PPL UNIDA Gontor, Eratkan Silaturrahim dengan Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya

PPL UNIDA Gontor, Eratkan Silaturrahim dengan Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya

Tasikmalaya – Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor Kampus Robithoh yang terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Bahasa Arab mengadakan acara PPL (Praktek Pengayaan Lapangan) di salah satu pondok alumni Gontor, Pondok Pesantren Darussalam Rajapolah Tasikmalaya Jawa Barat.

“Kami sangat bersyukur bahwa Pondok Modern Darussalam Gontor dan UNIDA Gontor memberikan kepercayaan untuk memberikan pembelajaran dan bimbingan kepada pondok ini,” sambut bapak pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya, Al-Ustadz Deni Rustandi, M.Ag. pada hari Ahad, 16 januari 2022 sebagai pembuka daripada kegiatan PPL di Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya.

Ponpes Darussalam Tasikmalaya yang merupakan salah satu pionir berdirinya pondok pesantren di Tasikmalaya tanahnya sudah diwakafkan sejak awal berdirinya dengan alumni pertamanya, yaitu 11 orang ditahun 2012. Hingga hari ini pondok tersebut mempunyai santri yang berjumlah 921 santri yang terdiri dari putra dan putri, dengan siswa akhir yang akan menjadi alumni sejumlah 85 orang. Ponpes ini juga mempunyai hubungan erat dengan para pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor beserta jajarannya hingga saat ini.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 8 hari ini dari tanggal 16-23 Januari 2022 diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa dan juga Ponpes Darussalam Tasikmalaya sendiri. Tak hanya itu, PPL ini diharapkan dapat menjadi salah satu kesempatan yang baik untuk mentransformasi nilai-nilai Gontori kepada Pondok Darussalam Tasikmalaya sebagai salah satu pondok alumni Gontor.

Didampingi oleh Al-Ustadz Saepul Anwar, M.Pd. dan Al-Ustadz Alfy Mamduh Nuruddin, M.Pd., mahasiswa akan mempraktikkan dan menerapkan semua hasil pembelajaran yang didapatkan dari perkuliahan selama di UNIDA Gontor dalam praktek mengajar di kelas-kelas yang telah ditentukan yaitu kelas 2 dan kelas 3 SMP dalam 3 hari praktek mengajar. Selain mengajar di kelas-kelas, peserta PPL yang juga merupakan guru di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 1, 2, dan juga Pondok Al-Iman dan Ar-Risalah ini juga memberikan beberapa penyuluhan seperti bacaan Al-Quran (tahsin al-qiraah), bahasa (tahsin al-lughoh), khat (tajmil al-kitabah), dan beberapa kegiatan non-akademis lainnya.

Berawal dari Darul Ayyam menjadi Darussalam, dari membina ayam ternak menjadi pondok pesantren yang mengajarkan nilai-nilai Islam dan keislaman. Semoga dengan diadakannya acara PPL UNIDA GONTOR ini dapat menjadi penguat derap langkah dan kiprah Pondok Pesantren Darussalam Tasikmalaya menuju 15 tahun berdirinya pondok dan seterusnya di bumi Tasikmalaya. Aamiin.

Au. : M.Zidane Taqiyyurrahman, Ed. : Riza N, Rev: Alfy MN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *