Maklumat Ketetapan Sidang Judul Skripsi Tahap III (2022-2023)

Maklumat Ketetapan Sidang Judul Skripsi Tahap III (2022-2023)

Dengan ini kami dari Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor, mengumumkan hasil ketetapan sidang judul skripsi sebagai berikut:

  1. Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima dengan Revisi” dan “Belum Diterima” dapat mengajukan judul kembali selambat-lambatnya tanggal 27 Syawwal 1443/ 28 Mei 2022 pada link berikut: link PAI & link PBA dan dapat berkonsultasi kepada penanggungjawab masing-masing Prodi.
  2. Bagi mahasiswa yang mendapatkan ketentuan “Diterima” dapat segera menyusun proposal penelitian sesuai dengan ketentuan berikut pada link ini.

Program Studi Pendidikan Agama Islam

NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Nur Mawaddah IslamiyahC3Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Pondok Modern Darussalam Gontor Terhadap Jiwa Keagamaan SantriwatiBelum diterima 
2Nur Mawaddah IslamiyahC3Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Terhadap Jiwa Keagamaan SantriwatiBelum diterima 
3Mohammad Iqbal Gusti Rakasiwi A1PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS 12 DI MADRASAH ALIYAH ISLAM TERPADU MADANIYAH SENDURO LUMAJANGBelum diterima 
4Muslimin Bin MisriB“Pengaruh Implementasi Metode Ceramah Interaktif  dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Materi PAI Di Pondok Pesantren ArrisalahBelum diterima 
5Khansa Mujahidah Az-ZahraC1IMPLEMENTASI KURIKULUM TILAWATI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERATAI PUTIH GLOBAL BEKASIDiterimaDipastikan bahwa kurikulum telah diterapkan di lokasi penelitian
6Juairiyah C2Implementasi pembelajaran muatan lokal kitab mabadi’ul fiqhiyyah di MI Ma’arif Pagerwojo DiterimaRevisi Judul
NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Alzan AzizahC2PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KARAKTER DAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS XI MAN 3 NGAWI JAWA TIMURDiterima 
2Tia Puspita SariC1pengaruh kompetensi profesionalisme terhadap kinerja guru dan kualitas guru PAI di MTS AN-NAJAH KUNINGANDiterimakonfirmasi jumlah sample penelitian
3SundariC2PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V  MI NURUSSALAMDiterimaRevisi Judul
4Sumayyah KarimahC2pengaruh pembelajaran Fiqh terhadap pengamalan ibadah dalam kehidupan siswa SMPIT Al-Istiqomah Global School KarawangDiterima dengan Revisiganti variabel y
5Verdiana Maratus SholekhahC1PENGARUH MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP KECEREDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTS NURUL HUDA SUKARAJA SUMATERA SELATANDiterima dengan Revisiganti variabel x
6ERIKA DESI SANJAYAC2PENGARUH PENERAPAN SHOLAT DHUHA TERHADAP MENTAL DAN KECERDASAN SISWA KELAS 5 DI MI NURUSSALAMBelum diterimaGanti variabel X
7Nur Ainun FadilahC1Pengaruh jarak tempuh siswa ke sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata plejaran Al-Qur’an Hadist kelas X MAN 2 BandungBelum diterimatidak ada hubungan antara variabel x dan y
NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Nur Mawaddah IslamiyahC3KONSEP TAZKIYATUN NAFS MENURUT IBNU QOYYIM AL JAUZIYAH DALAM KITAB MADARIJUS SHALIKIN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKANBelum diterimajudul yang sama sudah dikaji 
2Ahmad Zaky Amilul Firdaus A1Pendidikan akhlak prespektif Miftahul Luthfi Muhammad Belum diterimajudul sudah dikaji
3Nur Mawaddah IslamiyahC3Konsep Pendidikan Kejiwaan Di Dalam Islam Prespektif Abdullah Nashih ‘UlwanDiterima dengan revisi ganti tokoh lain
4Jihan Laurenza AlwiC2Pendidikan Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 (Karya Felix Y. Siauw)Diterima dengan Revisi Pendidikan Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih 
NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Rini MaulidaC2PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE SERIES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS V SD IBS KALIMANTAN SELATAN
2022/1443
Diterima 
2Muhamad Fakhriyendi RizkullahA1Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa kelas 2 Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Pondok Pesantren Modern Islam Al-Khair Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023Diterima 
3Lala SoviC3Penerapan Strategi  Pembelajaran Quick On The Draw untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2L Pada Materi Tarikh Islam Dengan Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 Tahun Ajaran 1443-1444 H.Diterima 
4Wulan Noviyanti AsyarahC2PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TARIKH ISLAM KELAS 1E DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN 2022-2023DiterimaRevisi Judul
5Muhamad Fakhriyendi RizkullahA1Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa kelas 2 Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Pondok Pesantren Modern Islam Al-Khair Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023Diterima 
6Arsyad Khoirul Ma’arifA1UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH  DENGAN MENERAPKAN Model Pembelajaran Inside Outside Circle PADA SISWA KELAS 1C PONDOK PESANTREN AR- RISALAH SLAHUNG TAHUN AJARAN 2022-2023” Diterima dengan RevisiDisarankan mengganti dengan materi tarikh islam

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Lia Husnul KhotimahC3Metode pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah (MI) PSM BELOTAN, kabupaten Magetan, Jawa timur, periode 2022/2023Belum diterima Pembalajaran maharah xxxxx di Pondok Pesantren xxxx
2Iim Nur InayahC1ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHARATUL KALAM MAHASISWI MATRIKULASI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR PUTRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023Belum diterima Judul lainnya sudah diterima 
3Luthfiya Rafika RahmahC3Analisis Kesalahan dalam Penulisan Athaf pada Pelajaran Insya kelas 4 Pondok Pesantren Putri Al-Mawaddah PonorogoDiterima  
4Nurmayahati Mulia PutriC1ANALISIS KESALAHAN KARTOGRAFI  DALAM PENULISAN INSYA’ KELAS 5 PONDOK MODERN ISLAM AS-SALAAM SOLODiterima dengan revisi Ortografi 
5Ardiman FadhilA1Analisis kesalahan imla pada materi insya kelas 8 pondok modern al- iman putra Tahun ajaran 2022-2023 (studi deskriptif analisis)Diterima dengan revisi Analisis kesalahan imla pada materi Imla’ kelas 8 pondok modern al- iman putra Tahun ajaran 2022-2023 (studi deskriptif analisis)
6Mely PuspitaningrumC3Analisis Akromatik Mengenai Perkembangan Lingkungan Berbahasa Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 (Studi Kasus 2021-2022)Diterima dengan revisi LINGKUNGAN BERBAHASA DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 (STUDI DIAKRONIK)
7Helma Autharina Salsabil NahdaC1PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM PADA KELAS MATRIKULASI DAN PENYELESAIANNYA DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS PUTRI
TAHUN AJARAN 2021-2022
Diterima dengan revisi PEMBELAJARAN MAHARATUL KALAM PADA KELAS MATRIKULASI DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR KAMPUS PUTRI
TAHUN AJARAN 2021-2022
NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Yusvita Kusuma WardaniC3Efektivitas Metode Pembelajaran Eklektik dalam meningkatan hasil belajar mata pelajaran bahasa arab kelas 6 sekolah dasar Al-Gontory Tulungagung Periode 2022-2023Belum diterima Metode Pembelajaran sering diteliti (Pilih judul TPK yang diajukan sebelumnya)
2Rifaldy Ali FirmansyahBPengaruh Komunikasi Verbal Bapak Wakil Direktur KMI Pada Disiplin Mengajar Guru Tahun Pertama Di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2Belum diterima Tidak ada unsur bahasa Arab 
3Mu’fiah FuaidahC1Pengaruh Penerapan Strategi Couple Card Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VII SMP SPEAM (Sekolah Pesantren Enterpreneur Muhammadiyah) Pasuruan Tahun Ajaran 2022/2023DiterimaJudul lainnya sudah diterima (pilih salah satu)
4ARINA DIENANAC2Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Round Table Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Pondok Pesantren Mafaza Lubuklinggau Tahun Ajaran 2022-2023Diterima 
5Ashila Hazima HananC1EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS 7 SMP MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA
TAHUN AJARAN 2022-2023
Diterima 
6Nabila Rahma SalsabilaC3” Efektivitas penggunaan media animasi berbasis levidio animatoon terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 madrasah ibtidaiyyah Nurussalam Ngawi tahun ajaran 2022-2023 MDiterima 
7Aprilya AzizahC3EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN KARTU TUSUK KATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI MTS FIE SABILIL MUTTAQIEN, TEMPUREJO, TEMPURAN, PARON, NGAWIDiterima 
8Iim Nur InayahC1EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI JEOPARDY REVIEW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARATUL KALAM MAHASISWI MATRIKULASI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR PUTRI TAHUN PELAJARAN 2022/2023Diterima  
9Annisa Nurfitriani NoeghrahaC2Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Maharotul Qiroah dalam mata pelajaran bahasa arab dikelas 9, SMP muhammadiyah 2 surabayaDiterima dengan revisi Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar bahasa Arab dikelas 9, SMP muhammadiyah 2 surabaya
10Anggri WijayantiC2Efektivitas media pembelajaran scramble dalam mata pelajaran bahasa arab kelas VII B MTsN Paron Tahun Ajaran 2022-2023Diterima dengan revisi scramble adalah bukan media (pastikan antara strategi dan model)
11Dhea Fairuz AzmiC3Efektivitas Kursus Bahasa (Idhof Lughowiyah) dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab kelas 1 Intensive 2023 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1Diterima dengan revisi Implementasi Program Idhof Lughowiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1 (Kualitatif)
12NUR QURROTAA’YUNC1Efektifitas Model Discovery learning terhadap pembelajaran Muthola’ah untuk meningkatkan hasil belajar kelas III di Pondok Pesantren Aisyah Islamic boarding School Bojonegoro Tahun Ajaran 2022/2023Diterima dengan revisi Efektifitas Model Discovery learning terhadap hasil belajar  Muthola’ah  kelas III di Pondok Pesantren Aisyah Islamic boarding School Bojonegoro Tahun Ajaran 2022/2023
13Ira Safitri SarjonoC3Penerapan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Ilmu Ma’ani Siswi Kelas 5 KMI di Pondok Modern Al-Barokah NganjukDiterima dengan revisi Mind Mapping adalah strategi , Judul ini adalah judul kualitatif (dipastikan jenis metode penelitian)
14Ahmad Farhan Rif’an NajibBPENGARUH METODE MIMMEM (MIMICRY AND MEMORIZATION) GUNA MENINGKATKAN MAHAROH KALAM SATRI PADA KEGIATAN ILQO MUFRADAT YAUMIYYAH RAYON SANTRI BARU DIPONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR TAHUN AJARAN 2022 – 2023Diterima dengan revisi Ganti tempat penelitian selain Gontor 
NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1Nurul Aida awaliyahC3Al-Muhassinat Al-Lafdziyah dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil AbnaaDiterima  
2Linda syariefah ratna dewatieC1ANALISIS TARKIB IDHOFI DALAM KITAB AL-QIRO’AH AR-ROSYIDAH KELAS 3 KULLIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH
(Study Analisis Nahwiyah)
Diterima  

 

NoNamaKampusJudul SkripsiKeteranganCatatan
1ARINA DIENANAC2“Penerapan Metode Pembelajaran Reward and Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Durusullughah Arabiyyah Siswa Kelas 2D Madrasah Tsanawiyyah Pondok Pesantren Darussalam Jombang Tahun Ajaran 2022-2023”Belum diterima Judul lain sudah diterima 
2Khoirunnisa NasutionC2Penerapan Strategi Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII C MTs N Paron, Ngawi Tahun Ajaran 2022-2023Diterima  
3Faiz Abdin RahmandaB“PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3-D PADA MATERI MOTHOLAAH DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR
PERIODE 2022-2023
Diterima  
4Adam Fattullah AttasyrikiBPenerapan Strategi Talking stik untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa kelas 2 di Madrasah Tsanawiyyah 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2022-2023Diterima  
5Dewa Dwiatman SaputraA1Penerapan Strategi Merangkai Gambar Logis “Picture and Picture” Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Muthola’ah Di Pondok Pesantren Darul Fikri Tahun Ajaran 2022-2023.Diterima dengan revisi Penerapan Strategi Merangkai Gambar Logis “Picture and Picture” untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Muthola’ah Di Pondok Pesantren Darul Fikri Tahun Ajaran 2022-2023.
6Qurrotul A’yunC3PENERAPAN MEDIA KOMIK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR INSYA’ AL-HURR PESERTA DIDIK KELAS 4 KMI PMDG PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AKADEMIK 1443-1444 HDiterima dengan revisi Pindah tempat penelitian selain KMI
7Laila Eka Fitriana JatmikoC2Penerapan strategi pair check dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran bahasa arab pada siswa kelas 2B Mts Negeri 2 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023Diterima dengan revisi Pair Check adalah model pembelajaran 
8Yusvita Kusuma WardaniC3Efektivitas Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap peningkatan hasil belajar muthala’ah kelas 2 KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 Periode 2022-2023Diterima dengan revisi Ganti tempat penelitian selain di gontor 
9Hafif syihamuddinA1PENERAPAN STRATEGI TOTAL PHYSICAL RESPON(TPR),TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DURUSHUL LUGHOH,DI KELAS X A(IPA) MAN 1 KOTA METRO TAHUN AJARAN 2021-2022Diterima dengan revisi PENERAPAN STRATEGI TOTAL PHYSICAL RESPON (TPR untuk Meningkatkan  HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DURUSHUL LUGHOH,DI KELAS X A(IPA) MAN 1 KOTA METRO TAHUN AJARAN 2021-2022 (pastikan ada pelajaran durusullughah atau Bahasa Arab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *