SPL-PPL Sebagai Program Unggulan Fakultas Tarbiyah

SPL-PPL Sebagai Program Unggulan Fakultas Tarbiyah

UNIDA GONTOR – Mantingan 13 November 2022 Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor menyelenggarakan program unggulan yaitu Praktek Pengayaan Lapangan (PPL) dan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) bertempatkan di Aula Baru Universitas Darussalam Gontor, Kampus 1 Mantingan. Adapun jumlah peserta pembekalan SPL-PPL ini diikuti oleh seluruh mahasiswi semester 6 yang berjumlah 170 mahasiswi dan dihadiri oleh seluruh pembimbing PPL yaitu dari asatidz dan ustadzah. 

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, yaitu Al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. dan juga Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah, yaitu Al-Ustadz Dr. Azmi Zarkasyi, Lc. M.A. yang juga diikuti oleh beberapa dosen fungsionaris Fakultas Tarbiyah serta seluruh peserta PPL. Dalam arahan Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Agus Budiman, M.Pd., beliau menekankan akan pentingnya keseriusan dan sungguh-sungguh dalam menyiapkan program PPL untuk tiga Prodi yaitu PAI, PBA, dan TBI. Mahasiswa/i yang tidak hadir dalam acara pengarahan PPL yang dilaksanakan oleh fakultas ini, maka ia tidak diperkenankan mengikuti kegiatan PPL. Program pembekalan tersebut ditujukan agar para peserta SPL-PPL mendapatkan pengalaman nyata dan memperluas pengalaman mahasiswi dalam pembentukan kompetensi pedagogik, professional, personal, maupun sosial sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan.

Sebagaimana yang dituturkan oleh Dr. Agus Budiman, M.Pd., “Perjalanan dalam perkuliahan yang harus dilewati oleh setiap mahasiswanya, dan yang paling utama dalam program kefakultasan, antara lain; (1) Skripsi, (2) Praktek Pengayaan Lapangan, (3) Kuliah Kerja Nyata, (4) Studi Pengayaan Lapangan. Namun, SPL dan PPL adalah program unggulan yang penting dan harus dipentingkan.” Dalam acara pembekalan PPL-SPL ini, Al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. juga memberi pesan kepada peserta kegiatan ini, yaitu:

“المدرس الحقيقي هو الذي يتمتع في التدريس ويعرف أن لذة التدريس فوق كل لذة”

Guru sejati adalah orang yang bisa menikmati mengajar dan mengetahui bahwa kesenangan mengajar di atas segala kesenangan.”

Kita sebagai guru harus bisa menikmati dalam mengajar. Dan hal yang tidak kalah penting dimanapun kita ditempatkan harus ingat dengan visi-misi Fakultas Tarbiyah, yaitu unggul dalam metodologi pembelajaran. Sehingga tidak hanya sekedar mengajar tapi agar memperhatikan metode ajar yang akan diterapkan.

Selanjutnya, disusul dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Fakultas Tarbiyah, yaitu Al-Ustadz Azmi Zarkasyi, Lc. M.A. beliau menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Praktek Pengayaan Lapangan perlu memperhatikan silabus, yaitu rencana pembelajaran secara sistematis. Maka dari itu, suatu silabus akan menjadi pokok dasar dari penyusunan PROTA (Program Tahunan) yang akan menjadi program belajar dalam 1 tahun penuh, agar dapat mencapai tujuan umum maupun khusus dalam pelajaran.

Acara diakhiri dengan berkumpul antar kelompok bersama para dosen pembimbing untuk lebih mematangkan program-program yang akan dilaksanakan di tempat kami masing-masing. Semoga dengan SPL-PPL, peserta kegiatan mampu membimbing, mendorong dan membangkitkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar dan dalam mengatasi problema hidupnya.

Author : Kahnsa Nabila & Fifi Nur Lynda Febriyani

Edithor : Salma Laila Qodriyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *