Rapat Sharing Kerjasama dengan Madrasah Aliyah Sains Mara Pulau Penang Malaysia

Rapat Sharing Kerjasama dengan Madrasah Aliyah Sains Mara Pulau Penang Malaysia

Pada hari Rabu, 08 Juni 2022 Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor bersama Guru Madrasah Mutawassith Sains Mara Pulau Penang Malaysia telah melaksanakan sharing kerjasama. Rapat sharing tersebut bertempat di kantor Fakultas Tarbiyah dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 10 orang. Rapat dipimpin oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dimulai pukul 10.30 WIB dan diakhiri pada pukul 11.30 WIB.

Sejak sebelum pandemi, Fakultas Tarbiyah telah melaksanakan Studi Pengayaan Lapangan di Malaysia dan Thailand. Dr. Agus Budiman, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor menyampaikan, “Gontor menjadi salah satu tujuan peneliti sistem pendidikan Islam di Indonesia karena santri tidak hanya hidup di dalam asrama namun juga semua kehidupannya ditata dengan teliti. Saat ini kehidupan santri Gontor mengalami pendidikan interpersonal dari problem yang dihadapinya setiap hari di asrama.” Demikian muqaddimah beliau pada rapat sharing kerjasama Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor sebagai pembuka.

“Visi UNIDA Gontor adalah pengembangan bahasa al-Qur’an, universitas pesantren dan islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer. Keunggulan Fakultas Tarbiyah adalah pengembangan metodologi pembelajaran agama Islam, bahasa Arab dan bahasa Inggris,” lanjut beliau mengenalkan lebih lanjut visi misi universitas dan keunggulan fakultas.

Dewasa ini, lembaga lebih dituntut untuk bersinergi bukan berkompetisi. Sehingga kualitas SDM dosen dan mahasiswa harus turut mengikuti sinergi suatu lembaga. Maka adanya kerjasama antar lembaga pendidikan sangatlah penting untuk mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas. Pada kesempatan kali ini, Al-Ustadz Ridhlauddin perwakilan dari Madrasah Mutawassithah Sains Mara menyampaikan kehendak untuk kerjasama dalam pengembangan bahasa Arab. Rencana kerjasama ini akan diwujudkan melalui diklat bahasa Arab di UNIDA Gontor dan PPL di Malaysia yang direncanakan pada akhir tahun 2022 atau awal 2023.

Selain untuk meningkatkan produktivitas suatu lembaga, kerjasama ini juga sebagai ajang silaturrahim untuk mempererat persaudaraan dan ukhuwah islamiyyah. [Au. Riza]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *