | C2 | Efektifitas Full Day School Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Peserta Didik Di MI Nurussalam | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
51 | Muhammad ‘Alimul Fikri | A1 | Implementasi kegiatan kepramukaan terhadap Problem solving skill dan Creativity skill pada santri Pondok Modern Darussalam Gontor 2 | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
52 | Wantomo Diar Gumelar | A1 | Implementasi Strategi Quantum Learning Dalam Mengoptimalkan PrestasiI Belajar Siswa Di SMP TERPADU PONOROGO Tahun Ajaran 2022-2023 | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
53 | Mohammad Iqbal Gusti Rakasiwi | A1 | UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 9 DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO | Belum diterima | Fokus Penelitian sudah sering dikaji |
54 | Arsyad Khoirul Ma’arif | A1 | “Peran guru al-qur’an dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-qur’an siswa di kelas 1 di pondok pesantren Al-Iman ponorogo” | Belum diterima | FOKUS SUDAH SERING DIKAJI |
55 | Muhammad Fajar | A1 | STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PEMAHAMAN LITERASI KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS 1 SMP DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JETIS PONOROGO | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
56 | muhamad fakhriyendi rizkullah | A1 | IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI PONDOK PESANTREN AL-MUJTAMA’ AL ISLAMI LI TAHFIDZIL QUR’AN | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
57 | Muhammad fajri Shiddiq | A1 | EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MUHADATSAH YAUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM BAHASA ARAB SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023 |
Belum diterima | Fokus Penelitian Bukan ranah PAI |
58 | Pitaloka Jati Kumolo Dewi | C1 | Peran Pengurus Asrama Dalam Menangani Permasalahan Adaptasi Lingkungan Santri Baru Kelas 1 Kulliyatul Mu’allimat Islamiyyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
59 | diventi kiki susekti | C1 | pola pembentukan kreativitas komunikasi santriwati kelas 6 dalam public speaking : studi kasus PMDG Putri 1 | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
60 | Verdiana Maratus Sholekhah | C1 | PERAN GURU PAI DALAM MENGATASI GANGGUAN KOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MA NURUL HUDA SUKARAJA SUMATERA SELATAN |
Belum diterima | FOKUS PENELITIAN PADA ASPEK KOMUNIKASI BUKA RANAH PAI |
61 | Tia Puspita Sari | C1 | konsepsi adab bagi santriwati pondok modern darussalam gontor putri kampus 2 | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
62 | Arinda Dwi Prasasti | C2 | PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TRENGGALEK | Belum diterima | FOKUS PENELITIAN TIDAK ADA KEBAHARUAN |
63 | Rini Maulida | C2 | UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA SISWI KELAS VI SD IBS DARUL HIJRAH BANJARBARU | Belum diterima | MODEL TGT Sudah sering ditela’ah pendekatan fokus penelitian tidak sesuai dengan metode kualtitaf. Menguji efektifitas model pembelaran dengan pendekatan Eksperiment atau PTK |
64 | Arinda Dwi Prasasti | C2 | IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PAI DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL DI KAMPUNG IDIOT PONOROGO | Belum diterima | konfirmasi jika implementasi nilai-nilai PAI untuk kesehatan Mental telah diterapkan di kampung IDIOT Ponorogo |
65 | Habsari Nur Hidayah | C2 | “IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 DLANGGU MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2022-2023 M” | Belum diterima | Fokus Penelitian terlalu sempit jika dikaji dari pendekatan Kualitatif |
66 | Yulianur Zulkarnain | C2 | KONSEP POLA ASUH SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN PENDIDIKAN ISLAM DI PANTI ASUHAN FATIMAH AZZAHRA MAGELANG | Belum diterima | |
67 | Rizki Putri Utami | C3 | Peran Organisasi Dalam Mengembangkan Kompetensi Soft Skill Anggota Organisasi Pondok Modern OPPM Gontor Putri Kampus 3 | Belum diterima | fokus Penelitian tidak ada |
68 | Nur Mawaddah Islamiyah | C3 | PENERAPAN METODE RESITASI (PENUGASAN) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME SEORANG GURU DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMUS 1 | Belum diterima | Tidak kompatible dengan lokasi penelitian |
69 | Lala Sovi | C3 | Implementasi Hidden Curricullum Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Santriwati Kelas 5 Gontor Putri Kampus 1 | Belum diterima | FOKUS SUDAH SERING DIKAJI |
70 | Wardah Hani Nabila | C3 | PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS 6 KMI DI PMDG KAMPUS 1 TAHUN AJARAN 1443/2022 | Belum diterima | Uji Pengaruh menggunakan pendekatan kuantitatif dan tidak ada keunikan dari fokus penelitian |
71 | Amanda Najla Krisnandya Armansyah | C3 | Peran Guru terhadap Peningkatan Wawasan Keagamaan melalui Metode Cerita (Studi Kasus Santriwati Kelas 6 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1) | Belum diterima | tidak kompatible dengan lokasi penelitian |
Kuantitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Achmad Faqi Hidayatullah | A1 | Pengaruh Religiusitas Terhadap Kemampuan Mengatasi Stres (Coping Stress) Santri Kelas 1 Intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo 2 Tahun Ajaran 2021-2022 | Diterima | Istilah (Coping Stress) dan Tahun dihapus pada judul tetapi dibahas di BAB III |
2 | Muhammad Muhyil Daffa Fauzan | A1 | KORELASI EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS III DI MTSS DARUL FIKRI PONOROGO | Diterima | |
3 | Muhamad Fajar | A1 | “Efektivitas model pembelajaran WBL Web Based Learning dengan platform Moodle dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa Berpikir HOTS pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTsN 2 Ponorogo”. | Diterima | Variabel Y satu saja (hasil Belajar) |
4 | Rizqiya Oceani Puteri | C1 | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI SISWA KELAS 7 SMP WACHID HASYIM PRAMBON SIDOARJO | Diterima | Eksperimen |
5 | Biddami Fatkhi | C1 | Efektifitas Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar PAI siswa kelas IX SMPN 2 Ngantang | Diterima | Tambahkan kota |
6 | Yuni Sholihah | C1 | Pengaruh penilaian autentik model penilaian kinerja terhadap hasil belajar materi fiqih kelas 2 MI Salafiyah Syafi’iyah Desa Panca Agung | Diterima | |
7 | fadilla askia hasina | C1 | pengaruh academic burnout terhadap hasil belajar siswa kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 | Diterima | |
8 | Amalia Afizah | C1 | PENGARUH PEER COUNSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 PONDOK MODERN ARRISALAH PONOROGO | Diterima | |
9 | Aina Nur Hilmy Harahap | C2 | Pengaruh Model Pembelajaran Role Reversal Questions Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IX di MTsN 1 Magetan | Diterima | |
10 | EKA RETNO ANGRIANI | C2 | PENGARUH SOAL BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS 3 DI SEKOLAH MIN MBALEASRI 13 NGARIBOYO MAGETAN JUDUL II: “ PENGARUH KARAKTERISTIK MEDIA MASA INTERNET TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MIN MBALEASRI 13 NGARIBOYO MAGETAN” |
Diterima | Kata MATA PELAJARAN dihapus, kata SEKOLAH dihapus |
11 | Zalfa Pudja Syahputri | C2 | Pengaruh Metode Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Fiqh Di MI Nurussalam Kelas 5 | Diterima | ditambahkan nama kota |
12 | Zalfa Pudja Syahputri | C2 | Pengaruh Teknik One Minute Paper Terhadap Hasil Belajar Fiqh Di MI Ma’arif Grabag Magelang | Diterima | |
13 | Edwy Melinia rezeky Nurcahyani | C2 | Pengaruh Penerapan Strategi Guided note taking terhadap pemahaman pada materi sejarah kebudayaan islam(SKI) kelas lll Mi Nurussalam Ngawi | Diterima | Terhadap Hasil Belajar |
14 | Fatimah Nurmala | C2 | Pengaruh Strategi Joyfull Learning Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas II MI Nurussalam Mantingan Ngawi | Diterima | |
15 | Serli Gabena Hasibuan | C2 | Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP I Kwadungan | Diterima | |
16 | liszaadah | C2 | “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Salafiyah Syafiiyah Bandung Diwek Jombang Tahun Ajaran 2021-2022” | Diterima | Hasil Belajar SKI |
17 | Salsabila Nafis Raihanah Syafiq | C2 | PENGARUH SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS 10 DI MADRASAH ALIYAH 1 TAKERAN MAGETAN | Diterima | Hasil Belajar SKI |
18 | Aisyah Eidelweis Wiwit Setia Timoer | C2 | Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Aisyiyah Full Day Pandes Wedi Klaten | Diterima | |
19 | SOFIA PUTRI SYAHIDA | C3 | PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI KEPRAMUKAAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI 1 | Diterima | |
20 | Nurul Baiti Salma Nugraha | C1 | Efektifitas model pembelajaran Dick and Carey terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 2 Muntilan | Diterima | |
21 | NUKE ELOK ELVINA | C1 | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME : ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI QUR’AN HADIST KELAS 7 MTS | Diterima Dengan Revisi | Media pembelajaran diganti selain game untuk standar MTS- diperbolehkan menggunakan game untuk tingkat SD |
22 | Nilam Budi Kusuma Wardani | C1 | PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON KEBUMEN | Diterima Dengan Revisi | Variabel Y diganti selain motivasi belajar (disesuaikan dengan teori) |
23 | Isnaeni Lutfia Pramesti | C1 | PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL KELAS IX DI SMP NEGERI 2 ADIMULYO TAHUN AJARAN 2021/2022 | Diterima Dengan Revisi | Hasil belajar PAI, Moral siswa SMP NEGERI 2 ADIMULYO bukan kelas, tahun ajaran dihilangkan di judul dan dibahas di BAB III |
24 | Febriyanti Nadya Nur Laili | C1 | HUBUNGAN KONTROL DIRI TERHADAP INTERNET ADDICTION PADA SISWA KELAS 6 A MADRASAH IBTIDAIYYAH MAMBAUS SHOLIHIN | Diterima Dengan Revisi | Kelas 6 A dihilangkan (Populasi seluruh siswa MI) |
25 | Abdiah Salamah | C1 | Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Pembentukan Etika dan Moral Siswa di MA Al-Khairiyah Mampang Prapatan Jakarta Selatan | Diterima Dengan Revisi | Variabel Y etika saja |
26 | Ana Fitriana | C1 | Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Kemampuan Ranah Afektif Pada Materi Akidah Akhlak di SMPN 1 NGAWI | Diterima Dengan Revisi | Variabel Y Hasil Belajar Materi Akidah Akhlak (Ranah Afektif sulit untuk diukur) |
27 | miftakhul jannah | C1 | hubungan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri santri baru di pondok modern darussalam gontor putri kampus 2 | Diterima Dengan Revisi | hubungan kecerdasan emosional terhadap (diganti dengan) penyesuaian diri santri baru di pondok modern darussalam gontor putri kampus 2 |
28 | MUTIARA SAFIRA | C1 | Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi PAI Kelas IV di SDN 1 Cilegon | Diterima Dengan Revisi | Hasil Belajar PAI |
29 | Hafilda Rizqi Azizah | C2 | PENGARUH MEDEL PEMBELAJARAN COOMPARATIVE INTERGRETED READING AND COMPOSATION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS VIII SMPIT INSAN KAMIL TUBAN | Diterima Dengan Revisi | Hasil belajar SKI |
30 | Jasirawati | C2 | Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTS Roudlotul Banat Kab. Sidoarjo Jawa Timur | Diterima Dengan Revisi | Hasil belajar PAI |
31 | Fitri Siyami | C2 | PENGEMBANGAN BUKU PINTAR DINCA (DINIYYAH EDUCATION) DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI SISWA MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL HUDA SORONG | Diterima Dengan Revisi | PENGARUH BUKU PINTAR DINCA (DINIYYAH EDUCATION) TERHADAP HASIL BELAJAR (PELAJARAN APA)DI MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL HUDA SORONG |
32 | Shella Dina Nabila | C3 | Pengaruh Penggunaan Media Belajar Afkar Ceria Terhadap Keaktifan Belajar Materi PAI Pada siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Sambirejo | Diterima Dengan Revisi | variabel Y menggunakan hasil belajar |
33 | hidayatus sholikhah | C1 | PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 4 BOJONEGORO | Diterima Dengan Revisi | Dipastikan sekolah tersebut menerapkan blended learning |
34 | Nadia Yudanta Gisang | C3 | Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Prestasi Belajar pada materi Tarikh Islam kelas 4 di pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun ajaran 1443-1444 | Diterima Dengan Revisi | Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Hasil Belajar pada materi Tarikh Islam kelas 4 di pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun ajaran 1443-1444 |
35 | Hafilda Anisa | C3 | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWI KELAS 5D PADA MATERI FIQH (BIDAYATUL MUJTAHID) DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 PERIODE 2022/2023 | Diterima Dengan Revisi | Jika Tindakan menggunakan Metode disarankan Lokasi selain di KMI Gontor |
36 | Latifah Rosyid Amin Yuliana Dewi Rusty | C2 | Pengaruh Hasil belajar Akhlak terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VII Muhammadiyah Boarding School Wonosari Gunungkidul | Diterima Dengan Revisi | Variabel X diganti dengan hasil belajar Akidah Akhlak |
37 | Ariibah Radita Ayu Candrika | C3 | Pengaruh Disiplin Ibadah Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswi Kelas 4 KMI Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3 | Diterima Dengan Revisi | Pengaruh Hasil Belajar Fiqh Terhadap Disiplin Ibadah Siswi Kelas 4 KMI Pondok Modern Gontor Putri Kampus 3 |
38 | Aisya Rahma El-Fani | C3 | Pengaruh Metode Qiro’ati dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santriah Ma’had Al-Muqoddasah li-tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Apakah metode Qiroati sudah diterapkan di Muqaddasah? Jika sudah sebaiknya diteliti menggunakan metode kualitatif. Sebaiknya jangan mengeksperimenkan metode hafalan baru di Muqaddasah karena sudah paten dan teruji |
39 | Sal Shakhiba Albira Nanda Hanafi | C3 | Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan terhadap kinerja pengurus rayon siswi kelas 4 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 | Diterima Dengan Revisi | Variabel X1 diganti variabel lain (Baca teori dulu) seluruh pengurus rayon tidak perlu dipersempit kelas 4 |
40 | Wulan Noviyanti Asyarah | C2 | Pengaruh Strategi Pelayanan Bimbingan Konseling Islami Menggunakan Keterampilan Eksplorasi Terhadap Peningkatan Karakter Siswa Berkepribadian Aktif maupun Pasif Di Kelas 6 SD Negeri 001 Sangatta Selatan Tahun 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Variabel Y bagaimana mengukurnya? |
41 | Drew Valasantria Aisyah Putri Ferrari | C3 | Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Materi Fiqih Kelas 3F KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 | Diterima Dengan Revisi | cari strategi yang lain |
42 | Zulfa Uswatun Hasanah | C3 | Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Akademik Remaja di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 | Diterima Dengan Revisi | Variabel X diganti |
43 | hafild rizqi azizah | C2 | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELASVIII SMPIT INSAN KAMIL TUBAN | Belum Diterima | Sudah ada judul yang sama persis |
44 | Hajizah Indah Santoo | C2 | Pengaruh Media Pembelajaran Vidio Terhadap Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta | Belum Diterima | Video tidak mempengaruhi HOTS, harusnya HOTS yang mempengaruhi kemampuan siswa |
45 | Fahrur Roji | A1 | Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Anggota Zona Al-Qur’an Universitas Darussalam Gontor | Belum Diterima | Variabel X diganti |
46 | Nur Ainun Fadilah | C1 | Pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 MUTILAN | Belum Diterima | Variabel X diganti |
47 | Viqra Sofi Aulia | C1 | Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Mi Attaqwa 27 | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering dikaji |
48 | sundari | C2 | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VI MI NURUSSALAM | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering dikaji, ganti model pembelajaran lebih spesifik |
49 | Aina Nur Hilmy Harahap | C2 | Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IX di MTsN 5 Ngawi | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering dikaji |
50 | Eva febrianingsih | C2 | “Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pedidikan Agama Islam Di Sekolah SDN 010 Malinau Kota” | Belum Diterima | |
51 | Jihan Manida | C2 | Pengaruh Penggunaan Metode Modelling the Way terhadap Hasil Belajar Materi Fiqih peserta didik kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam | Belum Diterima | |
52 | fatasya nur azizah | C2 | PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | Belum Diterima | |
53 | liszaadah | C2 | “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Moral Siswa Kelas V di SDIT Rabbani Kendal” | Belum Diterima | |
54 | juairiyah | C2 | EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWI KELAS III MI PAGERWOJO SIDOARJO |
Belum Diterima | |
55 | Dinni Triana Dewi | C2 | PENGARUH RELIGIUSITAS MADRASAH DAN PRESTASI BELAJAR PAI TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS V DI SD AISYIYAH FULL DAY PANDES | Belum Diterima | |
56 | Sumayyah Karimah | C2 | Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Psikologi Anak | Belum Diterima | |
57 | nur fadilah | C2 | PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V SDIT RABBIRADHIYA CURUP BENGKULU |
Belum Diterima | |
58 | Sekar Winnis Chairunnisa | C3 | Pengaruh Metode Problem Bassed Learning Terhadap Hasil Belajar Siswi Pada Pelajaran Fiqh Kelas 3int H Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran |
59 | Wafiq ‘Azizah | C3 | Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh (Bidayatul Mujtahid) Kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gntor Putri Kampus 3 Periode 2022-2023 | Belum Diterima | Vaariabel X diganti |
60 | Cindy Santika Febriyanti | C3 | Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Materi Fiqh (Bidayatul Mujtahid) Kelas 5F Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode 2022/2023 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran |
61 | Nahdiana Efrila Tianova | C3 | Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswi Pada Mata Pelajaran Fiqh 3F Dipondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran sudah dikaji |
62 | Rizka Verdiana | C3 | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Tarikh Islam Kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 | Belum Diterima | |
63 | ROSYIDA RAKHMANIA MUHA | C3 | Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar dalam Materi Tarikh Islam Kelas 4 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2021-2022 | Belum Diterima | Ganti judul, permasalahn |
64 | Herdina Fatma Rizkiza | C3 | Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Materi Tajwid Terhadap Hasil Belajar Santriwati Kelas 1F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 tahun 2022-2023 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran |
65 | DESI TRI UTAMI | C3 | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH ISLAM DI KELAS 1 INT D DI PMDG PUTRI 3 TAHUN 2022/2023 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran sudah sering dikaji,Jika lokasi Penelitian di KMI Gontor tidak menggunakan tindakakan dengan Metode Pembelajaran |
Studi Kepustakaan
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | hafilda rizqi azizah | C2 | PENDIDIKAN MENTAL BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MENURUT ZAKIYAH DARAJAT DAN J. DAVID SMITH | Diterima | |
2 | Adinda Citra Bhayangkara | C2 | FILOSOFI PENDIDIKAN ISLAM BADIUZZAMAN SAID NURSI: Studi Tentang Konsep Keluarga dan Akhlak dalam Risalah Nur Külliyati // ISLAMIC EDUCATIONAL PHILOSHOPY ACCORDING TO BADIUZZAMAN SAID NURSI: A Study of The Concept of Family and Moral reform in the Risalah Nur Külliyati | Diterima Dengan Revisi | Belum diteliti sebelumnya |
3 | Mukhammad Robbyal Asasi | A1 | KONSEP TA’DIB MENURUT AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP ISTAC | Diterima Dengan Revisi | Apa relevansi Ta’dib dengan ISTAC |
4 | ILMA NAFI’A ZUHRIA FEBRIZA | C2 | “PERBANDINGAN KONSEP MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI DAN ANAK PEREMPUAN MENURUT PERSPEKTIF RASULULLAH S.A.W. DAN DR. KHALID AHMAD AS-SYANTUT” | Diterima Dengan Revisi | KONSEP PENDIDIKAN ANAK LAKI-LAKI DAN ANAK PEREMPUAN MENURUT PERSPEKTIF DR. KHALID AHMAD AS-SYALTUT” |
5 | Frida Avid Chusnul Khotimah | C1 | Studi Komparasi Konsep Pendidikan Budi Pekerti menurut Burhanuddin Az-zarnuji dan Ki Hajar Dewantara | Diterima Dengan Revisi | Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Burhanuddin Az-zarnuji dan Ki Hajar Dewantara. (Studi Komparasi) |
6 | Muhamad Fakhriyendi Rizkullah | A1 | Konsep Pendidikan karakter anak dalam islam menurut Dr. Adian Husaini | Belum Diterima | Ganti Tokoh |
7 | sundari | C2 | KONSEP ETIKA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY’ARI | Belum Diterima | sudah pernah dikaji |
8 | Fitri Siyami | C2 | POLA ASUH OTORITER-DEMOKRATIS DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG REMAJA PERSPEKTIF Al-QUR’AN (Telaah Tafsir Tarbawi Terkait Pengasuhan Anak) | Belum Diterima | fokus tidak jelas |
9 | Maudyna Alfanny Ariyadi | C1 | Konsep dan strategi pendidikan akhlak pada anak menurut ibnu miskawaih | Belum Diterima | sudah pernah dikaji |
10 | Jihan Laurenza Alwi | C2 | Pendidikan Anak Usia Dini Berlandaskan Pemikiran Al-Ghazali | Belum Diterima | mencari fokus yang lain |
11 | Alzan Azizah | C2 | Konsep Wanita Karir Perspektif Dr. Yusuf Qardhawi dan Kaitannya Terhadap Pola Asuh Pendidikan Anak | Belum Diterima | mencari fokus yang lain |
12 | Annisa Umardi | C3 | NILAI KETELADANAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM NOVEL “JANJI” KARYA TERE LIYE | Belum Diterima | Tidak disarankan menela’ah Novel/Film |
13 | zena uslyfatul aini | C2 | konsep pendidikan anak pada masa golden age menurut kitab manhaj at tarbawiyah an – nabawiyah lit – tifl karya muhammad abdul hafidz suwaid | Belum Diterima | fokus penelitian tidak memiliki banyak referensi |
14 | ALIZA NUR AZIZAH | C3 | Pengaruh Jamaluddin Al-Afghani dalam Pemikiran Muhammad Abduh terhadap Pendidikan Islam | Belum Diterima | fokus judul tidak relevan |
15 | Erika Desi Sanjaya | C2 | pendidikan anak dalam keluarga perspektif Abdullah Nashih Ulwan | Belum Diterima | sudah pernah diteliti |
16 | Najwa Karima Ramadhani | C3 | PENDIDIKAN MENTAL SEORANG GURU MENURUT K.H IMAM ZARKASYI | Belum Diterima | referensi tentang pendidikan mental karya Imam Zarkasyi (belum banyak) |
17 | Fia Azizah | C2 | KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DAN HADIST DARI ABU YA’LA DARI AISYAH RA | Belum Diterima | sudah pernah diteliti |
18 | Mafazatun Nafisah | C3 | NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAH AL-QASHASH AYAT 77 KAJIAN TAFSIR AL-MAROGHI “KARYA AHMAD MUSTHOFA AL-MAROGHI” | Belum Diterima | sudah pernah diteliti |
19 | Ahmad Zaky Amilul Firdaus | A1 | KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PROF. DR. H. M QURAISH SHIHAB, MA. (Kajian Buku Membumikan Al-Qur’an) | Belum Diterima | tokoh tidak fokus dalam bidang Pendidikan |
20 | Thoriq Majid Rahmadias | A1 | Sifat sifat pendidik dalam Surah An-Nahl ayat 125 menurut Tafsir Al-Munir | Belum Diterima | sudah pernah diteliti (surat an-nahl tidak membahas sifat pendidikan tapi terkait metode pembelajaran) |
21 | Karel Muntazor / 402019112047 | B | NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ PADA SURAT HUD AYAT 52-56 | Belum Diterima | dalam surat tersebut tidak banyak membahas terkait pendidikan akhlak |
22 | muhammad chaidar al faruq | B | Konsep Pendidikan Anak Pada Surat Luqman Ayat 12-19 | Belum Diterima | sudah pernah diteliti |
PTK
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Abror almufa Siregar | A1 | Penerapan Metode Sosiodrama pada mata pelajaran Tarikh Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 3A di Pondok Modern Raudhatussalam Riau tahun ajaran 2022-2023 | Diterima | |
2 | Bunga Wardah Kaddihani Fauzi | C3 | Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3H Pada Materi Faroidh Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vizual, Intellectual) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3H Pada Materi Faroidh Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vizual, Intellectual) di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022-2023 |
3 | Nadiah Ramadhani | C3 | Peningkatan hasil dan keaktifan belajar siswi pada materi tarikh Islam dengan strategi peer lesson kelas 2F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 | Diterima Dengan Revisi | Peningkatan hasil belajar siswi pada materi tarikh Islam dengan strategi peer lesson kelas 2F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 Tahun Ajaran 1443/1444 |
4 | Muhamad Nurfahbiansyah | A1 | IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN VIDIO BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH BAB HAJI KELAS 2 D DI Pondok Pesantren Ar-Risalah Slahung | Diterima Dengan Revisi | Diterima dengan judul diubuh “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN VIDIO BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS 2 D DI Pondok Pesantren Ar-Risalah Slahung TAHUN AJARAN 2022-2023” |
5 | Imam Muslim | A1 | Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2A Di Pondok pesantren Al-iman Putra Ponorogo | Diterima Dengan Revisi | Diterima “Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2A Di Pondok pesantren Al-iman Putra Ponorogo TAHUN AJARAN 2022-2023” |
6 | Ahmad Nazar Fakhury | B | Implementasi media Tree Carth Series dalam meningkatkan pembelajaran Dinul Islam di PMDG kampus 2 Madusari Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Diterima “Implementasi media Tree Carth Series dalam meningkatkan Hasil Belajar pembelajaran Dinul Islam Kelas…… di PMDG kampus 2 Madusari Siman Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 (Spesifikasi kelas Dinul Islam Kelas Apa ??? 3C,atau 4 D??? Judul: Meningkatkan Hasil belajar Pada Materi Dinul Islam…) |
7 | ZIAUDDIN FARHANI | B | PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARIKH ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE WORD SQUARE KELAS 1H KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 2 | Diterima Dengan Revisi | Diterima “PENINGKATAN HASIL BELAJAR TARIKH ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE WORD SQUARE KELAS 1H KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 2 Tahun ajaran 1443/1444 |
8 | Daffa Thorif Murtadha | B | Penerapan Media Gambar Sketsa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kelas 3 Int k di PMDG | Diterima Dengan Revisi | Penerapan Media Gambar Sketsa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kelas 3 Int k di PMDG Tahun 1443/1444 diterima : Untuk menambahkan Tahun ajaran (Mungkin dipenjelasan bisa ditulis dalam skripsinya pembuatan sketsa dijudul hadist apa saja) |
9 | Jihan Safitri Indraswari | C1 | PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC BOX UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SANTRIWATI DALAM PEMBELAJARAN TARIKH ISLAM SISWI KELAS 2I PMDG PUTRI 2 TAHUN AJARAN 2022/2023 |
Diterima Dengan Revisi | Konfirmasi apakah Strateginya mungkin bisa dicari yang lebih sesuai serta apakah meningkatkan Keaktifan atau Hasil Belajar??? |
10 | Sila Isworo | C2 | PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING MELALUI MEDIA KUIS DENGAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI-MIPA-3 DI SMAN 1 KEDUNGWARINGIN TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Revisi dijudul PENERAPAN MEDIA KUIS DENGAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI-MIPA-3 DI SMAN 1 KEDUNGWARINGIN TAHUN AJARAN 2022-2023 (dikurangi startegi diganti dengan media) |
11 | Galih Ozy Maulina | C1 | Penerapan Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ushul Fiqh Kelas 4G di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 | Belum Diterima | Strategi Belum tidak sesuai dengan pembelajaran Ushul Fiqh |
12 | Mahfud Hidayat | A1 | MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 MTS PADA MATERI AQIDAH AKHLAQ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI PONPES DARUL FALLAH SUKOREJO TAHUN AJARAN 2021-2022 | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering di Kaji |
13 | Roby Willi Antoro | A1 | Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh menggunakan metode kooperatif tipe Question Student Have siswa kelas 7 dipondok pesantren Darul Fikri Kauman Ponorogo tahun ajaran 2022-2023. | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering di Kaji |
14 | Hasnan Habibi | A1 | Meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih dengan strategi cooperative learning siswa kelas 2 MTs di Pondok Pesantren Darul Fikri Kauman tahun ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering di Kaji |
15 | Dani Wahyu Setianto | A1 | Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh menggunakan metode demonstrasi siswa kelas III A di SDN 02 Demangan tahun ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | tidak ada kebaharuan dalam tindakan yang dipilih |
16 | Ahmad faris nur mustofa | A1 | Upaya Peningkatan Hasil Belajar Santri Dalam Pelajaran Tarikh islam dengan menggunakan metode Card Sort Pada kelas 2 Pondok modern al-islam nganjuk tahun pengajaran 2022/2023 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode |
17 | Nabil Salman | A1 | PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-FISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQH KELAS 2C DI AL IMAN PONOROGO | Belum Diterima | Media Audio-Visual perlu dispesifikkan dalam bentuk atau jenis apa? |
18 | Fajar ikhwana | A1 | Penerapan model cooperative learning tipe group resume pada mata pelajaran tarikh islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas 2B KMI di pondok pesantren al iman ponorogo 2022-2023 | Belum Diterima | Model Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode Pembelajaran |
19 | kharisma hadi setiawan 402019112059 | B | Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Tajwid Kelas 2c Di Pondok Moderen Ar-Risalah Slahung Ponorogo | Belum Diterima | Metode sudah sering digunakan dan dikaji tidak ada kebaharuan dalam tindakan yang dipilih |
20 | Ananda Putri Diah Utami | C1 | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWI KELAS 2H PADA MATERI TARIKH ISLAM DI GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 2022-202 |
Belum Diterima | Sudah ada yang lebih awal mengajuka Dengan strategi dan materi yang sama |
21 | Rini Maulida | C2 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQH KELAS VI SD IBS DARUL HIJRAH TAHUN 2022/1443 |
Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering di Kaji |
22 | Uly Anisa Luthfi Kamilah | C3 | Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Materi Al-Qur’an Hadist Dengan Strategi Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas 5C Di MI Nururssalam, Mantingan Ngawi | Belum Diterima | Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode |
23 | Lina Nur Widyanti | C3 | PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 3H DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode |
24 | Siti Rokhayati | C3 | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS 3H DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 2022-2023 | Belum Diterima | Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitian di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode |
25 | Tsania Zahroh Ilyun | C3 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID PADA KELAS 1L KULLIYATU-L MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN, NGAWI, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1442-1443 H/ 2022-2023) | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering di Kaji |
26 | Yunita Mardiani | C3 | Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswi Kelas 1K Pada Materi Fiqh Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022/2023 M | Belum Diterima | Metode Pembelajaran yang digunakan Sudah sering dikaji, Jika Penelitina di KMI disarankan tindakan bukan menggunakn Metode Pembelajaran namun media atau strategi, sehingga tidak merubah Metode |
27 | Gumilang Eka Fadhyla | A1 | Penerapan Metode Pakem Pada Mata Pelajaran Durusul Lughah Al-Arabiyah Dalam Meningkatkat Hasil Belajar Di Kelas 1 Di Pondok Miftahussurur Mojokerto Tahun Pembelajaran 2021/2022 | Belum Diterima | Metode perlu ada kebaharuan dan materi bukan ranah PAI |
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Kualitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | YULIA DWI CAHYA AJIZI | C2 | METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AZHARI MESIR PONDOK PESANTREN DAARUL UKHUWWAH PUTRI 1 MALANG TP. 2022-2023 M | Diterima | |
2 | Dewi Alfi Saniyyah | C1 | UPAYA GURU DALAM MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV B di MI AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023 | Diterima | |
3 | Ainun Jariah | C3 | Analisis Kesalahan dalam Penulisan Fi’il, Maf’ul Bih dan Jar Majrur pada pelajaran Insya’ Kelas 2 KMI PMDG Putri Kampus 2 | Diterima dengan revisi | Analisis Kesalahan dalam Penulisan Jumlah Fi’liah pada pelajaran Insya’ Kelas 2 KMI PMDG Putri Kampus 2 |
4 | Mely Puspitaningrum | C3 | STUDI ANALISIS PENCIPTAAN LINGKUNGAN BERBAHASA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR BERDASARKAN PERSEPEKTIF KH.IMAM ZARKASYI | Diterima dengan revisi | Lingkungan Bebahasa di PMDG Putri Kampus 1 (Studi Diakronik) |
5 | Iim Nur Inayah | C1 | ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MTS NEGERI 3 BOYOLALI DI MASA PANDEMI COVID 19 | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
6 | Syarifah Ambami | C3 | Analisis Kesalahan Umum Dalam Penyampaian Kosa Kata Baru Kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Periode 1443-1444 | Belum Diterima | Fokus masalah tidak jelas dan kurang spesifik |
7 | Nurmayahati Mulia Putri | C3 | Analisis Problematika Maharah Kitabah dalam Penulisan Insya’ Kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2021/2022 | Belum Diterima | Fokus masalah tidak jelas dan kurang spesifik |
8 | LUTHFIYA RAFIKA RAHMAH | C3 | Pembuatan Kamus Saku (Kosa Kata Mufrod dan Jamak) sebagai Media Tambahan Pembelajaran Tamrin Lughoh untuk Kelas Satu di KMI Gontor Putri Kampus 3 | Belum Diterima | Tidak sesuai dengan tingkat kemampuan siswi kelas 1 |
9 | Dhea Fairuz Azmi | C3 | Penerapan Media Pembelajaran “Power Point” dalam Meningkatkan Pemahaman Siswi pada materi “Fi’l Maziid wa Mujarrod” Siswi kelas 3 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 | Belum Diterima | Tidak kompatible dengan lokasi penelitian |
10 | Nabila Rahma Salsabila | C3 | Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Levidio Animatoon Pada Pelajaran Tarikh Adab Di Gontor Putri Kampus 1 Mantingan Tahun Ajaran 1444-1445 | Belum Diterima | Tidak kompatible dengan lokasi penelitian |
11 | QURROTUL A’YUN | C3 | PENERAPAN METODE MONTESSORI TERHADAP PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPA MASJID JAMI’ AN-NUR KEDUNGMIRI, SAMBIREJO, MANTINGAN, NGAWI | Belum Diterima | Fokus penelitian tidak sesuai dengan prodi |
12 | LIA HUSNUL KHOTIMAH | C3 | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MATA PEMBELAJARAN BALAGHOH KELAS 4B DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 TAHUN PELAJARAN 2021/2022 | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
13 | Ilmi Laduni | C3 | PERAN BAGIAN CLI (CENTRAL LANGUAGE IMPROVEMENT) DALAM MENINGKATKAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS 5 KMI DIPONDOK MODREN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN, NGAWI, JAWA TIMUR, INDONESIA | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
14 | Aprilya Azizah | C3 | Peran Pengurus Rayon Dalam Membina Kedisiplinan Berbahasa Arab Santriwati Kelas 2 KMI Gontor Putri Kmapus 1 | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
15 | Anastasya Safira | C3 | Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Santriwati Kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 2022 | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
16 | Mu’fiah Fuaidah | C1 | “IMPLEMENTASI TINGKAT KECERDASAN KEPRIBADIAN EKTROVERT-INTROVERT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” (Studi deskriptif SEKOLAH SMP SPEAM (Sekolah Pesantren Al- Maun Muhammadiyah Kota Pasuruan TAHUN Ajaran 2022-2023)) |
Belum Diterima | Judul penelitian tidak koheran |
17 | NUR QURROTAA’YUN | C1 | ANALISIS FAKTOR KESULITAN DALAM MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB KE BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 14 SURABAYA TAHUN AJARAN 2022-2023 | Belum Diterima | Ganti tempat penelitian di lembaga yang memiliki interest di Bahasa Arab |
18 | Nazalia Rosadanti Hanan ‘Adila | C2 | ANALISIS FAKTOR KESULITAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA KELAS IX E MTS PAMULANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023 | Belum Diterima | Fokus permasalahan harus spesifik |
19 | Annisa Nurfitriani Noeghraha | C2 | Peran pembelajaran Mufrodat Dalam Meningkatkan Maharotul-Kitabah pada kelas 2 KMI di Pondok Modern Gontor Putri, Kampus 1 | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
20 | Helma Autharina Salsabil Nahda | C1 | PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS MATRIKULASI DAN PENYELESAIANNYA DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS PUTRI TAHUN AJARAN 2021-2022 |
Belum Diterima | Fokus permasalahan harus spesifik |
21 | Ardiman Fadhil | A1 | Analisis kesalahan Keterampilan menulis Pada pelajaran Insya di Madrasah Aliyah 1 Nagan raya Aceh Tahun Ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | Fokus permasalahan harus spesifik |
22 | Kamaluddin | A1 | PEMBELAJARAN SHOROF DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANHAJI DI PONDOK PESANTREN DARUN NUHAT LAMONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022 | Belum Diterima | Sudah pernah diteliti |
23 | Rifaldy Ali Firmansyah | B | PERAN WALI KELAS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS (MAHARATUL KITABAH) SANTRI BARU DI PMDG KAMPUS 2 TAHUN 2022 | Belum Diterima | Tidak Ada Kebaharuan Dalam Fokus Penelitian |
Kuantitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | AFNI NURWARDAH | C2 | ANALISIS BUTIR SOAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS N 3 PATI TAHUN AJARAN 2021-2022 | Diterima | |
2 | Anggita Hilaul Pikri | C1 | Efektifitas Media Permainan Meloncat Bulatan Kata Terhadap Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Bagi Kelas 6 MI Nurul Ulum Pegiringan Tahun Ajaran 2022 / 2023 | Diterima | |
3 | Safira Firdausil Jannah | C2 | Efektivitas Media Permainan Tebak Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodhat Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 2 Tulangan Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima | |
4 | Fhira Rukti Amaliza | C2 | Efektivitas Penerapan Metode Puzzle Amplop Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Blunyah Sleman Yogyakarta 2022-2023. | Diterima | |
5 | Alma Istiqomah | C1 | Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning berbasis Google Sites Untuk Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Al-Ishlahiyah Depok Tahun Ajaran. 2022/2023 | Diterima | |
6 | Ana Sabila Rizqia | C2 | Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Agama di MAN 1 Ngawi Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima | |
7 | Salsabila Eka Widyasari | C2 | HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KEMAMPUAN MENULIS INSYA’ DI KELAS MATRIKULASI UNIDA KAMPUS PUTRI TAHUN AJARAN 2022/2023 | Diterima | |
8 | AISYAH IMANI | C2 | PENERAPAN AUTHENTIC ASSESSMENT PORTOFOLIO HASIL BELAJAR ILMU NAHWU SANTRI WATI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IKHLASH PUTRI KUNIGAN JAWA BARAT TAHUN AJAR 2021/2022 | Diterima | |
9 | Rahmah As-Sa’idah | C1 | Pengaruh Media Evaluasi Anagram Pada Pembelajaran Shorof Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Daar El-Kutub Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima | Pengaruh Media Evaluasi Anagram Terhadap Hasil Belajar Shorof Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Daar El-Kutub Tahun Ajaran 2022-2023 |
10 | Megawati | C2 | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “ ARABIC SMART SPINNER” TERHADAP HASIL BELAJAR TAMRIN LUGHOH PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 12 PACIRAN LAMONGAN TAHUN AJARAN 2022 – 2023 | Diterima | |
11 | Nuril Syahrul Istiqlal B.S | C2 | Pengaruh Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Ricite And Riview) Terhadap Peningkatan Kemampuan Maharatul Qiro’ah Siswi Putri Kelas 3 KMI Di Pondok Modern Darul Hikmah Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. | Diterima | |
12 | Neni Naqiyah | C2 | Pengaruh Soal Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII A DI MTs Al-Khairiyah Kelapian Serang-Banten Tahun Ajaran 2021-2022 | Diterima | |
13 | Asa Fadhilah | C2 | PENGARUH STRATEGI IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MUHADATSAH KELAS I MTS MBS YOGYAKARTA 2022-2023 | Diterima | |
14 | Nur Fera Khalifah | C2 | PENGARUH STRATEGI PBL (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MUTHOLAAH SANTRIWATI KELAS 2 MTS PONDOK MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE TAHUN AJARAN 2022/2023 | Diterima | |
15 | Muhammad Jendral Bumi | A1 | Efektivitas Media Pembelajaran “Arabic Guessing Game” terhadap Penguasaan Kosa kata bahasa arab di kelas 5 MI Muhammadiyyah Patikraja | Diterima | |
16 | Anggri Wijayanti | C2 | Efektivitas Media Pembelajaran Virtual Reality Dalam Pembelajaran Kosa kata bahasa Arab Buku Muhadatsah kelas 1 KMI di PMDG putri 2 | Diterima | |
17 | Arina Dienana | C2 | Pengaruh Penerapan Metode Permainan Edukatif “The Snake Ladder Board Game” terhadap Hasil Belajar siswa kelas 8 SMP Mafaza Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Game untuk tingkat SD/MI, untuk tingkat SMP menggunakan strategi yang lain |
18 | Rohmah Hidayatus Sa’diyah | C1 | Efektivitas metode Silent Way dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk siswa kelass 6 diSD Muhammadiyah 11 Randegan, Tanggulangin, Sidoarjo | Diterima Dengan Revisi | Variabel Y dikhususkan kepada pembelajaran mufrodat |
19 | Ashila Hazima Hanan | C1 | EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Ganti variabel X |
20 | Salma Rizqi Hidayana | C3 | Pengaruh Kegiatan Halaqoh Lughoh Terhadap Hasil Ujian Bahasa Arab Kelas 5H PMDG Putri 2 2022/1444 | Diterima Dengan Revisi | Menggunakan Pendekatan Kualitatif, tanpa ada pengaruh hasil belajar |
21 | Luthfiyah Cahyaningtyas Putri | C1 | PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB اللغة العربية BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA FIKIR ANAK PADA SISWA/I KELAS IV SDIT AL MUHAJIRIN 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Efektifitas Buku Ajar B. Arab اللغة العربية berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar B. Arab Siswa/I SDIT Al-Muhajirin (Tambahkan Kota & Diganti Metode Eksperimen) |
22 | Hamdan fadhlika farani | B | Pengaruh pelajaran mutholaah dalam peningkatan bahasa arab siswa kelas tiga di pondok modern darussalam gontor kampus dua madusari siman ponorogo periode 2021-2022 | Belum Diterima | |
23 | Adam Madjid Siregar | B | PENGARUH PENERAPAN METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHAROTUL KALAM BAGI ANGGOTA KHUSUS AL-COEDA DI LANGUAGE COURSES DEPARTMENT (LCD) PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN AJARAN 1443-1444 | Belum Diterima | Ganti metode, jika eksperimen sebaiknya di kelas dan bukan di KMI |
24 | Hurin In Nurul Firdausi | C3 | Pengaruh Pemahaman Nahwu Terhadap Kemampuan Menulis Insya’ pada Kelas 2 di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 | Belum Diterima | Sudah sering dikaji, ganti variabel X |
25 | Nurlina Siregar | C3 | Pengaruh Pemahaman A’dad Wal Ma’dud Terhadap Penguasaan Bahasa Arab Santriwati Kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 | Belum Diterima | Ganti Judul |
26 | Fina Raudhatulkhair Asibi | C3 | Analisis Butir Soal Ulangan Umum Akhir Tahun Pelajaran Nahwu Kelas 2 KMI Gontor Putri Kampus 3 Karangbanyu Widodaren Ngawi Jawa Timur Tahun Ajaran 2021-2022 | Belum Diterima | Sudah ada judul yang sama |
27 | Dwiyan Rachmadi Al-Hajj | B | Hubungan Minat Baca, Motivasi Belajar Siswa, Dengan Prestasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas 2 KMI Pondok Pesantren Al-iman Putra | Belum Diterima | |
28 | Ahmad Farhan Rif’an Najib | B | KORELASI ANTARA BIMBINGAN PEMBELAJARAN MAHARAT KALAM DAN KEMAMPUAN BERBAHASA SANTRI ISTIRQO SEBAGAI ASISTEN BAGIAN BAHASA DIPONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR | Belum Diterima | |
29 | Ira Safitri Sarjono | C3 | Penerapan metode Mind Mapping Ilmu Ma’ani siswi kelas 5E KMI di PMDG Putri 2 | Belum Diterima | |
30 | Nurul Aida awaliyah | C3 | Pengaruh Metode Example Non Example terhadap keterampilan Menulis Insya Pada kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 |
Belum Diterima | Sudah sering dikaji, ganti variabel X |
31 | Alif Miftahul Ulum | C3 | Pengaruh Metode Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Santriwati Kelas 5F KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2022/1443 | Belum Diterima | Sudah sering dikaji, ganti variabel X |
32 | Yusvita Kusuma Wardani | C3 | Pengaruh Muwajjah Sobahi Terhadap Peningkatan Hasil belajar Bahasa Arab kelas 1 intensif KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode 2022-2023 | Belum Diterima | Pindah lokasi penelitian |
33 | Neng Rosi Resmalasari Dewi | C3 | EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMBELAJARAN BALAGHOH SISWI KMI KELAS 4 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 SAMBIREJO MANTINGAN NGAWI JAWATIMUR INDONESIA TAHUN 2022-2023 | Belum Diterima | |
34 | Akmal Mahrus Ilhami | B | EFEKTIFITAS BUKU SAKU TERHADAP PERBENDAHARAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SANTRI BARU DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN 2022 | Belum Diterima |
Studi Kepustakaan
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Raksa Adhomata Dinika | A1 | الأسماء المنصوبات في أواخر آيات سورة الأحزاب (دراسة تحليلية نحوية) | Diterima | |
2 | Nabila Humaira | C3 | Huruf Faa’ Dalam Surat Al-Qashas (Studi Analisis Nahwu) | Diterima | |
3 | Abidatul Qoyyum Al Mahbubah | C3 | Macam-Macam Maa (ما) Dan Maknanya Dalam Surah Al-Ahzab (Dirasah Tahliliyah Nahwiyah) |
Diterima | |
4 | M. Zidane Taqiyyurrahman | B | Analisis Idiom Bahasa Arab Berita Tekstual Arab Warta Dunia Pondok Modern darussalam gontor Volume 35 tahun 2022. | Diterima | |
5 | Wafi Aulia Fajrin | C3 | Analisis Uslub At-Thibaq Dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi (Studi Analisis Balaghoh) | Diterima | |
6 | Andi Hazrah Nurhaliza Ibrahim | C1 | Analisis Tarkib Isnadi dalam Kitab Durusul Lughah Al-Arabiyah Jilid I Karya KH Imam Zarkasyi Dan KH Imam Syubani | Diterima | |
7 | Tara Nurintia Putri | C1 | Khabar Jumlah pada Buku Ajar Muthola’ah Kelas 4 Kuliyatul Mu’alimat Al-Islamiyah (Studi Analisis Nahwu) | Diterima | |
8 | Miftahul Khoir | A1 | المحسنات اللفظية في سورة الملك (دراسة وصفية بلاغية) | Diterima | |
9 | Nuraeni Rahmawati | C2 | “Huruf-huruf A’milah dan maknanya pada buku bulughul Maraam Bab syarat sholat (dirasah tahliliyah nahwiyah)” | Diterima dengan Revisi | Konfirmasi ke Prodi terkait : Huruf ‘Amilah “Huruf-huruf A’milah dan maknanya pada buku bulughul Maraam Bab syarat sholat (dirasah tahliliyah nahwiyah)” |
10 | Riska Nur Oktavia | C1 | Analisis Nawasikh Jumlah Ismiyyah pada Buku Ajar Muthola’ah Kelas 2 Kulliyatu Al-Mu’allimin Al-Islamiyyah (Studi Analisis Sintaksis) |
Diterima dengan Revisi | Analisis Nawasikh pada Buku Ajar Muthola’ah Kelas 2 Kulliyatu Al-Mu’allimin Al-Islamiyyah (Studi Analisis Sintaksis) – (Dibatasi كان وأخواتها أو إنّ وأخواتها) |
11 | Linda Syariefah Ratna Dewatie | C1 | ANALISIS TARKIB IDHAFY, DAN BAYANY DALAM KITAB AL-QIRO’AH AR-ROSYIDAH KELAS 3 KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH | Diterima dengan Revisi | Pilih salah satu – Tarkib Idhofi/Bayani |
12 | Nada Muhda Imana | C3 | ANALISIS MAKNA HURUF TAMBAHAN DALAM KATA KERJA DALAM SURAT AT-TAUBAH (DIRASAH TAHLILIYAH SHORFIYAH) | Diterima dengan Revisi | Diarahkan meneliti surat yang lebih pendek/buku hadits |
13 | Khairus Sakinah Chaeruddin | C1 | ANALISIS TARKIB ISNADI, BAYANI, DAN IDHOFY DALAM KITAB WASHOYA AL-ABAA’I LIL AB-NAA’I KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR (Studi Analisis Sintaksis) | Diterima dengan Revisi | Memilih satu variabel. Disarankan memilih Bayani |
PTK
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Aidha Zalidar Mirza | C2 | Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Muthola’ah Kelas 1 Madrasah Aliyah Di Pondok Pesantren Darussalam Sengon, Jombang Tahun Ajaran 2021-2022 M | Diterima | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 1 apa? dan Tahun Periode diubah |
2 | Nisa Nur Rahma | C2 | Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mahasiswi Matrikulasi Pada Mata Pelajaran Durusullughah Di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Tahun Ajaran 2022-2023. | Diterima | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul |
3 | Bilqis Arifah | C1 | Penerapan strategi make a match untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Arab MIS Al – Ihsan 1 Sawahan Jombang tahun ajaran 2022/2023 | Diterima | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 4 apa? MIS atau MTs? |
4 | MUHAMMAD SIDIK NIKI WINATA | A1 | Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Nahwu Siswa Kelas 2B KMI Di Pondok Modern Baitul Hidayah Bandung Tahun Ajaran 2022-2023 M. | Diterima | Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul |
5 | Hasan Al Mubarok Sidiq | A1 | Penerapan Strategi Pembelajaran “Crossword Puzzle” (CWP) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muthola’ah Siswa Kelas 2B KMI di Pondok Modern Baitul Hidayah Bandung Tahun Ajaran 2022-2023 M | Diterima | Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul |
6 | Zainal Abidin | A1 | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MAHAROTUL KALAM SISWA KELAS 2B DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI PONOROGO | Diterima | Tanpa Menyebutkan Prestasi Belajar karena sudah memakai kalimat Hasil belajar Serta ditentukan Tahun ajarannya |
7 | Muhammad Fahrul Rozi | A1 | Penerapan Strategi Puzzle Amplop Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 KMI Dalam Pembelajaran Mutholaah Di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul tahun 2022-2023 | Diterima | Spesifikasi Kelas 1 |
8 | Muhammad Abdul Wahib Ahsan | A1 | PENERAPAN STRATEGI TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MUTHOLAAH SISWA KELAS 2B KMI PONDOK PESANTREN AL-KHAIR PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul |
9 | Hafif Syihamuddin | A1 | Penerapan Strategi Total Physical Respon (TPR), Terhadap keaktifan dan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran durushul lughoh,di kelas XA MAN 1 Kota Metro,Tahun Ajaran 2022-2023. | Diterima | Tanpa Menyebutkan meningkatkan atau peningkatan Keaktifan pada Judul |
10 | Andika Pratama | A1 | PENERAPAN STRATEGI LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUTHOLAAH SISWA KELAS 2B KMI DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIDAYAH BANDUNG TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Strategi Learning Coomunity sesuai untuk Mata Pelajaran Insya Karena untuk meningkatkan kemampuan menulis (bisa dicari srategi lain yang lebih cocok atau materi nya diubah), dijudul tanpa ditulis terkait keaktifan. |
11 | Nur Lailatusy Syifa’ | C1 | PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NAHWU DI KELAS 7 SMPIT AL-AZHAR PATI TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Tidak Perlu menyebutkan aktivitas dalan judul, serta mohon dipertimbangkan kembali terkait strategi lain yang mungkin beda dan cocok untuk materi ini. |
12 | Faiz Abdin Rahmanda | B | “PENERAPAN STRATEGI FLIP CHART TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2-D PADA MATERI MUTHOLAAH DI MTS. AL-ISLAM JORESAN PERIODE 2021-2022 “ | Diterima Dengan Revisi | keaktifan tidak perlu ditulis di Judul, Periode dibetulkan menjadi 2022-2023 |
13 | Meilina Husna Adiebah | C1 | PENERAPAN MEDIA ARABIC FUN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI DI SDIT SALSABILA AL-MUTI’IN YOGYAKARTA PRIODE 2021/2022 |
Diterima Dengan Revisi | Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 6 apa?, dan Tahun Periode diubah |
14 | Septika Bayzura | C1 | Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MIS Al-Ihsan 1 Sawahan Jombang Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima Dengan Revisi | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 5 apa? |
15 | Laila Eka Fitriana Jatmiko | C2 | Penerapan strategi pair check dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pelajaran bahasa arab pada siswa kelas 2 MtsN 2 Model Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima Dengan Revisi | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 2 apa? |
16 | Safira Anugrah | C2 | Penerapan Strategi Pembelajaran Brainstorming Pada Mata Pembelajaran Muthalaah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa kelas VIII di Pondok Nurul Haramain Mataram Lombok Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima Dengan Revisi | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul, Ketentuan Kelas lebih Spesifik kelas 8 apa? |
17 | Naafi Al Kautsar | A1 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN “PROBLEM BASED LEARNING” (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS 2B DALAM PELAJARAN ARABIYAH LINNASYIIN DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL – KAIRI JIMBEE JENANGAN TAHUN AJARAN 2022-2023 M | Diterima Dengan Revisi | Tanpa Menyebutkan Keaktifan pada Judul |
18 | Zaffa Izzatul Islamiah | C2 | PENERAPAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 6 SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022-2023 | Belum Diterima | Strategi ini tidak sesuai dengan pembelajaran bahasa arab lebih cocok untuk materi sejarah dan sejenisnya (Bisa Mencari Startegi yang lebih cocok) |
19 | Khoirunnisa Nasution | C2 | Penerapan Strategi Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MI Nurussalam Mantingan, Ngawi Tahun Ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | Belum Jelas dan Spesifik terkait Mata Pelajaran serta kelas 5 apa? |
20 | Zaki Abdul Muhaimin | A1 | Penerapan Strategi Buzz Group (BG) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 9A MTSN 1 Mojokerto Jawa Timur Tahun ajar 2022-2023 |
Belum Diterima | Strategi yang dipilih (Buzz Group) tidak sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab (Cari Strategi pembelajaran yang lebih cocok dan diperlukan di kelas atau sekolah tersebut) |
21 | Adam Fattullah Attasyriki | A1 | PENERAPAN STRATEGI DEMONSTRASI BISU “SILENT DEMONSTRATION” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SANTRI KELAS II-B PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PONOROGO TAHUN AJARAN 2021-2022 | Belum Diterima | Strategi yang dipilih tidak sesuai dengan Karakteristik pembelajaran Bahasa Arab |
22 | Dewa Dwiatman Saputra | A1 | PENERAPAN STRATEGI MENGGAMBAR IMAJINASI “IMAJINATIF DRAWING” PADA MATA PELAJARAN MUTHOLAAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI TAHUN AJARAN 2022-2023 |
Belum Diterima | Strategi yang dipilih kurang cocok jika digabungkan mapel mutholaah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab, membingungkan mungkin bisa dispesifikasikan permasalahan dan judulnya . |
23 | Muhamad Afdal Miftah | A1 | PENERAPAN STRATEGI BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUTHOLA’AH SISWA KELAS 7 C DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023 | Belum Diterima | Strategi yang dipilih (Buzz Group) tidak sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab (Cari Strategi pembelajaran yang lebih cocok dan diperlukan di kelas atau sekolah tersebut) |