
Maklumat Ketetapan Sidang Judul Skripsi Tahap II (2022-2023)
Dengan ini kami dari Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, mengumumkan hasil ketetapan sidang judul skripsi:
- Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima dengan Revisi” dan “Belum Diterima” dapat mengajukan judul kembali selambat-lambatnya tanggal 10 Syawwal 1443/ 11 Mei 2022 pada link berikut: link PAI & link PBA dan dapat berkonsultasi kepada penanggungjawab masing-masing Prodi.
- Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima” dapat segera menyusun proposal penelitian sesuai dengan ketentuan berikut pada link ini.
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Kualitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Nishfi Nurin Nada | C1 | IMPLEMENTASI METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP TECNO INSAN KAMIL TUBAN | Diterima | |
2 | Habsari Nur Hidayah | C2 | INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DI MAN 1 MOJOKERTO | Diterima | |
3 | Tia Puspita Sari | C1 | Implementasi Kurikulum Mu’adalah Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI) di Pondok Pesantren Manahijussadat Serang Banten | Diterima | |
4 | Wulan Noviyanti Asyarah | C2 | IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KETERAMPILAN EKSPLORASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SANGATTA SELATAN TAHUN 2022- 2023 | Diterima | |
5 | ivena faiz rizki | C1 | IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATED DI SMP SEKOLAH CENDEKIA BAZNAS | Diterima | |
6 | Viqra Sofi Aulia | C1 | Peran Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Jalanan (Studi Kasus di Sekolah Anak Jalanan Jakarta International Container (JICT)) | Diterima | |
7 | Adnun Yelipele | B | Model Pengelolaan Program Keagamaan di Masjid Jannatul Firdaus (je ef) Siman Ponorogo | Diterima | |
8 | Pitaloka Jati Kumolo Dewi | C1 | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS DI MIN 2 GUNUNG KIDUL, Yogyakarta | Diterima | |
9 | Uswatun Khasanah Asy Syifaindria Putri | C1 | BUKU MONITORING SANTRI SEBAGAI UPAYA KERJASAMA ORANG TUA DENGAN GURU DALAM MEMBINA NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI SANTRI KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO | Diterima | |
10 | Aisya Rahma El-Fani | C3 | Implementasi metode musyafahah dalam Menghafal al-qur’an di ma’had al-muqoddasah litahfidzil qur’an nglumpang mlarak ponorogo tahun ajaran 2022-2023 | Diterima | |
11 | juairiyah | C2 | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB MABADI’UL FIQIHIYAH TERHADAP PEMAHAMAN FIQIH SISWA DI MI MA’ARIF PAGERWOJO | Diterima dengan Revisi | Perubahan Judul “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB MABADI’UL FIQIHIYAH DI MI MA’ARIF PAGERWOJO” |
12 | Fitri Siyami | C2 | POLA PENDIDIKAN ISLAM MASYARAKAT MUSLIM ASLI PAPUA DI DAERAH KOKODA MUSLIM, KILO 8 KOTA SORONG PAPUA BARAT | Diterima dengan Revisi | KONFIRMASI TERKAIT TEKNIS PENGUMPULAN DATA PENELITIAN MENGINGAT LOKASI JAUH |
13 | Thoriq Majid Rahmadias | A1 | Analisis Pendidikan Karakter Olah Fikir, Olah Hati, dan Olah Rasa pada Instansi ITQAN Group (Ilmy Tarbawy Qur’any) Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 1 | Diterima dengan Revisi | Pola Pembentukan Kompetensi Critical Thinking Santri PMDG (Studi Fenomenologi di ITQAN PMDG) |
14 | Dinni Triana Dewi | C2 | PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BHAKTI LUHUR MADIUN | Diterima dengan Revisi | PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BHAKTI LUHUR MADIUN” |
15 | Khansa Mujahidah Az-Zahra | C1 | PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKULIKULER PAI DALAM MEWUJUDKAN VISI-MISI SEKOLAH DI SDN CIMUNING I, BEKASI | Diterima dengan Revisi | konfirmasi terkait program kegiatan ada/tidak di sekolah |
16 | lisa dwi saputri | C3 | Pembentukan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al Muqodasah Ponorogo | Diterima dengan Revisi | Penerapan Metode Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Tahfidz Al-Qur’an Al Muqodasah Ponorogo |
17 | Muslimin Bin Misri | B | Implementasi Model Active Learning Dalam Pembelajaran PAI Di Pondok Pesantren Arrisalah. | Diterima dengan Revisi | konfirmasi terkait materi tertentu dan model sudah diterapkan |
18 | Mutiara Erisqi Rama Gesta | C3 | Peran Tim Sukses dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan (Studi Kasus Tim Sukses Kelas 6 di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1) | Diterima dengan Revisi | People Manajement dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan (Studi Kasus Tim Sukses Kelas 6 di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1) |
19 | Amanda Najla Krisnandya | C3 | PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SANTRIWATI MELALUI KEGIATAN KESENIAN (Studi Kasus Panggung Gembira Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1) | Diterima dengan Revisi | Apresiasi Kesenian Islam Studi Fenomenologi Panggung Gembira di PMDG Putri Kampus 1 |
20 | Pitaloka Jati Kumolo Dewi | C1 | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN (HAFALAN JUZ 30) DI SDIT FAJRUL AMANAH GUNUNG PUTRI BOGOR | Belum Diterima | |
21 | Pitaloka Jati Kumolo Dewi | C1 | POLA PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA REMAJA ( Studi Kasus Rumah Tahfidz Qolbul Qur’an Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Gunung Putri – Bogor ) | Belum Diterima | |
22 | Pitaloka Jati Kumolo Dewi | C1 | PERAN ORGANISASI MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) PAI DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER KEAGAMAAN SISWA di MI PLUS WALISONGO TRENGGALEK | Belum Diterima | |
23 | Aliza Nur Azizah | C3 | Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Santriwati (Studi Kasus Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1) Tahun Ajaran 2022/2023 | Belum Diterima | Belum ada ranah PAI |
24 | Aliza Nur Azizah | C3 | Pembentukan Skill Komunikasi Santriwati melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadharah (Studi kasus Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1) Tahun Ajaran 2022/2023 | Belum Diterima | Belum ada ranah PAI |
25 | Habsari Nur Hidayah | C2 | IMPLEMENTASI METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMP NEGERI 2 DLANGGU MOJOKERTO | Belum Diterima | Pendekatan PTK |
26 | Rizki Putri Utami | C2 | PERAN INTERPERSONAL SKILL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS ORGANISASI PELAJAR PONDOK MODERN ( OPPM ) DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 | Belum Diterima | |
27 | Rini Maulida | C2 | IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IV MIN NGANJUK 2022/1443 | Belum Diterima | Pendekatan Penelitian dapat dikaji dengan PTK dengan catatan belum diterapkan di lokasi penelitian |
28 | WARDAH HANI NABILA | C3 | PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN KELAS V MELALUI PENUGASAN TERSTRUKTUR DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 TAHUN 2022-2023 | Belum Diterima | sudah sering dikaji fokus penelitiannya |
29 | Khansa Mujahidah Az-Zahra | C1 | ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN YOGYAKARTA | Belum Diterima | diarahkan kuantitatif |
30 | erika desi sanjaya | C2 | Pengaruh penerapan sholat dhuha terhadap mental dan kecerdasan siswa kelas 5 di MI NURUSSALAM | Belum Diterima | diarahkan kuantitatif |
31 | ivena faiz rizki | C1 | MANAJEMENT SARANA PRASARANA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATERI PAI SISWA TINGKATAN SMP DI SEKOLAH AL AZHAR SRAGEN | Belum Diterima | diarahkan kuantitatif |
32 | Balqis Nashiroh Lii dinnillah | C3 | PENGARUH MENINGKATNYA PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus di Pondok Al- Ikhlas Pule, Mantingan) | Belum Diterima | |
33 | Mohammad Iqbal Gusti Rakasiwi | A1 | Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Keagamaan Pada Peserta Didik Kelas 9 di SMP Ma’arif Ponorogo | Belum Diterima | |
34 | Sitti Rahma | C2 | PENGARUH INTERNET TERHADAP PENDIDIKAN AHLAK SISWA KELAS II DI SMA N KEDUNG WARINGIN | Belum Diterima | Uji Pengaruh Pendekatan Kuantitatif |
Kuantitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Irmada nadiva jb | C2 | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LUDO DALAM PEMBELAJARAN PAI GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KELAS III DI SDN 1 GELUNG, DUSUN PARON, DESA GELUNG, KEC. PARON, NGAWI TAHUN AJARAN 2022/2023 | Diterima | Judul diubah “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PAI KELAS III DI SDN 1 GELUNG, DUSUN PARON, DESA GELUNG, KEC. PARON, NGAWI TAHUN AJARAN 2022/2023” |
2 | DESI TRI UTAMI | C3 | EFEKTIVITAS METODE BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWI KELAS 1 PADA MATERI FIQH DI PONDOK AIBS BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2022/2023 | Diterima | |
3 | Eva febrianingsih | C2 | Pengaruh Metode Pembelajaran Preview,Question,Read Summarize, And Test(PQRST) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi SKI Di MTS Malinau Sebrang | Diterima | |
4 | Jihan Manida | C2 | “PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN QUALITY, APPROPRIATNES, INCENTIVES, TIME (QAIT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SD NEGERI MANTINGAN 2 NGAWI JAWA TIMUR” | Diterima | |
5 | Cindy Santika Febriyanti | C3 | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Materi PAI Kelas VII di SMP 2 Widodaren | Diterima | |
6 | Hajizah Indah Santoso | C2 | Pengaruh Soal Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa Di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta | Diterima | Variabel Y ditujukan ke materi pelajaran tertentu |
7 | Sekar winnis Chairunnisa | C3 | PENGARUH STRATEGI PREDICTION GUIDED TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN FIQH DI PONDOK RAUDHATUSSALAM YOGYAKARTA | Diterima | |
8 | Sekar Winnis Chairunnisa | C3 | PENGARUH STRATEGI PHYSICAL SELF ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS 5 PADA PELAJARAN PAI DI SD HIDAYATULLAH BOGOR | Diterima | |
9 | Wafiq ‘Azizah | C3 | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 3 DI SD AL-IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO PERIODE 2022-2023 | Diterima | |
10 | Nilam Budi Kusuma Wardani | C1 | Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq siswa kelas 7 pondok pesantren Daarul Arqom Jono | Diterima | |
20 | Tia Puspita Sari | C1 | PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA GURU DI MTS AN-NAJAH KUNINGAN | Diterima dengan Revisi | ditambahkan satu variabel tentang PAI |
21 | Rosyida Rakhmania Muha | C3 | Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswi Kelas 5 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Pelajaran 1443/1444 H | Diterima dengan Revisi | Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran FIQH |
22 | Hafilda Anisa | C3 | PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP SIKAP SOSIAL KELAS 5 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 | Diterima | |
23 | Alzan Azizah | C2 | PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 NGAWI JAWA TIMUR | Diterima dengan Revisi | Ditambahkan satu variabel karena judul sudah sering diteliti |
24 | Fahrur Roji | A1 | PENGARUH MOTIVASI INSTRINSIK TERHADAP KEMAMPUAN REGULASI DIRI SANTRI KELAS 1 PONDOK PESANTREN RAFAH TAHUN AJARAN 2022-2023. | Diterima | |
11 | Siti Raihanah Najla Saleh | C1 | PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HAJI DAN UMROH PADA PELAJARAN FIQH KELAS VIII DI MTS AL-IMAN MAGELANG | Diterima | |
12 | Nahdiana Efrila Tianova | C3 | PENGARUH STRATEGI READING, ENCODING, ANNOTATING, PONDERING (REAP) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 5 C MI DI PSM AL-AMIN SUMBERAGUNG NGAWI | Diterima dengan Revisi | Judul diubah “PENGARUH STRATEGI READING, ENCODING, ANNOTATING, PONDERING (REAP) terhadap Hasil Belajar MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 5 C MI DI PSM AL-AMIN SUMBERAGUNG NGAW |
13 | DESI TRI UTAMI | C3 | PENGARUH METODE HANIFIDA DALAM MENGHAFAL ASMAUL HUSNA DI RAUDHATUL ATHFAL AL-IKHLAS KOTA BANJAR JAWA BARAT TAHUN 2022/2023 | Diterima dengan Revisi | PENGARUH METODE HANIFIDA TERHADAP Hasil Belajar Materi Al-quran DI RAUDHATUL ATHFAL AL-IKHLAS KOTA BANJAR JAWA BARAT TAHUN 2022/2023 |
14 | sundari | C2 | “PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS V MI NURUSSALAM” | Diterima dengan Revisi | MEMILIH SALAH SATU MATERI PAI DI MI Disarankan Aqidah Akhlak |
25 | rizka verdiana | C3 | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS 4 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 | Diterima dengan Revisi | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN ……… (tambahkan satu variabel lagi) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS 4 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 |
15 | sundari | C2 | “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RISITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X SMAN 1 KEDUNGGALAR” | Belum Diterima | Model Pembelajaran sudah sering diteliti |
16 | Siti Raihanah Najla Saleh | C1 | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSION TERHADAP HASIL BELAJAR SKI KELAS IV DI MI DOWORA MALUKU UTARA | Belum Diterima | Metode Pembelajaran tidak ada kebaharuan |
17 | Nur Fadilah | C2 | PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CERDAS CERMAT BERANTAI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII SMPIT RABBIRADHIYA CURUP, BENGKULU | Diterima | |
18 | Fatasya Nur Azizah | C2 | PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VSEKOLAH DASAR NEGERI 1 JOSARI | Diterima | |
19 | Sumayyah Karimah | C2 | Pengaruh pembelajaran Fiqh terhadap pengamalan ibadah dalam kehidupan siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurussa’adah | Belum Diterima | ganti variabel Y |
20 | Dinni Triana Dewi | C2 | “PENGARUH KEBIASAAN SHALAT BERJAMA’AH DAN KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V DI SD AISYIYAH FULL DAY PANDES KLATEN” | Belum Diterima | ganti variabel lain |
21 | ivena faiz rizki | C1 | ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK KOMPETENSI SIKAP DAN SPIRITUAL PADA MATERI PAI KELAS 7 SMP DI SEKOLAH BAZNAS | Belum Diterima | Penelitian ini terlalu berat untuk mengembangkan instrumen |
22 | Nur Ainun Fadilah | C1 | PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 BANDUNG | Belum Diterima | ganti variabel lain |
23 | Drew Valasantria Aisyah Putri Ferarri | C3 | PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS 3F KMI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 | Diterima | |
24 | Fitri Siyami | C2 | PENGARUH BUKU PINTAR DINCA (DINIYYAH EDUCATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN AGAMA ISLAM di MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH AWALIYAH NURUL HUDA SORONG | Diterima | |
25 | miftakhul jannah | C1 | HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 | Diterima | |
26 | Hidayatus Sholikhah | C1 | pengaruh Bleanded Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Bojonegoro | Diterima | |
27 | Zulfa uswatun hasanah | C1 | Pengaruh self-esteem terhadap resiliensi akademik remaja di Gontor putri kampus 3 | Diterima | |
28 | Zulfa uswatun hasanah | C1 | Pengaruh regulasi diri terhadap resiliensi akademik remaja di pondok modern darussalam gontor putri kampus 3 | Diterima | |
29 | Zulfa uswatun hasanah | C1 | Pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi akademik remaja di pondok modern darussalam Gontor putri kampus 3 | Diterima | |
30 | sal shakhiba albira nanda hanafi | C3 | PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA SELURUH PENGURUS RAYON SISWI KELAS 5 KMI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 3 TAHUN PELAJARAN 2022/2023 | Diterima | |
31 | Ana Fitriana | C1 | Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV di SD Al-Jabbar Gondang | Diterima |
Studi Kepustakaan
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Zena Uslyfatul Aini | C2 | STUDI KOMPARATIF KONSEP PEMBELAJARAN AL – QUR’AN PERSPEKTIF YUSUF QARDHAWIY DAN IBNU TAIMIYAH | Diterima | pilih salah satu perspektif |
2 | Muhammad Chaidar Al faruq | B | Konsep Pendidikan Tauhid Bagi Anak Dalam Buku Tahuid Jilid 1,2&3 Karya Doktor Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan | Diterima dengan Revisi | Konsep Pendidikan Tauhid Perspektif Shalih Bin Fauzan Bin Abdullah Al-Fauzan |
3 | Zena Uslyfatul Aini | C2 | KONSEP PENDIDIKAN PRENATAL MENURUT PERSPEKTIF SA’AD ALI BIN WAHAB AL – QAHTANIY | Diterima dengan Revisi | konfirmasi buku primer penelitian |
4 | ILMA NAFI’A ZUHRIA FEBRIZA | C1 | Konsep Pendidikan Anak Laki-laki dan Perempuan menurut perspektif Dr Khalid Ahmad Asy-syantut | Diterima dengan Revisi | konfirmasi buku primer penelitian |
5 | Najwa Karima Ramadhani | C3 | Konsep Pendidikan Anak menurut Syekh Ali Jaber | Belum Diterima | konfirmasi buku primer penelitian |
6 | Jihan Laurenza Alwi | C2 | KONSEP PERCAMPURAN BELAJAR ANTARA MURID LAKI LAKI DAN MURID PEREMPUAN MENURUT PERSPEKTIF AL-QABISI | Belum Diterima | fokus yang akan dikaji tidak jelas |
7 | Jihan Laurenza Alwi | C2 | KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA BERLANDASKAN PEMIKIRAN AL-GHAZALI | Belum Diterima | konfirmasi buku primer penelitian |
8 | Zena Uslyfatul Aini | C2 | STUDI ANALISIS TAFSIR KONSEP POLA ASUH ANAK HYPNOPARENTING DALAM PERSPEKTIF SURAH AN – NAHL 125 | Belum Diterima | |
9 | Luthfiyatin Nahriyah | C3 | METODE DAN KONSEP PENDIDIKAN Perspektif SAID NURSI DALAM KITAB RISALE-I-NUR | Diterima dengan Revisi | fokusnya diarahkan ke konsep pendidikan apa? Misal : madrasah dll |
10 | ALZAN AZIZAH | C2 | KONSEP PENDIDIKAN HATI PERSPEKTIF IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH | Belum Diterima | sudah sering di kaji |
11 | Ropiatus Sakinah | C2 | Kontribusi Tafsir Tarbawi Bagi Ilmu Pendidikan Islam | Belum Diterima | Fokus penelitian belum jelas mengkaji tokoh atau buku belum dijelaskan |
12 | Fia Azizah | C2 | Konsep Filsafat Pendidikan Islam Menurut Perspektif Ibnu Khaldun | Belum Diterima | sudah sering di kaji |
13 | Sitti Rahma | C2 | KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HAMID FAHMY ZARKASYI (SEBUAH ANALISIS TEORI) | Belum Diterima | Dr Hamid Fahmy Zarkasyi guru besar dalam bidang filsafat |
14 | Fia Azizah | C2 | Konsep Pendidikan Hidup Muslim Dan Akhlakul-Karimah Dalam Buku Haji Abdul Malik Amrullah ( Buya Hamka ) | Belum Diterima | disarankan mencari fokus yang spesifik |
15 | Ahmad Zaky Amilul Firdaus | A1 | Konsep Pendidikan Islam Menurut Hasan Al Banna | Belum Diterima | sudah sering di kaji |
16 | Annisa Umardi | C3 | KETELADANAN SEBAGAI DASAR PEMBENTUKAN AKHLAK PRESPEKTIF BUYA HAMKA | Diterima dengan Revisi | Pendidikan Keteladanan Perspektif Buya Hamka |
17 | Fitri Siyami | C2 | POLA ASUH OTORITER-DEMOKRATIS DALAM Al-QUR’AN SURAH LUQMAN AYAT 12-24 DAN SURAH AS-SYU’ARA AYAT 214-217 (Telaah Tafsir Maudu’i Terkait Pengasuhan Anak) | Belum Diterima | Pendidikan Keteladanan Perspektif Buya Hamka |
18 | Mafazatu Nafisah | C3 | NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL PADA ANAK USIA DINI MENURUT PANDANGAN IBNU MISKAWAIH | Diterima dengan Revisi | sudah sering di kaji, bisa dibandingkan dengan tokoh yang lain |
19 | Maudyna Alfanny Ariyadi | C1 | NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT SHAAD AYAT 41-44 PESPEKTIF IBNU KATSIR TENTANG KESABARAN NABI AYYUB | Diterima | Nilai pendidikan surat Shaad Ayat 41-44 Perspektif Ibnu Katsir |
PTK
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Tsania Zahroh Ilyun | C3 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID PADA KELAS 1L KULLIYATU-L MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN, NGAWI, JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1443- 1444 H/ 2022-2023) | Diterima | |
2 | ANANDA PUTRI DIAH UTAMI | C1 | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MEINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWI KELAS 2H PADA MATERI TARIKH ISLAM DI GONTOR PUTRI 2 TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima dengan Revisi | Penerapan Strategi Pembelajaran Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswi Kelas 2h Pada Materi Tarikh Islam Di Gontor Putri 2 Tahun Ajaran 2022-2023 |
3 | Yunita Mardiani | C3 | Penerapan Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswi Kelas 1K Pada Materi Fiqh Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022/2023 M | Diterima dengan Revisi | Harus ada landasan dari buku atau sumber terkait strateginya. harus ada sumber buku yang menguatkan. |
4 | ANANDA PUTRI DIAH UTAMI | C1 | PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI PANGKUR NGAWI MATERI PAI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
5 | GALIH OZY MAULINA | C1 | Penerapan Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 2F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 | Diterima dengan Revisi | Penerapan Strategi Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tarikh Islam Kelas 2F di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 2022- 2023 M/ H |
6 | Wulan Noviyanti Asyarah | C2 | “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI TARIKH ISLAM KELAS 1E DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN 2022-2023” | Diterima dengan Revisi | “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Tarikh Islam Kelas 1E Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Tahun 2022-2023 M” (Keaktifan di munculkan didalam rumusan saja atau dalam latar belakang jika berdampak pada hal tersebut} |
7 | Rini Maulida | C2 | “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQIH KELAS IV DI MIN NGANJUK TAHUN AJARAN 2022/2023” | Diterima | Spesifikasi kelas, kelas 4 hanya satu atau 2 contoh 4 A atau B |
8 | Lina Nur Widyanti | C3 | “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 3H DI PONDOK MODERAN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 2022 – 2023” | Diterima dengan Revisi | “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT DALAM MATERI FIQIH KELAS 3H DI PONDOK MODERAN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 2022 – 2023” atau Penerapan Startegi Pembelajaran Point Counterpoint dlm materi Fiqh kls 3H di PMDG Putri Kmps 2 thn ajaran..(Strategi harus berlandaskan pada sumber buku atau yg lain untuk menguatkan teori) |
9 | Siti Rokhayati | C3 | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TARIKH ISLAM KELAS 1H DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC) DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
10 | Uly Anisa Luthfi Kamilah | C3 | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AL-QUR’AN HADIST DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPICAL REVIEW KELAS 5 MI AL HUDA MANTINGAN NGAWI | Diterima dengan Revisi | PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI AL-QUR’AN HADIST DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPICAL REVIEW KELAS 5 MI AL HUDA MANTINGAN NGAWI TAHUN AJARAN 2022-2023 M. (KELAS HANYA 1 ABJAD ATAU ADA YANG LAIN JIKA ADA DISPESIFIKASIKAN) |
11 | Ahmad Faris Nur Mustofa | A1 | Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Pelajaran Tarikh Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas 2 Di Pondok Modern Al-islam Nganjuk Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima dengan Revisi | Kelas lebih dispesifikasikan, dan model atau startegi serta harus ada sumber dari buku atau yang lainnya untuk menguatkan . |
12 | gumilang eka fadhyla | A1 | Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Tarikh Islam Dalam Meningkatkat Hasil Belajar Di Kelas 1 Di Pondok Miftahussurur Mojokerto Tahun Pembelajaran 2021/2022 | Belum Diterima | Strategi tidak cocok dengan mata pelajaran , Cari strategi atau model pembelajaran yang sesuai |
13 | Muhammad Fajar | A1 | PENERAPAN STRATEGI JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 B PADA MATA PELAJARAN FIQH DI PONDOK PESANTREN ARRISALAH TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
14 | Fatasya Nur Azizah | C2 | “PENERAPAN MODEL SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 01 JOSARI” | Diterima | |
15 | Muhammad ‘Alimul Fikri | A1 | EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE READING ALOUD DAN METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI POKOK AL-KHULAFA’U AR-RASYIDIN PENERUS PERJUANGAN NABI MUHAMMAD SAW KELAS VII SMP TERPADU PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. | Diterima dengan Revisi | Pilih satu saja metodenya, judulnya direvisi Penerapan Metode Crossword Puzzle Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Materi Pai Dan Budi Pekerti Siswa Kelas Vii Smp Terpadu Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023 M., kelas 7 ada lbh dari 1 atau tidak? jika ada Di spesifikan abjad kelasnya |
16 | Wantomo Diar Gumelar | A1 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN STRATEGI TUGAS DAN PAKSA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII SMP TERPADU PONOROGO TAHUN AJARAN 2022/2023. | Belum Diterima | untuk mengganti solusi atau strategi atau metode pembelajaranyang sesuai dengan tingkatannya serta harus ada sumber dari buku yang menguatkan strategi atau model pembelajarannya |
17 | mahfud hidayat | A1 | MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS MTS PADA MATERI TAUHID DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DI PONPES DARUL FALLAH SUKOREJO TAHUN AJARAN 2022-2023 | Belum Diterima | Tindakan sudah sering dikaji |
18 | Nabil Salman | A1 | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MACH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQH KELAS 2C DI AL IMAN PONOROGO | Belum Diterima | Tindakan sudah sering dikaji |
19 | Roby Willi Antoro | A1 | Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh menggunakan strategi Remedial Teaching siswa kelas 7C dipondok pesantren Darul Fikri Ponorogo tahun ajaran 2022- 2023 | Belum Diterima | Tindakan yang dipilih kurang tepat, cari yang lain |
20 | Lala Sovi | C3 | Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2L Pada Materi Tarikh Islam Dengan Model Pembelajaran Probing Prompting Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | Gunakan strategi atau media pembelajaran jika lokasi penelitian di KMI bukan dengan Metode atau model pembelajaran |
21 | GALIH OZY MAULINA | C1 | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ONE MINUTE PAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH KELAS 2G DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 | Belum Diterima | Tindakan yang dipilih belum sesuai dengan karakteristik materi |
22 | Yunita Mardiani | C3 | Penerapan Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswi Kelas 1K Pada Materi Fiqh Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2022/2023 M | Belum Diterima | sudah ditelaah dan dikaji oleh mahasiswa yang lain |
23 | Arsyad Khoirul Maarif | A1 | “PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2-B PADA MATERI TARIKH ISLAM DI PONDOK PESANTREN AR-RISALLAH SLAHUNG | Belum Diterima | Tindakan sudah sering dikaji |
24 | muhamad fakhriyendi rizkullah | A1 | Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa kelas 2 Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Pondok Pesantren Modern Islam Al-Khair Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | Tindakan sudah sering dikaji |
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Kualitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Annisa Nurfitriani Noeghraha | C3 | Meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab, melalui media pembelajaran nearpod bagi siswa kelas 6A di MI Al-Ihsan, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten | Belum Diterima | Pendekatan PTK dan apakah media sesuai dengan kebutuhan materi |
2 | Ardiman Fadhil | A1 | Analisis kesalahan imla pada materi insya kelas 10 di MAN 1 Nagan Raya Tahun ajaran 2022-2023 (studi deskriptif analisis) | Belum Diterima | Belum ada materi insya di materi MAN, Diarahkan mencari lokasi penelitian di lembaga lain dan di pondok selain KMI Gontor |
3 | Dhea Fairuz Azmi | C3 | Problematika Pembelajaran Fi’il Maziid wa Mujarrad Siswi Kelas 3 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 | Belum Diterima | Belum diterima, disarankan objek penelitian jangan di KMI |
4 | Lia Husnul Khotimah | C3 | Penerapan metode pembelajaran jigsaw dalam mata pembelajaran balaghah kelas 4B dipondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 3 tahun ajaran 2022/2023 | Belum Diterima | |
5 | Ainun Jariah | C3 | Analisis Kesalahan pada penulisan Jumlah Fi’liyah di Pelajaran Insya’ kelas 2 KMI PMDG Putri Kampus 2 | Diterima | |
6 | Kamaluddin | A1 | تنفيذ طريقة اليسري في تعليم مادة النحو لطلاب الفصل الثاني بمدرسة العالية في معهد المقدّسة لتحفيظ القرآن فونوروكو العام الدراسي 2022-2023م (الدراسة التحليلية الوصفية) | Diterima | |
7 | Nur QurrotaA’yun | C1 | Analisis faktor kesulitan menerjemahkan teks bahasa arab ke bahasa indonesia kelas III Pondok Pesantren Aisyah Boarding School Bojonegoro tahun ajaran 2022/2023 | Diterima | |
8 | Salma Rizqi Hidayana | C3 | Kegiatan Halaqoh Lughoh Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 PMDG Putri Kampus 2 Tahun Ajaran 1444/2023 | Diterima | Kalimat “Halaqoh Lughah” dpastikan kebenaran istilahnya |
9 | Syarifah Ambami | C3 | Metodologi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Santriwati Kelas 2 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 1443-1444 H (Analisis Evaluatif) | Diterima | |
10 | Anastasya Safira | C3 | Analisis kurikulum Bahasa Arab dalam program kelas sore di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri kampus 1 periode 2022 | Diterima dengan Revisi | Analisis Kurikulum Pada materi tertentu ? Pilih salah satu dari materi Bahasa arab di Gontor |
11 | Ilmi laduni | C3 | Studi Percakapan di unit usaha pondok modern Darussalam Gontor Putri kampus 1 Mantingan Ngawi Jawa timur Indonesia. | Diterima dengan Revisi | Fenomena Diglossia di PMDG Putri 1 (Studi Percakapan bahasa arab di unit usaha pondok modern Darussalam Gontor Putri kampus 1 Mantingan Ngawi Jawa timur Indonesia.) |
12 | Luthfiya Rafika Rahmah | C3 | Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Athaf pada pelajaran insya’ kelas 4 KMI Gontor Putri Kampus 3 | Diterima dengan Revisi | Disarankan pindah lokasi |
13 | Nabila Rahma Salsabila | C3 | Penerapan media pembelajaran berbasis levidio animatoon pada pembelajaran muhadatsah dipondok Al-Munawwarah mojosongo Jombang | Diterima dengan Revisi | pendekatan yang sesuai PTK |
14 | Nurmayahati Mulia Putri | C3 | Analisis Kesalahan Kartografis dalam Penulisan Insya’ Kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 2021-2022 | Diterima dengan Revisi | Disarankan pindah lokasi |
15 | Qurrotul A’yun | C3 | MEDIA KOMIK BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ AL-HURR PESERTA DIDIK KELAS 4 KMI PMDG PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AKADEMIK 1443-1444 H | Diterima dengan Revisi | Penerapan Media Komik Bergambar untuk meningkatkan hasil belajar Insya Al-Hurr Peserta Didik Kelas 4 KMI PMDG Putri Kampus 2 Tahun Akademik 1443-1444 H (pendekatan PTK) |
16 | Qurrotul A’yun | C3 | MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN INSYA’ AL-HURR PADA SANTRIWATI KELAS 4 KMI DI PMDG PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AKADEMIK 1443-1444 H | Diterima dengan Revisi | Judul Lain Sudah Diterima |
Kuantitatif
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Ahmad Farhan Rif’an Najib | B | PENGARUH METODE MIMMEM (MIMICRY AND MEMORIZATION) GUNA MENINGKATKAN MAHAROH KALAM SATRI PADA PELAJARAN DURUSU-L LUGHOH KELAS 1 DIPONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN AJARAN 2022 – 2023 | Diterima dengan Revisi | Ganti tempat penelitian |
2 | Ahmad Farhan Rif’an Najib | B | PENGARUH METODE TEBAK KATA (GUESS WORD) DALAM MENINGKATKAN MAHAROH KALAM SATRI PADA PELAJARAN MUTHALA’AH KELAS 4 DIPONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN AJARAN 2022 – 2023 | Belum Diterima | |
3 | Alif Miftahul Ulum | C3 | Pengaruh Metode word square terhadap Hasil Belajar Pelajaran bahasa Arab siswa kelas 7 MTS Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom, Gabus, Pati | Diterima dengan Revisi | Variabel Y : Hasil Belajar Bahasa Arab |
4 | Anggri Wijayanti | C2 | Efektivitas Media Pembelajaran Scrable Dalam Pembelajaran Kosa kata bahasa Arab Buku Muhadatsah kelas 1 KMI di PMDG putri 2 | Diterima dengan Revisi | Ganti tempat penelitian |
5 | Annisa Nurfitriani Noeghraha | C1 | “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Membaca dan Memahami Teks Bahasa Arab dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab dikelas 9, SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.” | Diterima dengan Revisi | Variabel Y = Maharatul Qira’ah |
