Seminar Nasional Education Festival UNIDA Gontor Putri Mantingan

Seminar Nasional Education Festival UNIDA Gontor Putri Mantingan

Sabtu, 05 Februari 2022, Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor Putri mantingan mengadakan seminar nasional sebagai awal dari rentetan acara Education Festival yang diadakan di Aula Ilmu Kesehatan lantai 3. Acara seminar dihadiri oleh mahasiswi Fakultas Tarbiyah baik mahasiswi reguler maupun mahasiswi guru yang terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Tadris Bahasa Inggris.

Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah

Pada pembukaan acara seminar Education Festival, al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah memberikan kata sambutan sekaligus nasihat tentang urgensi pendidikan karakter. Beliau juga menyinggung perihal pola dan nilai pendidikan di Gontor, yang mana pendidikan di Gontor merupakan hasil kreasi dari K.H. Imam Zarkasyi dan meskipun masih menjumpai banyak kekurangan, pendidikan di Gontor mampu di uji oleh waktu dan sudah berhasil diterapkan.

Pendidikan Akhlak di GONTOR

Acara pertama diisi oleh pemateri yang sangat berpengalaman dibidang pendidikan yaitu al-Ustadz H. Ahmad Suharto, M.Pd.I dengan dipandu oleh moderator yang piawai (Helma Autharina PBA/6). Pada kesempatan ini beliau membahas tentang pendidikan karakter di Gontor. Beliau menyampaikan bahwa yang mengalami degradasi moral dewasa ini bukan hanya generasi muda saja, tetapi juga bangsa Indonesia kecuali orang-orang yang dikasihi Allah SWT. Maka eksistensi suatu bangsa ditentukan oleh akhlaknya bila tegak akhlaknya akan jaya, namun bila rusak akhlaknya maka akan runtuh.

Beliau berkata bahwa pendidikan di Gontor itu bersifat konservatif yaitu mewariskan nilai-nilai luhur kepada santri dan juga bersifat progresif yaitu agar para santri memiliki banyak jangkauan untuk menyongsong masa depan secara aktif dan dinamis. Pendidikan di Gontor juga mengajarkan tentang keteladanan, pembiasaan, serta reward and punishment.

Diakhir penyampaian beliau berkata bahwa para Mahasiswa/i UNIDA Gontor harus bersyukur tinggal di tempat yang miliunya baik, yaitu di Gontor. Bagaikan biji yang tumbuh di tanah yang subur dan dirawat, begitu pula di Gontor, dengan adanya disiplin serta aturan dapat mendidik para Mahasiswa/i untuk menjadi insan kamil serta berkahlak karimah.

Karakter Seorang Pemimpin

Pembahasan di acara kedua tidak kalah menarik serta sangat menginspirasi mahasiswi Tarbiyah UNIDA Gontor yaitu tentang karakter seorang pemimpin, yang mana acara ini dipandu oleh moderator yang cakap (Yulia PAI/6). Pemateri kedua adalah ibu Heni Sri Sundani, BESM. Merupakan Founder Anak Petani Cerdas Community. Beliau adalah seorang muslimah berkarakter pemimpin yang sejak kecil berjuang mencapai impian menjadi seorang guru walau dengan keterbatasan biaya.

Dalam penyampaiannya beliau menjelaskan tentang karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin, yaitu sensitif (Peka) terhadap lingkungan sekitar, mampu menggerakkan, menghadirkan solusi, serta mampu berkomunikasi. Dan hal yang harus dilakukan pemimpin: Plan what you act, Do what you plan, Check what you do. Tak lupa beliau menyinggung perihal hakikat seorang pemimpin adalah laki-laki dan perempuanlah yang melahirkannya (mengandung, melahirkan, mendidik agar menjadi seorang pemimpin masa depan). Beliau berkata pula “Guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan di kelas saja, namun dapat memberikan pendidikan karkter di luar kelas”.

Pada sesi tanya jawab, seorang Mahasiswi (Dwi Purwati PAI/4) bertanya perihal bagaimana menumbuhkan kepercayaan diri untuk dapat terjun ke masyarakat. Pemateri kedua menjelaskan bahwasannya untuk menumbuhkan kepercayaan diri adalah dengan focus pada tujuan, impian dan cita-cita.

Di akhir penyampaian beliau berpesan kepada para mahasiswi Tarbiyah UNIDA Gontor sebagai calon guru masa depan “Pengalaman buruk bisa menjadi guru yang baik, tetapi guru yang buruk tidak bisa memberi pengalaman yang baik bagi muridnya”

If you really want to do something, you’ll find a way. If you don’t, you’ll find an excuse.

(Aut: Yulia Azizi dan Nur Fera Khalifah PBA/6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *