Menuju Pendidik yang Profesional

Menuju Pendidik yang Profesional

Mengajar merupakan sebuah perkerjaan profesional, namun sayangnya saat ini banyak para pendidik umum maupun guru belum memahami profesionalitas sebagai pendidik. Demi menciptakan alumni yang berkualitas serta pendidik yang profesional, Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) mengadakan pembekalan kegiatan praktek mengajar yang dikhususkan untuk mahasiswa semester 5 Fakultas Tarbiyah. Perlu diketahui bahwa fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor menaungi 3 program studi yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Tadris Bahasa Inggris.

Acara yang dilaksanakan pada Senin, 1 Agustus 2022 dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 5, Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah beserta dosen-dosen fungsionarisnya. Acara siang itu diawali dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh salah satu mahasiswa fakultas Tarbiyah lalu dilanjutkan dengan arahan dan sambutan dari Wakil Dekan I dan III.

Pada kesempatan tersebut al-Ustadz Dr. Ikhwan Mahmudi, M.Pd, selaku Wakil Dekan I menyampaikan 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. 4 kompetensi tersebut ialah pedagogik, profesional, kepribadian dan juga sosial. Beliau juga menegaskan bahwa tidak sedikit seseorang yang berprofesi sebagai guru hanya berpikir untuk menjadi teladan di sekolah. Tetapi mereka lupa bahwa penampilan mereka diluar sekolah juga dilihat oleh anak didiknya.

Arahan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Dekan III, Dr. Alif Cahya Setiadi M.A, pada siang itu beliau memfokuskan diri menjelaskan pengertian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta segala sesuatu yang menjadi bagian dari RPP tersebut. Beliau juga menjelaskan bahwa sebelum seorang guru melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas harus diawali dengan penyusunan RPP terlebih dahulu sebagai tahap persiapan mengajarnya.

Acara yang diselenggarakan di Hall CIOS pada tanggal 31 Juli 2022 tersebut berjalan dengan lancar dan juga khidmat hingga penutup acara dan do’a yang dipimpin oleh Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd. [Au. Fadhilah Akbar Adyana Tsani/PBA 5]