6 | Aprilya Azizah | C3 | PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARTU TUSUK KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MINAT BELAJAR KELAS VII DI MTS FIE SABILIL MUTTAQIEN, TEMPUREJO, TEMPURAN, PARON, NGAWI | Diterima dengan Revisi | Variabel Y = Hasil Belajar |
7 | Arina Dienana | C2 | “Pengaruh Penerapan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 8 SMP Mafaza Tahun Ajaran 2022-2023” | Belum Diterima | Ganti variabel X |
8 | Ashila Hazima Hanan | C1 | EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE TERHADAP PEMAHAMAN PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima dengan Revisi | Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas 7 SMP |
9 | Dwiyan Rachmadi Al-Hajj | B | PENGARUH PENGUASAAN MATERI SHOROF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS INSYA’ SISWA KELAS 3 INTENSIF KMI PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PERIODE 2022-2023 | Diterima | |
10 | Dwiyan Rachmadi Al-Hajj | B | Efektifitas media flashcards terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas 1 KMI Pondok Pesantren Al-Iman Putra Tahun Ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | |
11 | Hamdan Fadhlika Farani | B | Pengaruh pelajaran mutholaah dalam peningkatan kemampuan membaca bahasa arab siswa kelas tiga di pondok Modern Darussalam Gontor kampus dua tahun ajaran 2022-2023 | Belum Diterima | Variabel X dan Y belum jelas |
12 | Hurin In Nurul Firdausi | C3 | Pengaruh Pemahaman Shorof Terhadap kemampuan Kasyful Mu’jam Kelas 5 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 | Diterima | |
13 | Iim Nur Inayah | C1 | Efektivitas Penerapan Strategi Jeopardy Review untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023 | Diterima dengan Revisi | Variabel Y diganti hasil belajar |
14 | Ira safitri Sarjono | C3 | Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Ilmu Ma’ani bagi Siswi Kelas 5 KMI di Pondok Modern Al-Barokah | Diterima dengan Revisi | belum ada variabel Y |
15 | Luthfiyah Cahyaningtyas Putri | C1 | EFEKTIVITAS BUKU AJAR BAHASA ARAB اللغة العربية BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA/I SDIT AL MUHAJIRIN BOGOR 2022-2023 | Diterima | |
16 | Mu’fiah Fuaidah | C3 | Pengaruh Penerapan Strategi Couple Card Untuk Meningkatkan Mata Pelajaran Nahwu Bagi Kelas VII SMP SPEAM (Sekolah Pesantren Enterpreneur Muhammadiyah) Pasuruan Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima dengan Revisi | variabel Y Hasil Belajar = dipastikan ada pelajaran nahwu |
17 | Mu’fiah Fuaidah | C1 | Pengaruh Penerapan Strategi Couple Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Nahwu Bagi Kelas VII SMP SPEAM (Sekolah Pesantren Enterpreneur Muhammadiyah) Pasuruan Tahun Ajaran 2022/2023 | Judul Lain Sudah Diterima | |
18 | Nazalia Rosadanti Hanan ‘Adila | C2 | Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Maharatul Qira’ah Siswa Kelas IX MTs Pamulangan Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima | |
19 | Nazalia Rosadanti Hanan ‘Adila | C2 | Efektivitas Strategi Pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat, Tepat) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Pamulangan Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 | Belum Diterima | Hasil belajar materi apa? Bahasa arab |
20 | Nur Qurrota A’yun | C1 | Efektifitas model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Boarding School Jogjakarta tahun ajaran 2022/2023 | Diterima dengan Revisi | Hasil belajar materi apa? Bahasa arab |
21 | Nurlina Siregar | C3 | Pengaruh Ujian Lisan Sebagai Penilaian Terhadap Keterampilan Kalam (berbicara) Santriwati Kelas 2 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 | Diterima dengan Revisi | ganti metode penelitian kualitatif ; Implementasi Ujian Lisan sebagai Penilaian dalam ketrampilan berbicara |
22 | Rahmah As-Sa’idah | C1 | Pengaruh Media Evaluasi Anagram Terhadap Hasil Belajar Shorof Santri Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Daar El-Kutub Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima | |
23 | Rohmah.hidayatus Sa’diyah | C1 | EFEKTIFITAS METODE SILENT WAY DALAM PEMBELAJARAN MUFRADHAT PADA SISWA KELAS 6 SD MUHAMMADIYAH 11 RANDEGAN TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
24 | Yusvita Kusuma Wardani | C3 | Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Muthala’ah kelas 2 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode 2022-2023 | Belum Diterima | cari media lain (bagaimana pengaplikasiannya di kelas?) |
Studi Kepustakaan
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Fina Raudhatulkhair Asibi | C3 | Pemeran Film Pendek “Inthiq Rasmiyyatan” Santri PMDG Tahun 2021 (Analisis Sosiolinguistik) | Diterima | |
2 | Khairus Sakinah Chaeruddin | C1 | ANALISIS TARKIB BAYANI DALAM KITAB WASHOYA AL-ABAA’I LIL AB-NAA’I KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR (Studi Analisis Sintaksis) | Diterima | |
3 | Linda Syariefah Ratna Dewatie | C1 | ANALISIS TARKIB BAYANY DALAM KITAB AL-QIRO’AH AR-ROSYIDAH KELAS 3 KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH | Diterima dengan Revisi | Pilih Tarkib Idhofy |
4 | Mu’fiah Fuaidah | C1 | Fi’il Mu’tal ( فعل معتل ) dan Jenisnya dalam kitab Ta’lim Muta’allim Karya Syekh Burhanudin Al-Islam Al-Zarnuji (Studi Analisis Morfologi) | Diterima | |
5 | Nada Muhda Imana | C3 | ANALISIS MAKNA HURUF TAMBAHAN DALAM KATA KERJA DALAM HADIST ARBA’AIN NAWAWY (DIRASAH TAHLILIYAH SHORFIYAH) | Diterima | |
6 | Nada Muhda Imana | C3 | ANALISIS MAKNA HURUF TAMBAHAN DALAM KATA KERJA DALAM SURAT AZ-ZUKHRUF (DIRASAH TAHLILIYAH SHORFIYAH) | Disidangkan pada tahap selanjutnya | |
7 | Neng Rosi Resmalasari Dewi | C1 | Uslub Bayan Dalam Qashidah Burdah Karya Imam Al- Bushiri (kajian Balaghoh) | Diterima dengan Revisi | Dibatasi (Balaghoh Maani/Bayan/Badi’) |
8 | Nuraeni Rahmawati | C2 | الحروف العاملة ومعانيها في كتاب بلوع المرام من باب شروط الصلاة (دراسة تحليلية نحوية)/“Huruf-huruf A’milah dan maknanya pada buku bulughul Maraam Bab syarat sholat (dirasah tahliliyah nahwiyah)” | Diterima | |
9 | Nurul Aida awaliyah | C1 | Analisis Ushlub Jinas dalam Al-Qur’an surat Al-Waqiah | Belum Diterima | sudah pernah diteliti |
10 | Riska Nur Oktavia | C1 | Kaana Wa Akhowatuha pada Buku Ajar Muthola’ah Kelas 2 Kulliyatu Al-Mu’allimin Al-Islamiyyah (Studi Analisis Sintaksis) | Diterima |
PTK
No | Nama | Kampus | Judul Skripsi | Keterangan (FAKULTAS) | Catatan |
1 | Adam Fattullah Attasyriki | A1 | PENERAPAN STRATEGI TALKING STIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SHORF SANTRI KELAS II B PONDOK PESANTREN AL-IMAN PUTRA PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023 | Belum Diterima | untuk mengganti strategi yang cocok, serta harus sesuai dg materi dan tingkat level kemampuan misal harus sesuai dengan derajat MI, atau MTs atau Aliyah |
2 | Adam Madjid Siregar | B | Pengaruh Pembelajaran Materi Nahwu “Na’tun Wa Man’uut” Dalam Peningkatan Maharotul Kitabah Siswa Kelas 3 Intensif B Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 1443-1444 | Belum Diterima | Pengaruh itu di kuantitatif, Strategi yang di tawarkan apa? Belum ada tawaran strategi atau model pembelajaran atau media pembeljaran yang digunakan |
3 | Aidha Zalidar Mirza | C2 | Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Muthola’ah Kelas 1A Madrasah Aliyah Di Pondok Pesantren Darussalam Sengon, Jombang Tahun Ajaran 2022-2023 M | Diterima | |
4 | Bilqis Arifah | C1 | Penerepan strategi make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A pada mata pelajaran bahasa Arab MIS Al-Ihsan 1 Sawahan Jombang Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima | |
5 | Faiz Abdin Rahmanda | B | PENERAPAN STRETEGI FLIP CHART TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2-D PADA MATERI PELAJARAN MOTHOLAAH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM WALI SONGO NGABAR PERIODE 2022-2023 | Diterima dengan Revisi | PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2-D PADA MATERI PELAJARAN MUTHOLA’AH DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PERIODE 2022-2023 |
6 | Khoirunnisa Nasution | C2 | Penerapan Strategi Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VB MI Nurussalam, Mantingan, Ngawi Tahun Ajaran 2022-2023 | Diterima dengan Revisi | mengganti objek penelitian menjadi tingkat Tsanawiyah atau Aliyah, karena strategi ini kurang pas untuk tingkat MI. |
7 | Laila Eka Fitriana Jatmiko | C2 | Penerapan strategi pair check dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran bahasa arab pada siswa kelas 2B MtsN 2 Model Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 | Diterima dengan Revisi | Penerapan strategi pair check dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa arab pada kelas 2B MtsN 2 Model Brebes Tahun Ajaran 2022/2023 (Perlu di pastikankembali par check itu strategi atau model pembelajaran serta ada sumber buku yang menjelaskan ini) |
8 | Meilina Husna Adiebah | C2 | PENERAPAN MEDIA ARABIC FUN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI A DI SDIT SALSABILA AL-MUTI’IN YOGYAKARTA PERIODE 2022/2023 | Diterima | |
9 | Muhaammad Afdal Miftah | A1 | PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MUTHOLA’AH SISWA KELAS 7C DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI BRINGIN PONOROGO TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
10 | Muhammad Fahrul Rozi | A1 | Penerapan Strategi Puzzle Amplop terhadap hasil belajar siswa kelas 1B KMI dalam pembelajaran Mutholaah di pondok pesantren Ar-Ridho sentul tahun 2022-2023 | Diterima dengan Revisi | ini metode atau strategi atau model pembelajaran, harus ada sumber buku yang menguatkan. |
11 | Naafi Al Kautsar | A1 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN “PROBLEM BASED LEARNING” (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 2B DALAM PELAJARAN ARABIYAH LINNASYIIN DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL – KAIRI JIMBEE JENANGAN | Diterima | sudah di ajukan ditahap 1 dan diterima oleh yang bersangkutan dan diajukan kembali . Cukup satu kali pengajuan jika sudah dierima |
12 | Nur Lailatusy Syifa’ | C1 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NAHWU DI KELAS 10 MA DARUSSALAM JOMBANG TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
13 | Septika Bayzura | C1 | PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V A PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MIS AL-IHSAN 1 SAWAHAN JOMBANG TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | DI TAHAP PERTAMA SUDAH MENGAJUKAN JUDUL INI DAN DITERIMA (Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MIS Al-Ihsan 1 Sawahan Jombang Tahun Ajaran 2022-2023) |
14 | Zaffa Izzatul Islamiah | C2 | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS 3B DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022-2023 | Diterima | |
15 | Zaki Abdul Muhaimin | A1 | Penerapan Strategi Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Materi Pelajaran Muthola’ah Siswa Kelas 3A Pondok Pesantren Wali Songo, Ngabar ,Ponorogo Jawa Timur Tahun Ajaran 2022- 2023 | Diterima |